Mengulas Teknik Viral Marketing

[Image: images?q=tbn:-pbs-ASbug2p-M]

Mengenal Bisnis Viral MarketingApa sih Viral Marketing ?

Viral Marketing, menurut bahasa, konon Viral berasal dari kata Virus sedangkan Marketing adalah Pemasaran. Jadi menurut pengertiannya, Viral Marketing adalah Pemasaran yang dijalankan yang dengan konsep seperti penularan virus yang sangat cepat sekali menjalar dan berkembang.

Dengan kata lain, Viral Marketing adalah konsep atau metode bisnis yang pemasarannya sangat cepat menjalar bagaikan virus. Dengan menggunakan sistim Viral Marketing, maka bisnis anda akan cepat mencapai sasaran kesemua orang, dan sangat cepat diketahui orang.

Saat ini, sudah banyak pebisnis baik offline maupun online yang menggunakan metode Bisnis Viral Marketing. Karena dengan metode Viral Marketing, sasarannya lebih tertarget dan lebih dipercaya orang.

Salah satu bentuk metode Bisnis Viral Marketing adalah Tell Your Friends Reward Programme (TYF Reward Program). Dimana perusahaan penyedia produk memberikan atau membagikan sebagian keuntungannya kepada member atau konsumen.

Konsep Bisnis Viral Marketing ini sebetulnya sudah ada ditengah-tengah masyarakat kita dan sebetulnya kita sudah pernah melakukannya atau merasakannya.

Untuk lebih memahaminya, saya berikan contoh sebagai berikut :

Pernakah anda makan ayam goreng yang rasanya enak ? Hmm….ngomong soal makanan jadi lapar nih ?.

Misalnya anda makan ayam goreng di suatu rumah makan Anu, dan anda merasa ayam gorengnya enak. Setelah makan, pasti anda bercerita kepada saudara atau teman atau siapa saja dan mengatakan bahwa ayam goreng di rumah makan Anu enak. Mengapa anda menceritakan ayam goreng di rumah makan Anu enak ? Karena anda berharap, mereka juga akan bisa merasakan seperti apa yang sudah anda rasakan, bisa merasakan enak nya ayam goreng. Nah….inilah yang namanya Tell Your Friend (TYF) tadi.

Kemudian, rumah makan ayam goreng Anu memberikan Reward Program, dengan cara setiap orang yang akan makan kembali akan diberi bonus teh botol, dan jika anda mengajak satu orang teman maka anda akan diberikan bonus satu potong ayam goreng. Nah, dengan adanya bonus tadi maka pasti anda akan kembali makan di rumah makan Anu tersebut dan pasti akan membawa banyak teman karena akan mendapatkan bonus ayam goreng. Jika anda mengajak 3 orang teman, maka anda sudah mendapat bonus satu teh botol dan 3 potong ayam goreng. Bagaimana jika anda membawa 20 orang teman atau 30 orang teman ? Bonus ayam goreng tadi bisa di uangkan. Hebat kan ? ? Inilah yang namanya TYF Reward Program tadi.

Nah, disini metode Bisnis Viral Marketing sudah berjalan. Yang punya rumah makan tidak perlu lagi repot dan mengeluarkan uang untuk memasang iklan, karena dengan metode diatas berita produk ayam gorengnya sudah tersebar bagaikan virus.

Dengan konsep Bisnis Viral Marketing, kita sebagai member mendapat keuntungan bonus dari belanja kita dan dari teman yang kita ajak.

 

Salah satau media untuk viral marketing adalah video. Video viral kurang lebih seperti apa yang terjadi pada Keong Racun Sinta Jojo, video citos video penampakan dll ,tetapi bisa dimanfaatkan untuk keperluan marketing. Berikut ini adalah contoh viral video yang berupa iklan. Untuk prolog, kenapa iklan dibawah ini bisa menyebar dan dilihat jutaan orang ?
kita saksikan bersam sam cekidot dech

Penampakan Citos
heboh penampakan angel di citos baru baru ini adalah kemungkinan dari sebuah viral marketing produk sebelum produk itu di pasarkan di indonesia

ini adalah video iklan yg di duga terkait video citos

siapakah yg di untungkan dgn video diatas ??
1. CITOS
2. Produk parfum pria ternama

Viral marketing pada Film
ada banyak contoh di tanah air
agar film tersebut sukses tanpa mengeluarkan dana yg besar utk promosi
dibuatlah viral marketing di film tersebut misalnya
1. kasus artis kerasukan pada saat shooting film
2. khasus penampaakan pada saat shooting
3. perkelahian jupe dan depe lemungkinan besar adalah konpirasi viral marketing
4. nada dering sari rot* di video nazarudin

dan masih banyak lagi kasus viral marketing di tanah air

dan ada juga yg memakai trik seperti berikut ini

Ada Suara Hantu Wanita di Single Baru Penyanyi Ini

[Image: Sung+Si+Kyung.jpg]

SEBELUM merilis album baru pekan ini, Sung Si Kyung meluncurkan beberapa single dalam bentuk digital.

Lagu bertajuk Oh My Goddess langsung menjadi pusat perhatian. Bukan karena musikalitas atau kualitas vokal yang ditampilkan Sung Si Kyung, namun terdengar suara hantu di lagu tersebut.

Mengutip situs Soompi (10/9), pekan lalu seorang netizen membuat heboh dengan pengakuan bahwa dia mendengar suara hantu di lagu Oh My Goddess “Di tengah instrumentalia, sayup-sayup terdengar suara seorang gadis.”

