Cara Memisahkan Halaman PDF

Cara memisahkan halaman pdf menjadi beberapa file – Tutorial kali adalah kebalikan dari tutorial tentang pdf yang kemarin saya posting yang berjudul“Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu”. Jadi studi kasusnya nanti adalah kita akan memisahkan satu halaman atau lebih dari file pdf. Ilustrasikan saja kita akan mengirimkan file pdf ke klien atau teman kita, namun ada beberapa halaman yang kita ingin hilangkan dari file tersebut. Bingung bagaimana caranya? Tenang, mudah-mudahan dengan mengikuti tutorial ini kita dapat mempraktekkan dan mencobanya.

Ingat, kemarin kita menggunakan software dari Adobe Acrobat X Pro (kita dapat mencobanya secara gratis selama 30 hari) untuk menggabungkan beberapa file pdf menjadi satu. Kali ini pun kita masih akan menggunakan software berbayar tersebut. Saya sendiri belum pernah menggunakan software yang lain untuk melakukan ini. Mungkin ada software lain yang dapat melakukan hal yang sama. Bagi yang sudah tahu, mohon dong bisa share di sini juga lewat form komentar biar kita semua dapat sama-sama tahu. Syukur-syukur kalau ada yang freeware.

Cara memisahkan halaman pdf menjadi beberapa file

Dalam tutorial singkat ini kita hanya akan melakukan beberapa klik saja, dan wala, beberapa halaman sudah berhasil kita pisahkan atau bahkan kita hapus dari file pdf tersebut. Bila seumpama terjadi kesalahan yang tidak kita inginkan, tenang saja kita dapat menutup dokumen atau file pdf tersebut dan jangan lakukan save. Maka tidak akan terjadi apa-apa pada file pdf kita tersebut.

Langkah dalam bagaimana cara memisahkan halaman pdf menjadi beberapa file

source: Adobe.com

Perhatikan beberapa langkah sederhana dalam bagaimana cara memisahkan halaman pdf menjadi beberapa file berikut ini:

  1. Bukalah file pdf yang beberapa atau salah satu halamannya akan kita pisahkan ataupun hapus (pastikan secara default kita menggukan Adobe Acrobat untuk membukanya, atau bisa klik kanan, pilih open with, pilih Adobe Acrobat)
  2. Pada bagian kanan toolbar ada 3 menu; Tool, Comment, dan Share. Pilihlah Tool.Maka akan muncul sidebar di bawahnya.
  3. Pada bagian Pages, ada beberapa pilihan seperti Delete, Extract, dll. PilihlahDelete bila kita ingin menghilangkan salah satu atau beberapa halaman, dan pilihExtract bila menginginkan halaman yang dikehendaki itu tidak dihapus, namun dipisahkan dari file yang sekarang (extraction). Meskipun ada opsi menghapus bila kita memilih Extract pada akhirnya.
  4. Ketika klik Delete atau Extract, maka akan muncul pop up windowPop up window untuk Delete akan menampilkan pilihan halaman berapa hingga berapa yang akan dihapus, terus klik OK. Sedangkan pop up window untuk Extract akan menampilkan selain halaman yang akan dipisahkan juga menampikan pilihan apakah kita akan menghapus halaman yang baru diekstrak di file aslinya, atau kita hanya akan memisahkan halaman tersebut menjadi file baru. Klik OK.

[showmyads]

Langkah Delete dan Extract ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai dengan kebutuhan bila halaman yang akan dipisahkan atau dihapus terletak tidak berurutan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s