Tingkatan Model Kit Gundam + Harganya

Model kit gundam diproduksi oleh Bandai dengan beberapa tingkatan (Grade) berbanding dengan tingkat kesulitan dalam perakitan-nya, diantaranya :

1. Super Deformed (SD) Gundam : adalah versi mini (chibi) dari Gundam dengan kepala besar dan kaki pendek. Banyak menjadi favorit para kolektor pemula karena mudah perakitannya dan lucu bentuknya, harganya pun sangat terjangkau (± Rp. 50rb – Rp. 150rb).

 

2. First Grade (FG) Gundam ; adalah model kit gundam yang dibuat dengan skala 1/144 dengan senjata dan aksesoris yang minim. Jumlah parts sedikit dan harganya pun berada di kisaran yang hampir sama dengan SD Gundam (Rp. 50rb – 200rb).

 

3. High Grade (HG) Gundam ; adalah tingkatan lanjutan dari FG dengan skala yang sama 1/144 atau 1/100 namun dengan detail parts dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, aksesoris lebih lengkap, dan pergerakan pose yang lebih banyak. Soal harga, berada di kisaran Rp. 120rb – Rp. 350rb.

4. Master Grade (MG) Gundam ; adalah tingkatan yang lebih tinggi dari HG dengan parts lebih banyak, senjata lebih lengkap, mode dan pose lebih bervariatif, dan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. MG biasanya memiliki skala 1/100 atau 1/60 dengan kisaran harga Rp. 350rb – Rp. 1.5jt.

5. Perfect Grade (PG ) Gundam ; Model kit dengan parts lebih banyak, aksesoris dan senjata lebih variatif dan real, ada sedikit electrical work, skeleton (tulang), perakitan yang jauh lebih rumit. Skala 1/100 , 1/60, 1/48 dan harga yang lumayan menguras kantong (Rp. 1.5jt – Rp. 3jt).

 

6. Real Grade (RG) Gundam ; adalah tingkatan dimana detail pengerjaan MG,diaplikasikan dalam skala 1/144 milik HG, lengkap dengan rangka tulang seperti pada PG. Nah lho? kebayang gimana repotnya mengerjakan detail MG di skala 1/144. Kisaran harga antara Rp. 600rb – Rp. 1jt.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s