Tips Mengeluarkan Duri dari Dalam Kulit

https://alfredoeblog.files.wordpress.com/2013/02/dscf05081.jpg?w=300

 

Tlusupen yaitu istilah bahasa jawa untuk kondisi kulit yang kemasukan duri atau benda kecil semisal kayu atau lainnya. Biasanya tlusupen ini terjadinya pada area tangan dan kulit, namun demikian tidak memungkinkan juga bisa di area lainnya.

Kadang ada orang yang tidak menyadari tlusupen, namun ada juga yang langsung terasa sakit sehingga berusaha untuk menghilangkan duri, kayu atau benda kecil lainnya yang ada di kulit.

Mungkin diantara kita pernah kemasukan benda kecil di telapak tangan atau kaki yang biasa disebut dengan tlusupen atau susuben atau tlusupan atau susupen atau suban. Kemasukan duri yang kecil, pecahan kaca, remah kayu yang tajam masuk ke dalam kulit, rasanya sakit nyeri kalau tertekan.

Cara Mengobati Tlusupen

1. Oleslah bagian luar yang kemasukan duri dengan getah kayu patah tulang, getah biduri, atau getah pohon kamboja / semboja. Biarkan, pada bagian yang sakit jangan diberi tekanan. Biasanya tak berapa lama benda kecil yang menyebabkan rasa nyeri tersebut akan keluar dengan sendirinya.

2. Bisa juga dengan bawang putih yang ditumbuk sampai lumat, kemudian ditapalkan ke bagian yang sakit.

Jika kita tertusuk duri ,pecahan kaca,atau paku,saya ada tipsnya . Tips ini saya dapatkan dari bukunya R.M. Edhi Sutardjo yang berjudul  Pengobatan Tradisional.
Oke langsung saja ,berikut tipsnya :
1.Ambil terasi mentah/masak kemudian oleskan /letakkan di tempat yang kemasukan duri,diamkan setengah jam lamanya.Duri yang sukar diambil akan keluar dengan sendirinya.
2.Getah papaya dicampur garam secukupnya,ditempelkan ditempat yang terkena duri  dibalut biarkan beberapa jam atau semalam.Setelah dibuka duri itu akan keluar dengan sendirinya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s