Mengintip Kemegahan Bandara Kuala Namu Medan

Bandar Udara Internasional Kuala Namu adalah sebuah bandar udara baru untuk Kota Medan, Indonesia. Lokasinya merupakan bekas areal perkebunan PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa, terletak di Kuala Namu, Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Kuala Namu akan menggantikan Bandara Internasional Polonia yang sudah berusia lebih dari 70 tahun.

Kualanamu ini dibekali flash night, jadi ketika mau pesawat mendarat dalam keadaan cuaca yang buruk runway-nya akan menembakkan cahaya lampu yang terang, sehingga pilot sangat mudah mengetahui posisi runway yang tepat, dan tak lupa Bandara ini menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sementara kapasitas Bandara Kualanamu yang terletak di atas lahan seluas 1.365 hektare di Kabupaten Deli Serdang, disiapkan untuk melayani hingga 8,1 juta penumpang per tahun, dengan area terminal penumpang seluas 86.000 m2 (Tahap I). Bandara tersebut akan terus dikembangkan hingga mencapai kapasitas maksimalnya.

Bandara International Kuala Namu memiliki panjang landas pacu 3.750 meter yang cocok untuk didarati pesawat sebesar Boeing 747, dan mempunyai 8 garbarata. Bandara ini sanggup didarati oleh pesawat penumpang terbesar di dunia saat ini yaitu Airbus A380. Bandara ini juga adalah bandara ketiga di Indonesia yang bisa didarati Airbus A380 selain Bandara Hang Nadim dan Bandara Soekarno-Hatta.

Gede juga nih ternyata Airbus A380. Liat perbandingannya..

Bandara Kualanamu akan dilengkapi dua runway paralel, apron seluas 30 ha berkapasitas maximum 33 pesawat, terminal kargo seluas 13.000 m2 dengan kapasitas 3 pesawat (65.000 ton/ tahun), area parkir berkapasitas sekitar 1400 kendaraann roda empat taxi.

Untuk aksesibilitas, Bandara Kualanamu yang dilengkapi 10 gerbang masuk, akan didukung oleh akses jalan tol dan kereta api khusus bandara.

Pembangunan Tahap I disertai pula oleh pembangunan jalur kereta api dari Stasiun Aras Kabu di Kecamatan Beringin ke bandara yang berjarak sekitar 450 meter. Stasiun Aras Kabu sendiri terhubung ke Stasiun Medan dengan jarak 22,96 km.

Diperkirakan jarak tempuh dari Medan hingga Kuala Namu akan berkisar antara 16-30 menit. Harga tiket kereta api Kuala Namu-Medan PP akan berkisar sekitar 80000 Rupiah.

Bandara ini akan dilayani bus Damri dari dan ke Kota Medan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Terdapat jalan arteri yang menghubungkan Kota Medan dan Bandara. Jalan Tol Medan-Kuala Namu saat ini sedang dalam tahap pembuatan. Direncanakan jalan tol ini akan selesai pada tahun 2014. Jalan tol ini adalah termasuk jalan tol Trans-Sumatera.

Disisi biaya, Kementerian Perhubungan menyatakan pembangunan Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, telah menghabiskan anggaran Rp 5,8 triliun..

Keadaan Bandara di Malam Hari

Finishing

Keadaan Dalam Bandara


Pembangunan Stasiun Kereta Api

Proses pengerjaan tahap penyelesaian Stasiun Kereta Api Bandara yang akan difungsikan sebagai alat transportasi penumpang.

Mobil PMK Canggih
Dua unit pemadam kebakaran canggih ini namanya Carmichael Cobra.

Truk berwarna merah ini dikenal juga sebagai robot bernama Sentinel Prime di film layar lebar ‘Transformers: Dark of The Moon’ besutan sutradara Michael Bay. Dalam film itu, Sentinel yang berwujud robot raksasa bisa menyamar jadi truk Carmichael Cobra saat berada di jalanan umum.

Sentinel yang awalnya baik malah membelot ke pihak musuh di akhir filmnya. Nah, semoga Sentinel Prime versi Bandara Kualanamu tidak ikutan jadi jahat karena mereka tugasnya mengamankan pesawat jika terjadi kecelakaan, misalnya kebakaran.

Truk yang berukuran cukup panjang ini tidak membutuhkan banyak personel. Cukup satu orang saja sudah bisa untuk membawa truk ini ke lokasi kebakaran sambil menyemprot air. Harga truk ini pun tidak murah, satu unit harganya sekitar Rp 7-8 miliar.

 

credit : Kaskus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s