Video : Kecelakan Kereta Api di Spanyol

Kereta Anjlok di Spanyol, 77 Peziarah Katolik Tewas

Jumlah korban tewas dalam kecelakaan kereta api penumpang di barat laut Spanyol naik menjadi 77 orang pada hari Kamis setelah kereta melompat dari jalurnya sebelum tiba di kota suci barat laut Santiago de Compostela, kata seorang pejabat Spanyol. Sebagian besar korban adalah peziarah Katolik yang akan merayakan Festival St James.

Tujuh puluh tiga orang ditemukan tewas di tempat kejadian kecelakaan dan empat meninggal di rumah sakit, kata Maria Pardo Rios, juru bicara pengadilan Galicia. Setidaknya 141 orang terluka setelah kereta dengan delapan gerbong yang membawa 218 penumpang tergelincir satu jam sebelum matahari terbenam pada Rabu.

Ini adalah kecelakaan kereta paling mematikan di Spanyol sejak 1972. Saat itu, sebuah kereta bertabrakan dengan sebuah bus di barat daya Spanyol, menewaskan 86 orang dan melukai 112 lainnya.

Petugas penyelamat menghabiskan malam dengan mencari korban. Pardo mengatakan ada kemungkinan akan ditemukan lebih banyak korban tewas di tempat kejadian.

Gulingnya kereta disertai musibah lain, yaitu terbakarnya salah satu gerbong. Warga membantu tim SAR mengeluarkan korban dari kobaran api. Tayangan televisi menunjukkan seorang pria di atas kereta menggunakan kapak memcoba menghancurkan jendela untuk menyelamatkan korban. Warga lain membantu menggunakan batu.

Operator kereta, Renfe, dalam sebuah pernyataan menyatakan tak jelas berapa awak kereta yang turut menjadi korban. Media Spanyol mengatakan kereta memiliki dua konduktor kapal dan keduanya selamat.

Pejabat pemerintah Spanyol menolak mengomentari kemungkinan penyebab kecelakaan namun mereka menyatakan tidak ada kecurigaan akibat aksi terorisme. Penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan masih terus dilakukan.

Perdana Menteri Mariano Rajoy sedang menuju ke lokasi kecelakaan. Ia yang lahir di Santiago de Compostela membatalkan upacara festival keagamaan tahunan yang menarik puluhan ribu peziarah Katolik dari seluruh dunia itu.

Peziarah Katolik berkumpul di kota untuk merayakan festival menghormati St James, murid Yesus yang dimakamkan di kota ini. Kota ini merupakan titik pertemuan utama bagi umat Katolik di Eropa sejak Abad Pertengahan.

Usai kejadian itu, Montesco berusaha menyelamatkan penumpang lain yang terjebak dalam gerbong. Ia bersama penumpang lain berusaha menarik mereka yang tergencet di bagian bawah gerbong. »Kami mencoba menarik keluar,” kata Montesco kepada stasiun radio Cadena Ser.

Mentsco yang berada di gerbong kedua bersama penumpang lain kemudian melihat ada gerbong yang terbakar.  Ia juga melihat mayat penumpang yang tak selamat. »Kami menyadari kereta terbakar …. Aku berada di gerbong kedua dan ada api …. Saya melihat mayat,” kata dia.

Kecelakaan kereta api di Kota Santiago de Compostela, Spanyol menewaskan sedikitnya 78 orang. Ini kecelakaan terburuk dalam lima tahun terakhir di Negara itu. Kepolisian masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang mengakibatkan 140 penumpang terluka, 36 di antaranya luka serius tersebut. (Baca: Kereta Anjlok di Spanyol, 77 Peziarah Katolik Tewas)

Ini merupakan kecelakaan terburuk di negara itu dalam beberapa dekade terakhir. Keamanan rel Spanyol tergolong lebih baik daripada rata-rata Negara di Eropa. Badan Kereta Api Eropa mencatat Spanyol berada pada peringkat 18 dari 27 negara berdasarkan kematian per kilometer perjalanan kereta api. Ada 218 kecelakaan kerta api di Negara itu antara 2008-2011 jauh di bawah rata-rata Uni Eropa yang mencapai 426 kali.

Kecelakaan dengan korban sebanyak itu terjadi pada 1972 di Andalusia. Tabrakan kereta kala itu menyebabkan penumpang tewas antara 76 dan 86 orang. Tom Burridge kepada BBC mengungkapkan Madrid telah menggelontorkan uang yang banyak untuk jaringan kereta .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s