Cara Menghentikan Anak yang Kecanduan Gadget

Tips anak kecanduan gadget, seringkali Anda bingung menemukan cara yang tepat agar si kecil tidak melulu bermain gadget. Tak sedikit juga orangtua mengutarakan kekhawatirannya tentang anak mereka yang terlalu asik bermain gadget. Ditambah kehadiran ponsel pintar yang menawarkan fitur-fitur menarik untuk anak, malah membuat si kecil menjadi hobi bermain gadget.

Rata-rata anak jaman sekarang mendengarkan musik dari gadget selama 2,5 jam, 5 jam untuk nonton TV dan film, 3 jam main internet dan video games dan hanya 38 menit membaca dalam seharinya. Jika kegiatan ini terus-menerus dilakukan setiap harinya, kemungkinan besar anak akan kehilangan keterampilan sosial untuk berinteraksi dengan orang lain dan ia akan kehilangan kegembiraan saat bersama keluarga.

Kecenderungan anak yang selalu mengurung diri bermain gadget seharusnya diwaspadai sejak dini. Berikut tips anak kecanduan gadget yang bisa membantu Anda agar anak tidak kebablasan bermain dengan gadget kesayangan mereka.

https://i1.wp.com/sharingdisini.com/wp-content/uploads/2012/11/anak-kecanduan-teknologi.png

Awasi dan batasi penggunaan gadget

Anda sebaiknya ikut memonitori dan memberikan batasan penggunaan gadget. Misalnya, saat berwisata atau makan malam bersama, seluruh anggota keluarga dilarang membawa gadget. Pastikan Anda konsisten melakukannya dan bersikaplah tegas. Jika Anda memiliki anak keras kepala yang menolak aturan tersebut, jelaskan konsekuensinya jika anak tidak mentaati aturan yang telah disepakati.

Alihkan perhatian anak dari gadget

Libatkan anak dalam aktivitas fisik di luar rumah, seperti bersepeda, bermain petak-umpet, atau berenang. Tentukan rencana dan tanggal agar anak bisa pergi ke taman bersama teman-temannya. Jika cuaca di luar tidak memungkinkan, Anda bisa bermain di rumah dengan melibatkan anggota keluarga, seperti bermain monopoli, bercerita, memasak, dan kegiatan lainnya.

Berdiskusi dengan anak

Mulailah dengan diskusi ringan dan terbuka dengan anak tentang batasan-batasan yang ditetapkan. Bila anak marah ketika Anda mengambil gadgetnya, jelaskan pada mereka alasan Anda membatasi waktu bermain gadget dan beri pemahaman tentang pentingnya bersikap bijak menggunakan gadget.

Tips anak kecanduan gadget di atas bisa Anda terapkan sedini mungkin. Pembatasan anak bermain gadget juga dilakukan demi kesehatan mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s