10 Tayangan Televisi Anak Paling Dinanti Generasi 90an

Masa kecil generasi 90an adalah masa yang paling menyenangkan. Tak ada beban yang terlalu berat selain harus pergi sekolah enam hari dalam seminggu. Dan letih pun terbayar dengan tayangan televisi yang menghibur.
Era 90an belum mengenal yang namanya homeschooling. Jadi, hari Minggu adalah surganya anak-anak yang masih sekolah. Selain libur, mereka juga diperbolehkan bermain sepuasnya, termasuk menonton televisi.
Masih ingat tayangan televisi yang berjaya pada masa 90an? Simak 10 judul berikut yang mungkin saja bisa membuka kembali memori masa kecilmu yang menyenangkan itu…

1. SAINT SEIYA

Serial animasi ini diangkat dari manga karya Masami Kurumada. Anime Saint Seiya diproduksi oleh Toei Animation dan pertama kali disiarkan di TV Asahi, Jepang pada tanggal 11 Oktober 1986.
Di Indonesia sendiri, yang pertama kali menyiarkannya adalah stasiun TVRI Yogyakarta yaitu tahun 1987 hingga 1990. TVRI Pusat Jakarta baru menyiarkan pada tahun berikutnya, 1988 sampai 1991.
Setelah muncul stasiun televisi swasta, RCTI adalah yang pertama menyiarkan pada akhir 1991 sampai 1995. Disusul kemudian Indosiar pada 2001 hingga 2002 dan ditayangkan ulang pada medio 2005.

2. DASH! YONKURO

Melayangkan kembali memori pada awal 90an, tiap Minggu pagi anak kecil-kecil seolah tak mau beranjak dari depan televisi untuk menunggu film animasi Jepang tentang tim balap mobil mini 4 WD. Pasti semua sudah bisa menebak!
Ya, judul Dash! Yonkuro memang menjadi daya tarik anak-anak generasi 90an. Bercerita tentang lima sekawan yang tergabung dalam team Dash Warrior, yaitu Yonkuro, Tankuro, Shinkuro, Punkuro, dan Rinko dalam mengarungi turnamen mini 4 WD.
Kamu yang masa kanak-kanaknya di zaman 90an pasti sangat akrab dengan nama-nama seperti Dash-1 Emperor, Dash-2 Burning Sun, Dash-3 Shooting Star, Dash-4 Cannon Ball, dan Dash-5 Dancing Doll. Kamu bahkan menyimpan koleksi mobil tamiya, benar kan?
Tapi kalo saya lebih suka sama film Let’s & Go. Sama kok, menceritakan tentang permainan mini 4WD. Masih pada inget kan kartun Let’s & Go ?
Nah ini, Retsu & Go Saiba kakak beradik yang sama-sama gila pada permainan mini 4WD. Retsu (kakak – merah) punya mini 4WD yang dikasih nama Sonic. Kalo yang biru, Go (Adik), dia punya mini 4WD yang dikasih nama Magnum (bukan Magnum Ice Cream loh ya). Seru deh pokonya film yang satu ini😀

3. MIGHTY MORPHIN POWER RANGERS

Mighty Morphin Power Rangers yang diproduksi Saban Entertainment ini adalah seri pertama dari serangkaian serial Power Rangers. Ada lima ranger sebagai tokoh utamanya, sebelum kemudian ditambah dengan beberapa tokoh ranger lain.
 Serial ini terdiri dari 145 episode di tiga musim, dan merupakan hasil produksi bersama Fox Kids dan Saban Entertainment. Di Indonesia sendiri, serial ini ditayangkan oleh stasiun televisi swasta, RCTI.
Kamu juga pasti tak akan lupa pada Gordon dan Alpha 5 yang suara tangisnya cukup unik, “Aye-yi-yi-yi-yi!” Dia selalu menangis saat panik atau ada ranger yang berseteru. Then, siapa tokoh ranger favoritmu, dan kenapa kamu pilih dia?

4. KAMEN RIDER BLACK

Dalam bahasa Indonesia, serial ini lebih dikenal dengan judul Ksatria Baja Hitam. Kamen Rider BLACK ini merupakan seri ke-8 dari serangkaian serial Kamen Rider. Momen berubah dan saat mengeluarkan pedang matahari pasti jadi yang paling memorable.

Serial yang terdiri dari 51 episode ini merupakan hasil produksi bersama Mainichi Broadcasting System/TBS. Di dini, Ksatria Baja Hitam ditayangkan pertama kali di RCTI pada 1993. Serial ini kemudian ditayangkan ulang di Indosiar pada 2004 sampai 2006.
Tetsuo Kurata, tokoh utama BLACK, Kotaro Minami, juga menyanyikan lagu pembuka yang berjudul Kamen Rider BLACK. Setelahnya, mengikuti sukses di BLACK, Kurata juga jadi tokoh utama dalam Ksatria Baja Hitam RX.

