Berita HOAX berkedok Agama

Semoga thread ini memberikan sedikit pencerahan akan apa yg terjadi sebenarnya. Dan semoga thread ini tidak repost. Happy reading.

Saya menyebutnya “Hoax Islami”, yaitu hoax yang isinya mendakwahkan agama Islam. Hoax adalah tindakan untuk mengelabui agar orang mempercayai atau menerima sesuatu yang palsu dan sering tidak masuk akal sebagai sesuatu yang asli. Terkait judul artikel ini, hoax Islami adalah tindakan untuk mengelabui agar orang mempercayai atau menerima sesuatu yang palsu dan sering tidak masuk akal sebagai sesuatu yang asli dalam kaitannya dengan agama Islam, biasanya terkait dengan upaya dakwah agama Islam.

Polanya:

1. X masuk Islam

Tujuan: pemeluk agama Islam merasa menang dan bangga serta merasa besar. Strategi semacam ini dipakai dalam pola berpikir psychowar, karena memandang dakwah agama sebagai peperangan.

Contoh hoax tipe 1:

Paris Hilton masuk Islam

Robert Guilhem Pakar Genetika masuk Islam. Hoax ini ditayangkan oleh Republika. Robert Guilhem adalah fiktif. Hoax ini juga masuk di Kaskus (baca http://www.kaskus.co.id/thread/00000…00000016204420 )dan banyak dipercaya oleh para forumer Kaskus. Setidaknya Kompasianer lebih canggih ketimbang Kaskuser, karena Kompasianer tidak gampang ditipu hoax. (Mungkin karena kompasianer banyakan kaum intelektualnya apa ya?)

Demitry Bolikov, pakar fisika dari Ukraina, masuk Islam. Hoax ini ditayangkan oleh Republika dan Detik. Demitry Bolikov adalah fiktif. Nama Demitry ini saja sudah tidak wajar untuk nama Eropa Timur (yang benar Dmitry atau Dimitry)

Merasa menang dan bangga atas dasar hoax tentu saja hanya perasaan palsu.

2. Pembantaian umat muslim di…… oleh…..

Tujuan:

a. untuk memancing emosi pemeluk agama Islam untuk jihad atau nyumbang

b. kampanye hitam (fitnah) terhadap kelompok SARA lain (biasanya agama lain atau ras tertentu) dan juga terhadap entitas tertentu (misal, kepada Densus 88).

Contoh:

Contoh hoax Islami yang populer di Internet dan efektif untuk membangkitkan emosi pemeluk agama Islam. Tujuan dari hoax ini adalah ajakan untuk jihad dan kampanye hitam terhadap Buddha. Strategi foto ini menyiratkan aplikasi psychowar, artinya, pembuatnya adalah orang pintar yang familiar dengan perang. Foto ini aslinya foto umat Buddha Tibet membantu evakuasi korban gempa bumi yang terjadi di Cina. Sumber: http://www.tibettimes.net/blogs.php?…2&post_id=8762Foto sebelum diedit mengisahkan tentang rahib Buddha Tibet yang membantu korban bencana alam banjir di Cina.
Contoh-contoh lain gambar hoax Islami yang telah berhasil dibongkar dapat dilihat pada http://regional.kompasiana.com/2012/…ya-475327.html atau http://www.detikmaya.com/2012/07/pem…anmar.html?m=1HOAX berikut ini berjudul lebih dari 1000 muslim Burma dibunuh oleh penganut Buddha.
Foto aslinya berasal dari tahun 2004 mengenai penangkapan 400 orang pemrotes di Birma. Jadi orang-orang yang terbaring itu masih hidup dan hanya ditangkap karena aksi protes mereka. Ini foto aslinya yang bersumber dari Reuter dan dimuat oleh Suara Merdeka.
Hoax selanjutnya berjudul teroris Budhist Burma membunuh 500 muslim di pantai Bangal, Burma.
Hoax ini diambil dari penangkapan pengungsi ilegal oleh kepolisian Thailand di Thailand tanggal 22 Januari 2009. Pendatang ilegal itu masih hidup (lihat baik-baik gambarnya bahwa mereka yang terbaring masih hidup, bukan mayat) dan kemudian dilepaskan ke perairan internasional. Gambar aslinya:
Hoax para urutan selanjutnya berjudul “Seorang muslim dibakar di Burma dan wartawan memotretnya, bukannya menolongnya”.
Foto asli sama sekali tidak ada hubungannya dengan muslim. Foto tersebut menceritakan tentang aktivis Tibet yang membakar diri sebagai wujud protes kunjungan presiden Cina ke Tibet.
Hoax ini menimbulkan fitnah terhadap umat Buddha. Ini berarti penggunaan hoax berkaitan erat dengan metode fitnah.
.
3. Keajaiban Al Qur’an di….Tujuan: agar pemeluk agama Islam makin yakin dengan imannyaContoh hoax:1. hoax bayi yang katanya kulitnya bertuliskan ayat-ayat Al Qur’an secara alamiah

