Arti Kata Gong Xi Fa Cai

https://i0.wp.com/fc08.deviantart.net/fs22/i/2007/339/e/0/gong_xi_fa_cai_by_eternalpinksnow.jpg

Gong Xi Fa Cai, berkali-kali aku menerima email mengucapkan selamat tahun baru Imlek, dengan berbagai gambar yang menarik dan kadang ada artikel-artikel yang bercerita tentang Imlek. Tahun-tahun belakangan ini memang agak sedikit berubah, sebelumnya banyak kartu-kartu ucapan tetapi sekarang yang banyak email ucapan sedang kartu hanya tinggal satu dua saja. Tehnologi memang sanggup merubah dunia.

Imlek merupakan perayaan Tahun Baru, tahun baru yang diawali dengan musim semi, tahun yang penuh harapan. Setelah sekian lama berada dalam kedinginan dan salju musim dingin maka merupakan hal yang indah menapak harapan baru. Pohon-pohon gundul mulai menumbuhkan daun-daunnya yang pertama, melambangkan berseminya kembali semangat kehidupan. Matahari kembali memancarkan sinarnya yang penuh kehangatan.

Imlek juga merupakan masa instropeksi, beberapa hari sebelum Imlek rumah-rumah dibersihkan. Merupakan lambang membersihkan diri dan hati dari berbagai kekotoran, dari berbagai dengki dan iri hati, dari loba dan tamak, dari berbagai dosa yang membelenggu.

Imlek juga merupakan masa keluarga yang tercerai berai berkumpul kembali. Pada masa lalu didaratan Tiongkok seringkali dilanda kelaparan, untuk mencari kehidupan yang lebih baik banyak anggota keluarga terutama laki-laki merantau keluar untuk berdagang ataupun bekerja mencari nafkah. Tetapi biar bagaimanapun pada Malam Tahun Baru mereka akan pulang dan berkumpul bersama keluarga. Indah sekali.

Pada malam tahun baru itu, seperti juga pada berbagai peringatan tahun baru yang lain, seluruh keluarga akan begadang sampai tengah malam menunggu jam 12 malam pergantian tahun.

“Gong Xi Fa Cai – Gong Xi Fa Cai”, saling menukar salam dengan memberikan harapan. “Gong Xi Fa Cai” diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi “semoga sejahtera”. Sejahtera memang merupakan suatu keinginan yang didambakan oleh sebagian besar orang didunia.

Keesokan harinya, pada hari pertama tahun baru, dilakukan kunjung mengunjungi antara keluarga dan kenalan. Yang lebih muda akan datang berkunjung. Pada acara kunjung mengunjungi inilah merupakan surga bagi anak-anak karena pada waktu itulah angpao-angpao akan dibagikan.

Pada tahun baru Imlek ini saya ingin berbagai ayat yang dengan tepat sekali menggambarkan arti kata sejahtera:

“Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Supaya, kalau aku kenyang aku tidak akan menyangkal-Mu dan berkata: Siapa Tuhan itu?. Atau kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Tuhanku.” Amsal 30:8-9

Gong Xi Fa Cai – Semoga Sejahtera
Xin Nien Kuai Lok – Selamat Tahun Baru
ada yang mau bagi angpau? 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s