Pihak manajemen merasa hal itu tidak mungkin, karena dalam lagu tersebut Sung Si Kyung tidak berkolaborasi dengan penyanyi wanita. Manajemen juga tidak menambahkan suara perempuan di lagu Oh My Goddess.

Muncul selentingan bahwa hal ini sengaja dirancang untuk promosi album baru Sung Si Kyung. Masyarakat akan mengunduh lagu ini sekadar memastikan kebenaran gosip suara hantu yang beredar.

Album yang akan diberi judul “First” ini terdiri dari 12 lagu, dan rilis pada 17 September.

Contoh website Viral marketing

subservientchicken.com

Situs ini merupakan situs viral marketing yang sukses, yang dibuat oleh Burger King ketika mempromosikan chicken burgernya. Dengan hit yang mencapai 40 juta dalam seminggu, Viral ini tak sekedar menciptakan buzz di US namun bahkan topeng ayamnya juga sempat menjadi merchandise yang paling dicari!

Sandwich TenderCrisp pertama kali diiklankan menggunakan karakter Subservient Chicken di iklan disebut Subservient Chicken Vest. Komersial ini adalah yang pertama dalam serangkaian iklan untuk sandwich memanfaatkan garis promosi viral marketing oleh Crispin Porter + Bogusky untuk Burger King. Dalam iklan itu, seorang pria sedang duduk di ruang tamunya mengarahkan seseorang dalam setelan ayam untuk berperilaku dengan cara apapun yang ia inginkan

Website Subservient Chicken. Website promo dari Burger King ini memberikan ide kreatif baru yang menghibur. Di sini, Anda akan melihat seseorang berpakaian kostum ayam yang menggelikan. Anda bisa mengetikkan berbagai perintah, dan Anda akan melihat video orang tersebut menuruti perintah Anda. Coba saja: dance, jump, sleep, dll.

viral marketing Sarah Aprilia,

[Image: sarah-aprilia-300x225.jpg]

sarah aprilia“Butuh guru ke rumah?” Di sebelah tulisan itu terlihat seorang wanita cantik bernama Sarah Aprilia menawarkan jasanya. Terpampang nomor telpon dan email si Sarah. Poster ini ditempel di beberapa SMA di Jakarta.

Kalau Anda menelpon nomor tersebut, akan ada pesan dengan suara seksi, “Halo, aku lagi nggak bisa angkat telpon. Tinggalin pesan aja, yah.” Untuk email, silakan coba saja. Tadi sempat coba untuk di-add sebagai YM, tapi gagal.
[Image: sarah-aprilia-2-300x225.jpg]
Beredar pula video di YouTube yang isinya 2 orang anak cowok yang kesengsem melihat si guru dari atas, apalagi saat si guru menyibakkan rambutnya. Videonya bisa dilihat berikut ini.

Isu tentang dirinya hangat menjadi pembicaraan di forum Kaskus. Bahkan muncul pula di beberapa blog. Plurk dan Twitter pun ramai membicarakannya. Oh ya, si Sarah Aprilia ini sendiri punya akun di Plurk dan Facebook. Ia juga cukup rajin meng-update status-nya di Plurk. Begitu aktifnya Sarah di social media, sehingga cukup yakin kalau ini adalah praktik viral brand tertentu. Hanya saja, brand apa?

sarah aprilia 2Kalau dari kasak-kusuk cari dan tanya sana-sini, kemungkinan besar ini adalah aksi dari Axe. Ingat kampanye Axe dengan bintang Asmirandah? Ciri-cirinya khas sekali terlihat di sini, dari pendekatan wanita cantik pintar terhadap cowok yang nggak PD. Plus aksi pesan suara bila mengontak nomor telpon yang disebutkan. Lalu siapa Sarah Aprilia sebenarnya? Katanya sih sebenarnya ia adalah salah satu partisipan Putri Indonesia tahun lalu, dari Sumatra Utara, dengan nama asli Raline Rahmat Shah.

Terlepas dari Sarah Aprilia ini adalah karakter fiktif atau bukan, aksinya di social media benar-benar luar biasa. Lihat saja para pengguna Plurk yang bertanya jawab dengannya. Kita tunggu saja, apakah benar brand Axe yang berada di baliknya? Ataukah memang ternyata Sarah Aprilia ini benar seorang guru asli dan bukan buatan siapapun.

Selama kurang lebih dua bulan terakhir, pecinta dunia maya mungkin dibuat penasaran oleh gadis cantik bernama Sarah Aprilia. Figur perempuan muda cantik yang berprofesi sebagai guru les privat bahasa Inggris ini hanya muncul di internet.

Kecantikan parasnya membuat kaum Adam terkagum-kagum dan ingin segera bertemu. Dan hari Sabtu (7/11) kemarin, akhirnya Sarah benar-benar muncul di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta.

Ternyata ini adalah bagian dari strategi Marketing Men’s Division PT Mustika Ratu untuk meluncurkan produk cologne untuk pria. Selama beberapa bulan, Mustika Ratu melakukan aktivitas marketing melalui media digital berbentuk viral marketing.

Sosok gadis cantik Sarah Aprilia yang dikenal di dunia maya merupakan tokoh fiksi, sebagai bagian dari strategi viral marketing. Yang hadir di sebuah pusat perbelanjaan tersebut ternyata Raline Syah, Putri Indonesia Favorit 2008.

Strategi marketing lewat media digital yang digunakan Mustika Ratu dalam peluncuran “Bask Cologne” memang cukup unik. Sarah Aprilia yang sebetulnya fiksi mampu memikat perhatian ribuan pria lewat situs pertemanan Facebook, Twitter, dan juga Yahoo Massanggers.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s