Hoax ini dilakukan dengan cara menuliskan ayat Al Quran pada kulit penderita dermatographic urticariaBandingkan persamaannya dengan penderita dermatographic urticaria lainnya:
Penderita Dermatographic Urticaria membuat tulisan muncul pada kulit. Penyakit ini diderita oleh sekitar 5% penduduk dunia.
.
4. Umat beragama Y (biasanya agama yang dipandang sebagai ancaman) berlatih militer
.
Tujuan: konsolidasi internal dengan menciptakan common enemies. Biasanya diambil video dari era tragedi kemanusiaan konflik tahun 1999. Setelah diedit sedemikian rupa dan dihilangkan tanggal dan tahunnya lalu disebarluaskan sebagai hoax tipe ini.###Sangat sedikit sekali orang yang mengecek kebenaran berita yang didengarnya, dilihatnya, atau dibacanya. Bahkan media televisi di Indonesia pun pernah saya dapati menyiarkan video hoax yg diambilnya dari internet.

Hoax Islami sangat cepat sekali menyebar di forum, grup, situs, dan blog dakwah agama Islam serta blackberry sesama pemeluk agama Islam, karena itulah hoax Islami mudah dipercaya pemeluk agama Islam. Hoax Islami bahkan juga disebarluaskan oleh media massa besar yang berlabel Islam, misal, Republika.

Malah bukan hanya itu saja. Sebagaimana dibahas dalam http://hankam.kompasiana.com/2013/03…i-539760.html, hoax Islami dilakukan oleh tokoh-tokoh nasional agama Islam.

Hoax Islami ini sebenarnya berisi penangkapan terhadap teroris pelaku pemenggalan 3 remaja putri siswi suatu SMU oleh brimob, namun dibuat hoax sedemikian rupa sehingga kaum teroris pemenggal 3 remaja putri siswi SMU itu seolah pahlawan Islam sedangkan densus 88 seolah penjahatnya. Video hoax ini bukan cuma disasarkan ke Densus 88, namun juga ke umat beragama Kristen. Video ini bukti empiris bahwa kaum teroris tidak jauh-jauh dari dusta, fitnah, mengkambinghitamkan pihak lain, teror, kebencian terhadap yang tidak seide, dan ayatisasi kejahatan agar kejahatan tersebut nampak benar (bagaikan tahi yang disemprot parfum, dicat putih, disepuh dengan emas, disucihamakan, dan kemudian dikasih sertifikat halal. Hanya orang bodoh yang tertipu dengan kemasan) (untuk videonya silahkan cek ke tkp gan)

Jadi keliru bila mengira hoax Islami berasal dari atheis atau pemeluk agama lain. Dulu kita hanya menebak bahwa sumber hoax Islam adalah tokoh-tokoh agama tersebut, namun, setelah ada bukti empiris kasus video hoax DS, sekarang kita dapat secara positif yakin bahwa memang betul sumber hoax Islami adalah para tokoh agama tersebut.

Penggunaan hoax untuk dakwah ini sangat sulit dipahami oleh kita:

untuk apa menggunakan kebohongan untuk mendakwahkan agama?

Hoax adalah kebohongan. Hoax dapat menimbulkan fitnah. Ends do not justify means.