5. SAILOR MOON

Pretty Soldier Sailor Moon, atau yang lebih akrab disebut Sailor Moon adalah judul sebuah franchise kenamaan ciptaan seniman manga Jepang, Naoko Takeuchi. Serial ini juga sangat dinanti gadis-gadis kecil era 90an.
Serial animasi ini bercerita tentang kepahlawanan lima gadis berkekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya dalam melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.
Hampir tak ada perbedaan antara manga dan anime, kecuali kehadiran musuh yang tidak ada di manga. Hanya saja, penggambaran hubungan asmara Usagi dan Mamoru dikisahkan lebih dewasa dan romantis dalam manga daripada dalam anime.

6. CANDY CANDY

Awalnya, Candy Candy adalah novel karangan penulis Jepang, Kyoko Mizuki yang ditulis pada April 1975. Mizuki kemudian bekerja sama dengan ilustrator manga, Yumiko Igarashi, untuk membuat versi manga dari cerita tersebut.

Cerita manga ini kemudian menarik perhatian majalah Jepang, Nakayoshi, yang kemudian memuat serial Candy Candy sebagai cerita bersambung selama empat tahun sejak April 1975 hingga Maret 1979.
Tak berhenti di situ, serial manga ini berhasil menyabet Penghargaan Manga Kodansha untuk kategori shojo pada tahun 1977. Setelahnya, Candy candy kemudian diadaptasi menjadi serial anime yang digandrungi anak perempuan era 90an.

7. THE ADVENTURES OF TINTIN

Petualangan Tintin adalah serial animasi yang dibuat berdasarkan komik terkenal karya Herge. Serial ini dibuat pada tahun 1991. Petualangan Tintin mempunyai 39,5 jam episode yang dibagi menjadi tiga sesi.
Serial animasi tentang seorang detektif Tintin ini dikenal sebagai adaptasi terbaik dari buku komiknya. Pada masa 90an, anak-anak kecil pasti tak ingin melewatkan setiap seri dari penampilan Tintin dan anjing kecilnya.
Seiring boomingnya serial ini, anak-anak pun ingin memiliki seri komik Petualangan Tintin. Di antara koleksi komik Jepang yang juga naik daun pada masa itu, apakah kamu salah satu yang juga punya komik Tintin? Kalo saya sih masih punya tuh VCD nya :p

8. TEENAGE MUTANT NINJA TURTLES

Serial ini lebih dikenal dengan judul Kura-kura Ninja. Cerita tentang empat ekor kura-kura mutan. Mereka dilatih oleh mahaguru yaitu Guru Splinter untuk menjadi pahlawan ninja yang mahir memainkan senjata.
Di sarang mereka, di gorong-gorong kota Manhattan, mereka melawan penjahat kecil, penjahat psikopat, dan makhluk asing. Empat kura-kura ini juga harus memastikan diri mereka tidak diketahui masyarakat luas.
Tokoh dalam serial TMNT ini awalnya muncul dalam komik, sebelum kemudian dilisensikan untuk menjadi waralaba yang menghasilkan figur mainan, serial kartun dan film. Hayo ngaku, siapa yang dulu koleksi mainan Kura-Kura Ninja?😉

9. REMI

“Selamat pagi gunungku, selamat pagi pohonku, selamat pagi teman-teman semua. Aku kan pergi jauh demi cita-citaku, Remi mohon doa restu darimu. Jangan bersedih teman-temanku, hidup ini adalah perjuangan. Marilah kita mulai melangkah, menuju cita-cita bahagia. Selamat berpisah semuanya, aku kan pergi untuk mengembara. Jangan sedih akan kepergianku, kelak pasti kita akan bertemu…”
Kalau ingat film animasi yang satu ini, pasti langsung ingat soundtrack versi Indonesia yang memang easy listening ini. Selain itu, kamu pasti pernah merengek minta dibelikan kacamata tiga dimensi di tahun itu.
Ya, menonton Remi yang ditayangkan di RCTI, memang kurang afdol jika tanpa mengenakan kacamata tiga dimensi. Apa bedanya jika menonton dengan mata telanjang? Pohon-pohon dalam gambar itu tak bisa seolah-olah keluar dari layar kaca.

10. SEKAI NINJA SEN JIRAIYA

Sekai Ninja Sen Jiraiya adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiraiya adalah seri ke-7 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 24 Januari 1988 hingga 22 Januari 1989.
Di Indonesia sendiri, serial Jiraiya ditayangkan oleh stasiun televisi swasta, Indosiar. Tokoh ini juga termasuk salah satu dari sekian banyak jagoan favorit anak-anak kecil di era 90an. Apa kamu termasuk salah satunya?

Selain 10 judul tadi, apa lagi ya tayangan televisi anak-anak yang paling dinanti pada zaman 90an?

One thought on “10 Tayangan Televisi Anak Paling Dinanti Generasi 90an

  1. Ping balik: 10 Tayangan Televisi Anak Paling Dinanti Generasi 90an | ahmadmaaher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s