Pilih Gratisan yang mana ?

Di antara kamu mungkin udah ada yang tahu kabar mengejutkan dari BlackBerry. Kabar itu adalah: BBM alias BlackBerry Messangger (yang suka banyak broadcast message-nya itu) bakal bisa digunakan di HP yang sistem operasinya iOS atau Android. Jadi, meski HP kamu bukan BlackBerry, kamu tetep bisa menggunakan BBM.

Udah mah ada WhatsApp, ada LINE, ada Kakaotalk, ada Wechat, Snapchat, MessageMe, eh sekarang bakal ada BBM juga. Jadi, KITA HARUS NGOBROL DI MANAAA??? DI MANA SUBUUUUR?? JAWAAAB!

Hadirnya chat clients yang makin banyak bermunculan ini tentu membuat kita bingung harus ngobrol di mana. Kita nyimpen kontak si A di WhatsApp, tapi sekaligus nyimpen kontak dia juga di LINE, di Kakaotalk, di Wechat, dan lain-lain. Dan tentu aja, semua itu bikin ribet. A ngirim pesan di LINE, tapi taunya lama kekirim, terus dia coba hubungin lewat WhatsAppa, eh taunya nyampenya malah barengan. Bingung deh mau ngobrolnya di mana.

Ternyata, makin banyak akses buat chatting malah bikin kita bingung mau milih akses yang mana. Belum lagi tiap chat client punya kelebihannya masing-masing.

WhatsApp

Kalau BBM Cuma bisa dipake sesama pengguna BB aja, WhatsApp itu bisa dipake di semua smartphone. Mau hapenya BB kek, mau iPhone kek, Android pun, bahkan sampai ke Nokia berbasis Symbian pun bisa.

Kalo fungsi WhatsApp sih hampir sama kayak BBM, dia bisa chatting, kirim-kiriman gambar atau foto, saling kirim suara, dan bisa juga bikin grup. Oh iya satu lagi, BBM dan WhatsApp juga bisa nge-broadcast message.

Bedanya WhatsApp sama BBM itu kalo WhatsApp ID-nya pake nomer HP, kalo BBM pake PIN. Bedanya lagi, WhatsApp gak bisa nge-PING!!!. Selain itu BBM gratis, kalo WhatsApp ada yang berbayar. Waduh, kalau berbayar agak males ya.

LINE

LINE. Apa yang kalian ingat waktu mendengar kata LINE ini? Kalo kami ingetnya sama Siwon.

Salah satu kelebihan LINE adalah sticker-nya yang lucu-lucu dan unyu-unyu:

Saking lucunya, pengguna LINE jadi jarang. Tapi lebih sering tuker-tukeran stiker. Stiker itu bukannya pemain sepak bola yang posisinya di depan itu ya. Itu striker.

Kelebihan LINE lainnya juga yaitu sesama pengguna LINE bisa teleponan. LINE bukan pake PIN atau nomer HP, tapi LINE pake ID. Kamu bisa bikin ID-mu sendiri, misalnya: BundaSetiaSamaAyah atau bikin ID IchaSekarangUdahMupOn.

Di LINE, orang yang gak kita kenal bisa dengan gampang nge-add akun kita tanpa perlu kita approve. Nah karena kayak gitu, kadang pengguna LINE suka males kalo ada orang gak dikenal tiba-tiba ngajak chat. Paling kesel ternyata ngajak chat temen lama yang dulu nggak pernah nyapa sekarang pengin minjem uang.

Kakaotalk

Kakaotalk yang disebut-sebut sebagai Yahoo-nya orang Korea ini juga punya kelebihan dibanding chat client lainnya. Yaitu saling telepon ke pengguna Kakaotalk lainnya secara gratis. Gretong boook, gretong!

Selain bisa saling nelpon gratis, kelebihan Kakaotalk ini bisa ngegrup dengan member yang banyak banget. jadi lumayan enak kalo dipake buat grup-grupan. Tapi percuma juga sih kalo kamu orangnya gak punya temen apalagi gak punya…. pacar.

Kalo kalian lihat stiker-stiker di Kakaotalk, kesan pertamanya pasti pada sama, yaitu “Ah, stikernya bagusan di LINE.” Tapi kesan itu emang bener, banyak yang bilang kalau stiker di Kakaotalk itu memang rada tanggung dan sedikit.

Banyak juga yang akhirnya males pake KakaoTalk karena dia masuk Indonesia-nya telat, udah keduluan sama LINE.

Wechat

Kalo LINE ngingetin kita sama Siwon, Wechat ini bakal ngingetin kita sama Gading Marten. Iya, soalnya yang jadi artis di iklan Wechat itu Gisel.

Hampir sama kayak chat client lainnya, Wechat ini bisa saling kirim pesan, gambar, stiker, dan lain-lain. Yang ngebedain Wechat sama yang lainnya adalah si Wechat ini punya fitur Look Around, yang memungkinkan pengguna mencari sesama pengguna WeChat di lokasi tempatnya berada. Terus di WeChat juga kita bisa video call.

Kebayang kan gimana puyengnya kamu kalo temenan sama orang yang punya semua chat client? Kalo mau ngobrol sama dia, harus janjian dulu di mana. Jangan sampe kejadian ada WhatsApp masuk isinya suruh ngecek LINE, pas buka LINE isinya nyuruh ngecek KakaoTalk, pas buka KakaoTalk isinya nyuruh ngecek WeChat, pas buka WeChat ujungnya suruh buka SMS. Capek deh.

Dari sekian banyak chat client itu, sebetulnya kita akan tetap setia sama SMS dan telepon. Mau sebanyak apapun fitur yang ada di chat client itu, SMS dan telepon gak akan pernah mati. Bandingin aja, WhatsApp bisa gak SMS ke HP yang monokrom semacam Nokia Pisang? Atau Kakaotalk bisa gak nelpon ke HP yang lampu layarnya kayak bohlam kandang ayam cuma kuning doang? Pasti gak bisa.

Ketika mentok, akhirnya kita bakal kembali ke basic, yaitu SMS dan telepon. Makanya emak sama bapak kita juga kalo ada apa-apa nggak akan jauh-jauh dari SMS dan telepon.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s