Pemeluk agama Islam terbagi dua dalam responnya terhadap metode hoax, yaitu: pro dan kontra. Mereka yang pro menganggap penggunaan hoax Islam untuk dakwah sebagai wujud dari pengamalan taqiya (taqiya dianggap sebagai kebohongan putih (white lie) yang boleh dilakukan demi agama). Sedangkan mereka yang tidak setuju menganggap penggunaan hoax untuk dakwah mencederai citra agama Islam.
.

credit : forum kompas – kaskus

5 thoughts on “Berita HOAX berkedok Agama

  1. saya juga kadang malu melihat pemberitaan seperti ini. benar seperti yang anda bilang, strategi semacam ini dipakai dalam pola berpikir psychowar, karena memandang dakwah agama sebagai peperangan.

    seharusnya kebohongan atau HOAX seperti ini tidak perlu terjadi. Saya sering dengar berita X masuk Islam yang terlalu dibesar-besarkan.. entah apa maksudnya. Merasa menang, bangga? apa gunanya coba?

    terima kasih untuk postingan yang mencerahkan ini, semoga tidak terjadi lagi hal serupa

  2. tulisan ini benar2 merubah paradigma saya..

    dari awal saya juga sudah tau kalo berita seperti ini terkesan LEBAY.
    masih ingat di pikiran saya berita Neil Amstrong masuk islam. HAHAHA, aneh, sungguh aneh sekali beritanya. terbukti HOAX dan saya tidak habis pikir apa tujuan orang orang yang menyebarkan berita itu..

    imho, biasanya orang orang yang menyebarkan berita HOAX seperti yang anda sebutkan itu pikirannya sempit alias BODOH, yang dibaca oleh mereka biasanya ‘buletin buletin’ , ‘selebaran’ , ‘website’ yang isinya menyebarkan kebencian terhadap umat yang lain. (anda tahu sendiri lah yang saya maksud..)

    kalau mereka punya otak sedikit saja, mungkin mereka perlu membaca berita seperti ini biar mereka jadi pinteran. Lagipula simpelnya gini aja, TONG KOSONG NYARING BUNYINYA. semakin ada berita yang berkoar koar si “X Masuk ISLAM” , berarti betapa KOSONG nya OTAK orang orang yang mengumbar umbarkannya

  3. Jika benar berita semacam itu hoax sungguh disesalkan, karena bisa mengaburkan berita lain yang benar-benar terjadi. Sesungguhnya publikasi berita hoax bukan hanya melanggar etika jurnalistik, apa pun medianya yang dipakai, tetapi juga melanggar prinsip dakwah. Prinsip dakwah dapat kita baca dalam an-Nahl/016:125–128, yaitu metoda persuasif dengan nasihat, pesan saran, konten faktual yang cerdas dan mencerahkan (bil-hikmah). Bahkan dalam melakukan dakwah dengan metoda diskusi atau debat, dalam ayat itu ditegaskan agar dilakukan konten cerdas dan cara bicara yang santun (billatiy hiya ahsan). Tidak kurang pentingnya, di ujung pesan itu ditegaskan pentingnya sikap sabar-teguh, yang maknanya agar pendakwah tidak tergoda ke cara kekerasan, atau membujuk-mengimingi dengan hadiah tertentu, dan tentu saja tidak tergoda untuk menyampaikan berita hoax… Bagaimana mungkin dakwah dilakukan dengan cara buruk, sebab akan menjadi bumerang. Bahkan dalam konteks komunikasi biasa yang bukan dakwah, muslim itu harus memegang etika bahwa bicara itu haruslah benar, tidak dusta.

  4. sungguh sangat keterlaluan… ini di mungkinkan banyak umat muslim dari kalangan bawah yang menganut Agama nya dari orang tua… sementara tingkat keimanannya sangat rendah… orang seperti inilah yang akan menerima berita hoax ini secara bulat-bulat… sebaiknya kita semua umat muslim kalau ada berita yang seperti ini akan membaca dan memahaminya secara baik dan jangan2 nantinya akan jadi bumerang dengan umat muslim itu sendiri…

  5. kalo memang Hoax, trus kemana polisi It, ga nangkepin. mana peran pemerintah dlm ngontrol media.???
    tapi juga inget media yg jd acuan jg tidka selamanya benar, seperti KOMPAS ,sekarang cuma jd corong pemerintah bukan media yg jujur..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s