Tips2 maksimalin uang yang terbatas buat anak kos

MODAL PALING PENTING BUAT NGEKOS ITU : BISA MASAK SENDIRI GAN ! klo ente ga bsa msk mending belajar sndiri y

1. BUAT MAKAN :
Maksimalkan peralatan yg ada dikos ente, klo punya magic jar/magic com.kompor jgn di sia2in,soalnya ini penting gan buat ente
Dengan makan dikos ente bisa menghemat uang yg lumayan gan,soalx bahanx udh ad jd ga mesti bli dlu
Menunya sh sederhana aja,mie+telor mata sapi munkin, ato mie+nasi+telor,ato nasi goreng+telur (ini menu sehari-hari klo ane mkn dikos gan)
Klo ente ngekos ma tmn2 ente lbh gmpang gan,ente ma tmn2 ente ckp ganti-gantian buat bli beras,minyak goreng,minyak tanah(klo ada yg bawa kompor).lagian kasian yg bawa kompor kan klo dia trus yg ngisi bahan bakar nya heheheh
Klo ente mau makan diluar juga,ckp 1 kli aja sehari gan (saran ibu ane nih),paling ga ada asupan gizi lah sedikit, heheehhe
Ane sih mkn di kos 2kali doank sehari gan. Klo pagi ane ga mkn
2.BUAT PULSA
Saran ane sh cari kartu yg menurut ente pling hemat gan,soalx klo ente tipenya boros pulsa bisa2 nanti ente malah ngehabisin uang saku ente buat ngisi pulsa doank
Ane sh pake 3 krtu gan, 1 buat nelpon ,1 buat sms, 1 lagi buat internetan
Klo buat nelpon sh menurut ane xl yg murah, sms pake 3 aja klo mw gan, internet pake as,soalx ngambil paket t-flash yg 10rbu dptnya 35mb, lumayan kan???? Heheheh. Bukan maksud ane mau promosi gan
3.BUAT KE WARNET
Ke warnet ane saranin jgn sering2 gan,soalx warnet kan mahal2,
Klo pengen jg,ambil aja yg paketan biat murah. Contohnya ditempat ane klo ane ke warnet ane ngambil paket 4jam byrnya 10rbu gan(dah lumayan cepet lo ini gan,donlot patch fm paling baru aja cman 30mnitan,klo menurut ane dah cpt tuh), padahal klo maen biasa sejamnya 3rbu.
Bagi yg hoby maen poker ato semacamnya jgn terlalu sering bli chip gan klo ente ngerasa ga “lucky” hari ini, jgn d habisin chip ente,simpen buat nanti aja (ane sh sbnrnya ga suka maen poker,cman kasih saran aja,hehe)
Klo kampus ente nyediain fasilitas wi-fi/hot spot lebih bagus gan,gunain aja itu semaksimal munkin (tmn2 ane aja ada yg ampe nginep mlm2 dkmpus buat nge-hotspot gratisan gan )
Ane sh blm pernah nyoba nginep dikampus,cman katanya seru sh,hehe

4.BUAT BELANJA/SHOPPING
Ini biasanya sih para sister2 yg hoby,hehehe. Ane saranin jgn trlalu sering ngeliatin baju2,sepatu2,tas2,yg ditag di fb ente sis,nanti ente kepengen beli lagi
Soalxnya ane liat hrg2x itu pada ga ada yg murah (CMIIW),klo pengen bli jg ckp 1 ato 2 kali aja dlm sebulan sis,hehehe

Bagi ente yg udah ngikutin saran ane di atas makasih banyak gan,ane seneng :
Tp klo ente tetep ngerasa uang saku ente masih kurang jg,ente bsa nyari sampingan,kerja munkin,ato semacamnya.
Ane sh blm ad kerja gan (munkin ada agan2 yg mau ngasih ane kerjaan??? *ngarep mode on

One thought on “Tips2 maksimalin uang yang terbatas buat anak kos

Tinggalkan Balasan

