Pengertian Portsentry dan Cara Kerjanya

https://i0.wp.com/zerosecurity.org/wp-content/uploads/2012/04/securing_linux_computer_with_iptables.jpg

Artikel mengenai portsentry ini sudah banyak sekali di Internet, namun disini saya hanya ingin menuliskan kembali sebagai dokumentasi pribadi saya dan mudah-mudahan bermanfaat juga untuk teman semua.

Untuk membuat server linux yang aman tentunya banyak sekali caranya, mulai dari hardwarenya yang ada pada lokasi yang memang aksesnya terbatas seperti IDC, maupun mengamankannya secara system, yaitu dengan memasang firewall di linux, melakukan pacthing server linux, dan juga memasang anti rootkit pada server linux tersebut, dll. Tujuannya tentu adalah agar server linux kita aman dari akses yang dilakukan oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Saat ini yang akan saya bahas adalah bagaimana caranya mengamankan server linux dengan menggunakan PortSentry. Program PortSentry ini gratis dan free, serta memiliki licensi GPL.

Portsentry merupakan tools yang digunakan untuk menghindari berbagai aktifitas scanning (terutama stealth scanning) yang dilakukan oleh hacker. Portsentry dapat mengingat ip address dari si hacker. Portsentry juga dapat membuat server kita seolah-olah menghilang dari hadapan hacker bilamana terjadi aktifitas scanning dan juga dapat memblok IP hacker tersebut juga secara otomatis. Tujuannya adalah untuk melindungi dari scanning yang dilakukan oleh pihak lain.

Dari sekian banyak hal yang paling banyak di takuti orang pada saat mengkaitkan diri ke Internet adalah serangan virus & hacker. Penggunaan Software Firewall akan membantu menahan serangan dari luar. Pada kenyataan di lapangan, menahan serangan saja tidak cukup, kita harus dapat mendeteksi adanya serangan bahkan jika mungkin secara otomatis menangkal serangan tersebut sedini mungkin. Proses ini istilah keren-nya Intrusion Detection.

PortSentry adalah sebuah perangkat lunak yang di rancang untuk mendeteksi adanya port scanning & meresponds secara aktif jika ada port scanning. Port scan adalah proses scanning berbagai aplikasi servis yang dijalankan di server Internet. Port scan adalah langkah paling awal sebelum sebuah serangan di lakukan. Terus terang, cara meresponds PortSentry cukup sadiz, jika ada mesin yang tertangkap basah melakukan port scan terhadap Server yang kita miliki maka secara aktif akan memblokir mesin penyerang agar tidak dapat masuk & melakukan transaksi dengan Server kita. Bagi mesin yang sial tersebut, maka jangan berharap untuk melakukan hubungan ke Server yang kita miliki.

PortSentry dapat di download secara gratis & tidak melanggar HAKI dari Psionic Software http://www.psionic.com. Selain PortSentry juga tersedia beberapa freeware di http://www.psionic.com seperti Logcheck untuk audit software & HostSentry yang merupakan host based intrusion detection dan melihat jika ada login yang tidak normal. Bagi anda yang menggunakan Linux Mandrake 8.0, PortSentry biasanya sudah di bawa bersama CD Mandrake 8.0 jadi tidak perlu terlalu pusing lagi dengan mendownload dari Internet.

Beberapa fitur utama dari PortSentry:

  • Berjalan di atas soket TCP & UDP untuk mendeteksi scan port ke sistem kita.
  • Mendeteksi stealth scan, seperti SYN/half-open, FIN, NULL, X-MAS.
  • PortSentry akan bereaksi secara real-time (langsung) dengan cara memblokir IP address si penyerang. Hal ini dilakukan dengan menggunakan ipchains/ipfwadm dan memasukan ke file /etc/host.deny secara otomatis oleh TCP Wrapper.
  • PortSentry mempunyai mekanisme untuk mengingat mesin / host mana yang pernah connect ke dia. Dengan cara itu, hanya mesin / host yang terlalu sering melakukan sambungan (karena melakukan scanning) yang akan di blokir.
  • PortSentry akan melaporkan semua pelanggaran melalui syslog dan mengindikasikan nama system, waktu serangan, IP mesin penyerang, TCP / UDP port tempat serangan dilakukan. Jika hal ini di integrasikan dengan Logcheck maka administrator system akan memperoleh laporan melalui e-mail.

Dengan adanya berbagai fitur di atas maka system yang kita gunakan tampaknya seperti hilang dari pandangan penyerang. Hal ini biasanya cukup membuat kecut nyali penyerang.

Penggunaan PortSentry sendiri sangat mudah sekali, bahkan untuk penggunaan biasa saja praktis semua instalasi default tidak perlu di ubah apa-apa dapat langsung digunakan. Instalasi PortSentry di Linux Mandrake 8.0 dapat dilakukan pada saat instalasi awal dengan memilih paket portsentry, atau setelah Linux di install dengan cara menggunakan Software Manager di desktop untuk menambahkan portsentry.

Yang mungkin perlu di tune-up sedikit adalah file konfigurasi portsentry yang semuanya berlokasi di /etc/portsentry. Untuk mengedit file konfigurasi tersebut anda membutuhkan privilige sebagai root. Pengalaman saya selama ini, tidak banyak yang perlu di tune-up. Beberapa hal yang mungkin perlu di set adalah

  • file /etc/portsentry/portsentry.conf merupakan konfigurasi utama portsentry. Disini secara bertahap diset port mana saja yang perlu di monitor, responds apa yang harus di lakukan ke mesin yang melakukan portscan, mekanisme menghilangkan mesin dari routing table, masukan ke host.deny. Proses setting sangat mudah hanya dengan membuka / menutup tanda pagar (#) saja. Pada kenyataannya, jika kita ambil dari distribusi Linux Mandrake, semua option di portsentry.conf yang ada kita diamkan saja portsentry sudah berjalan dengan baik.
  • pada file /etc/portsentry/always_ignore masukan semua IP address di LAN yang harus selalu di abaikan oleh portsentry. Saya biasanya memasukan IP address desktop / laptop administrator LAN ke sini, agar tidak terblokir secara tidak sengaja.
  • Pada file /etc/portsentry/portsentry.ignore isikan IP address yang perlu di abaikan sama dengan isi file /etc/portsentry/always_ignore.
  • Pada file /etc/portsentry.modes kita dapat menset mode deteksi yang dilakukan portsentry. Semakin baik mode deteksi yang dipilih (advanced stealth TCP/UP scanning), biasanya PortSentry akan semakin sensitif & semakin rewel karena sedikit-sedikit akan memblokir mesin.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat menambah semangat bagi anda yang ingin berkarya di Internet berbasis Linux secara aman & damai.

Iklan

One thought on “Pengertian Portsentry dan Cara Kerjanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s