Paus Benediktus XVI Mengundurkan Diri, Petir Menyambar Lapangan Santo Petrus (Video)

https://i2.wp.com/static.liputan6.com/201302/vatikan130212d.jpg

Kilatan petir menerangi Lapangan Santo Petrus, beberapa jam setelah Paus Benedictus XVI mengumumkan pengunduran dirinya. Pemimpin umat Katolik sejagat itu mengundurkan diri terkait kondisi kesehatannya.

Saat itu, suasana tengah hujan lebat. Kilatan petir yang membelah langit menjadi latar belakang Santo Petrus Basilika dan Istana Apostolic, tempat kediaman Paus. Pengikut yang tengah berada di lapangan, langsung menangis dalam keheranan.

https://i2.wp.com/gdb.voanews.com/C9A432A7-A116-43CA-ABE6-F093D6A304C9_w308_r1_cy26.jpg

Juru bicara Paus mengatakan pada para jurnalis, bahwa Paus tidak akan mencampuri proses pemilihan penggantinya. Terhitung mulai 28 Februari, Paus Benediktus XVI akan fokus terhadap dirinya untuk berdoa, merefleksi dan menulis.

PAUS KEDUA YANG MUNDUR SETELAH TAHUN 1415

Alasan usia menjadi penyebab utama Paus Benediktus XVI atau Joseph Aloisius Ratzinger, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin Gereja Katolik di Vatikan. Akhir bulan Februari ini, Pope resmi melepas jabatannya di usia 85 tahun.

Pope di usianya saat ini mengalami kesehatan yang terus menurun. Dengan rencana mundurnya Pope Benediktus, ini merupakan yang kedua sejak Gereja Katolik Vatikan itu dibangun 6 abad silam.

Pihak Vatikan menegaskan, dengan pengunduran diri Pope, maka Paus yang baru akan dipilih (konklaf) sebelum Paskah tiba.

Dilansir BBC, Selasa (12/02/2013), berdasar Canon Law (aturan pemerintah Vatikan), tidak ada ketentuan khusus guna mengesahkan pengunduran diri tersebut.

Pengunduran diri Pope Benediktus ini merupakan pengulangan dari langkah yang pernah dilakukan oleh Paus Gregorius XII yang mundur di tahun 1415 karena konflik dengan dewan gereja Katolik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s