AKM29 Siap Saingan Dengan JKT48

Meski demam boyband dan girlband tidak begitu kentara belakangan ini, ada saja grup-grup baru yang bermunculan dan menggantungkan harapan di pentas musik. Salah satunya adalah AKM 29.

AKM 29 merupakan kependekan dari Amazing Kord Male, berisikan 14 anak muda; Taka (22), Yoshua (21), Dicky (24), Batara (21), Riki (22), Norman (25), Rangga (22), Firman (22), Ludra (20), Samuel (21), Sultan (18), Soja (23), Yogi (16), dan Dava (14).

Uniknya, mereka dikumpulkan bukan karena memiliki jenis vokal yang sama, melainkan dari berbagai jenis musik. Ada yang bisa berdendang dangdut, pop hingga hip-hop lho. “Sejak terbentuk beberapa bulan lalu, kami sengaja memertahankan format seperti ini. Jadinya diminta menyanyikan lagu apa saja kami bisa,” ungkap Jimmy CK, selaku produser boyband tersebut, saat berbincang dengan wartawan di Tugu Tani, Jakarta Pusat, Sabtu (26/7/2013).

Kreasi mereka dalam bermusik, membuat AKM 29 optimistis bisa menarik perhatian masyarakat. Buktinya, single debut mereka, ‘Oh Girl’, mendapat respon yang positif. “Kalau dilihat, disini kompilasi. Kami buat yang beda dari grup lain. Suaranya jg beda ada yang ke dangdut, rock, dan rap. Ini yang bikin kami mantap bermusik,” tutur salah seorang personel, Ricky.

Namun, ada tantangan besar ketika membawa 14 kepala di panggung musik. Tak mudah, menyatukan karakter dan juga ego. Belum lagi, aktivitas mereka di luar dunia musik amat variatif. Ada pelajar dan juga pekerja.

“Kami harus pahami karakter masing-masing. Kami terbuka sesama tim, dengan begitu kami dapat pahami karakter teman-teman. Itu bisa menghindari ego tinggi dan membuat kami solid,” pungkas Ricky.

 

Kemeriahan boyband di industri musik Tanah Air seperti tak pernah surut. Kali ini, boyband AKM 29 hadir membawakan sentuhan berbeda dalam penampilannya. Apa itu?

Perbedaan nampak terlihat saat grup yang baru terbentuk tiga bulan itu memiliki 14 personel. Tak hanya itu, AKM 29 juga menggabungkan ketiga aliran musik yaitu dangdut, rock, dan rap.

“Kalo kita lihat grup boyband, tidak ada yang beragam. Jadi disini kompilasi, para seni tarik suara yang berkreasi. Kita buat yang beda dari grup yang lain. Ini gabungan aliran musik, unik,” kata Jimmy CK selaku produser grup usai mengadakan sahur on the road dengan warga kurang mampu di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2013) dini hari.

Menggabungkan ketiga genre musik dalam satu lagu pun dirasakan sulit. Namun, hal itu justru jadi tantangan tersendiri bagi produser menciptakan sebuah karya yang enak didengar.

“Mereka digabungkan dengan latar belakang yang beda. Kesulitannya juga mereka punya aktifitas sendiri. Ada yang kuliah, sekolah, dan kerja. Ketemunya malam. Rumahnya juga jauh-jauh. Berbagai karakter disini beda-beda dan digabungkan, mereka solid,” papar Jimmy.

AKM 29 sendiri diisi oleh Taka (22 tahun), Yoshua (21), Dicky (24), Batara (21), Riki (22), Norman (25), Rangga (22), Firman (22), Ludra (20), Samuel (21), Sultan (18), Soja (23), Yogi (16), dan Dava (14). Lantas apa arti nama grup mereka?

“AKM itu kepanjangannya Amazing Kord Male. Pertamanya kebetulan nama grup kita dikasih dari label. Namanya waktu itu Amazing King Male. Tapi diganti, karena ‘king’ udah mewakili laki-laki jadi diganti,” ujar Dicky.

Meski baru dibentuk selama tiga bulan, Dicky cs rupanya sudah menyiapkan dua single. “Single pertama ‘Lelaki Super’. Yang kedua ‘Oh Girl’. ‘Lelaki Super’ sudah rilis. Responnya baik,” tuturnya.

Menjadi boyband, para anggota AKM 29 sadar betul kalau mereka selalu siap menyajikan penampilan yang terbaik buat para fans. Mereka pun latihan terus seminggu tiga kali dengan porsi latihan selama tiga jam.

“Kalau untuk kostum kadang seragam. Biasanya, warna sama, tapi karakter beda. Kalo yang rap dan rock punya karakter masing-masing. Kalo untuk koreografi, kita lebih ke hip-hop,” tandas Batara yang basicnya sebagai penari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s