Twitter di blog

Ada 2 cara untuk menampilkan status twitter update di wordpress (WP) dan blogger (Blogspot). Salah satunya untuk membuat twitter update yang pertama yaitu dengan menggunakan pasilitas langsung dari situs resmi twitter.com. Dalam hal ini saya menganggap anda sudah mempunyai sebuah akun di twitter dan sekarang silakan anda menuju/Sign in ke twitter,  Setelah anda berada disana klik “setting”

Kemudian “Profil”

Dibawah web klik pada “(You can also add Twitter to your site here )” dan pilih “My website” kemudian “Profil Widget”, disini anda disuruh memasukan username twitter anda dan silakan  setting widget twitter update sesuai selera anda jika telah selesai pengaturannya tekan tombol “Finish & Grab”

Untuk cara memasang Twitter Update di WP atau Blogger silakan anda salin kodenya dan pasang di sidebar atau dimana saja pada halaman web HTML. Jika ingin otomatis memasang twitter update pada blogger  cukup menekan tombol “Add to blogger”. Berikut tampilan widget twitter update

 

 

ATAU CARA LAIN

 

Banyak sekali blogger yang memasang twitter untuk menampilkan pesan singkat di blognya perihal apa yang sedang mereka lakukan. Isinya pun tidak panjang lebar seperti kalau kita posting di blog. Hanya beberapa kata atau kalimat, karena twitter memang ditujukan untuk menampilkan pesan singkat seperti memo. Kegunaan lain dari Twitter (versi saya sendiri) adalah sebagai tempat posting pendek ataupun postingan yang tidak bertopik. Tapi kita kan bisa menuliskan posting pendek di blog? betul, sebenarnya tidak ada masalah kalau kita ingin menulis posting pendek/singkat (seperti yang dilakukan teman saya) di blog, apalagi kalau tipe blog gado-gado seperti ini. Tapi, bagi saya untuk posting pendek lebih enak pakai twitter aja. Apalagi kalau postingnya via hp.

Bagi blogger yang memakai wordpress di hosting sendiri pasti tidak ada masalah kalau ingin menambahkan fasilitas twitter di blognya. Bagaimana dengan mereka yang ngeblog di wordpress.com, seperti saya, yang tidak bisa menambahkan fasilitas baru di blog? Tidak perlu berkecil hati, masih ada jalan.

Bagaimana caranya?

 

Berikut langkah-langkah menambahkan twitter di wordpress

Cara pertama ( memakai twitter asli)

  1. daftar di twitter
  2. copy alamat rss twitter kamu di RSS wordpress widget. (lokasi RSS twitter bisa baca disini)

Cara kedua ( tidak memakai twitter tapi hasilnya bisa seperti twitter aslinya )

  1. Register blog baru di wordpress (contoh : asbun.wordpress.com)
  2. Tambahkan widget RSS di blog utama
  3. a. Dashboard > Design > widgets > add RSS
    b. masukkan alamat feed blog twitter kita, http://namablogkamu.com/feed/ misal : http://asbun.wordpress.com.

    Twitter di wordpress

    kalau ingin menampilkan isi posting jangan lupa centang display item content

  4. Klik save changes

Untuk hasil kedua cara tersebut bisa lihat di sidebar blog ini. Dengan membuat twitter di wordpress versi kedua, kita bisa posting sebebas-bebasnya . Mau posting pendek ( 1 kalimat ) ataupun panjang, posting gak penting, iseng atau sekedar say hallo tidak ada masalah.

semoga bermanfaat

 

SUMBER : berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s