Perbedaan CD R dan CD RW

Compact Disk atau biasa disebut CD ( bukan celana dalam ) :D adalah media storage yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Compact Disk mempunyai beberapa tipe, dan yang akan saya paparkan disini adalah CD-R, dan CD-RW, serta pemutar / alat untuk memunculkan data yang ada dalam Compact Disk yaitu CD-ROM.

cdr
Pertama yaitu CD-R. CD-R adalah singkatan dari Compact Disk Recordable adalah piringan pipih berbahan polikarbonat berdiameter 120 mm. Untuk mengisi CD-R dengan data diperlukan sebuah perangkat drive khusus. Proses perekamnya juga dilakukan dengan perangkat lunak khusus untuk mem burning data ke dalam CD-R. Data yang ditulis didalamnya bersifat WORM ( Write Once Read Many ) yang menunjukan bahwa data hanya dapat diisi sekali dan selanjutnya hanya bisa dilihat / dibaca.
cd-rw
Kedua yaitu CD-RW yang merupakan pengembangan dari CD-R, sebenarnya dari bentuk sama dengan CD-R hanya sedikit berbeda dalam kegunaan dalam hal penyimpanan data. Perbedaanya adalah CD-RW ( Compact Disk Recordable and reWriteable ) berbahan CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman dan dapat diubah datanya berkali – kali, dapat di tambah, diganti atau dihapus sewaktu – waktu.
CD-Rom
Nah sekarang ke bagian ketiga, yaitu alat pemutar Compact Disk yaitu CD – ROM. CD-ROM ( Compact Disk Read Only memory ) yaitu media storage optikal yang identik dengan Audio dan Video. Kecepatan akses CD-ROM drive biasanya diukur dengan satuan speed ( 1 x Speed ekuivalen = 150 kbps ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s