Ayu Mei Ria S Mahasiswa Univ Brawijawa yang Menyalahgunakan Uang Kuliah Tunggal

Apa itu Uang Kuliah Tunggal ?

Uang Kuliah Tunggal atau yang biasa disebut dengan UKT adalah besaran biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa pada setiap semester. UKT sendiri dibagi ke dalam 5 kelompok. Bagi calon mahasiswa baru Universitas Diponegoro tahun akademik 2013/2014 yang orang tua atau penanggung biaya yang mampu secara ekonomi dikenakan UKT pada kelompok V (lima) Sedangkan bagi yang tidak mampu secara ekonomi dapat dikenakan UKT pada kelompok lainnya.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlakukan di Universitas Diponegoro dan Perguruan Tinggi Negeri Lainnya di Indonesia adalah kebijakan yang ditujukan untuk lebih membantu dan meringankan biaya pendidikan mahasiswa. Penetapan uang kuliah tunggal memberikan kemudahan untuk memprediksi pengeluaran biaya kuliah mahasiswa tiap semester dan dipastikan tidak ada biaya tambahan lain-lain lagi.

Undip dalam menetapkan biaya UKT didasarkan pada kebutuhan komponen biaya yang diperlukan selama mahasiswa belajar dalam 8 Semester. besar kecilnya biaya yang dikeluarkan juga mengikuti besar kecilnya kebutuhan seperti biaya praktikum di masing-masing program studi.

Prodi Matematika, Manajemen dan Akuntansi di Undip maksimal 7,5 juta. Sedangkan untuk Prodi Pertanian dan Peternakan maksimal 5 juta, FIB maksimal 5,5 juta, Fisip maksimal 6. 250.000. Berkaitan dengan UKT ini Undip memberikan kemungkinan untuk pembayaran biaya Rp. 0,- terutama bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, tentunya dengan dibuktikan data dan persyaratan dari pihak yang berwenang, disinilah letak kelebihan UKT, dimana prinsip subsidi silang UKT yang didasarkan pada kondisi sosial ekonomi orang tua / wali mahasiswa.

Dalam beberapa kesempatan Rektor Undip Prof.Sudharto P Hadi mengatakan bahwa penetapan uang kuliah tunggal memberikan kemudahan untuk memprediksi pengeluaran biaya kuliah mahasiswa tiap semester dan dipastikan tidak ada biaya tambahan lain-lain lagi seperi Praktikum, KKN dan Wisuda

Prinsip subsidi silang UKT adalah pada jenjang UKT yang didasarkan atas kondisi sosial ekonomi orang tua/wali mahasiswa. Sedangkan pada sistem lama, subsidi silang didasarkan pada jalur masuk. Padahal pada jalur SNMPTN tidak semua mahasiswa adalah tidak mampu. Demikian juga pada jalur SBMPTN dan UM, tidak semua mahasiswa adalah dari kalangan ekonomi kuat.

Pemberlakuan UKT di Undip benar-benar menjunjung tinggi rasa keadilan, silahkan bagi yang tidak mampu untuk mengisi pengajuan pembayaran nilai UKT diluar kategori V, tetapi semuanya harus diisi dengan jujur dan benar dan itu bisa dilakukan dengan sistem secara On Line oleh wali calon mahasiswa

“Memanipulasi data sosial ekonomi untuk mendapatkan UKT yang murah sesungguhnya memakan hak orang miskin, pendidikan harus didasari kejujuran karena memanipulasi berarti mengajarkan kepada anaknya untuk dari awal tidak jujur. Saya berharap para orang tua dan wali mahasiswa yang mampu tidak merasa keberatan untuk membiayai anaknya menimba ilmu di Undip, karena itu amanah” jelas Rektor

“Para mahasiswa yang sengaja memalsukan atau diketahui memalsukan data akademik dan kondisi sosial ekonomi demi mendapatkan bidik misi dan UKT yang rendah akan dibatalkan kelulusannya” ujarnya.

yaps, itulah sekilas seputar UKT yg akan saya bahas kali ini, sebenernya MABA a.k.a MAHASISWA BARU yg menjadi trending topic di jejaring sosial ini berasal dari Unbraw, bukan Undip, cuma karna di google dapetnya dari Undip, ya ane masukin dari Undip, toh basicnya sama, tapi mugkin beda di besara biaya saja, contoh, Undip UKT 5 adalah 7,5 juta per semester, dan UGM UKT 5 adalah 7,350 jt per semester, beda tipis kan
baik, inilah yg akan kita bahas

Silent Reader posting

dari pandangan ane gan :
1. ternyata ayumeiria anak orang kaya punya pembantu.
2. pada saat pengumuman UKT dia keluar kota 2 hari.
3. nah si ayumeiria nyuruh tu pembantu buat buka website buat ngecek UKTnya ternyata cuma tembus 1 jt ato 2 jt (ane ga tau detail)
4. pembantu ngetwit kek gitu ke official UB

point 2 – 3 masih logis lah. yang ke 4? si ayumeiria ikhlas gitu ngasih tau id+pass twitternya? ini yg ga masuk di akal.
nah sekarang buat pembantunya yg akunnya baru buat sehari buat pengklarifikasian. << menurut gw ini wajar bgt karena pembantu yg sesungguhnya adalah pembantu yg ga pernah online, lebih mending bersih” rumah tapiiii, balik lagi ke tadi. pembantu yg belum pernah buat akun twitter tiba” bisa langsung make twitternya juragannya kalopun itu disuruh?
dan agan agan disini pada bingung kok assisten? dia bilang “kalo bilang pembantu terlalu kasar” aslinya assistennya dia = pembantunya dia
itu gan sekilas pandangan ane

habis buka picnya di twitter :
menurut gw dia cewe cantik high quality lah bisa dibilang gtu (lah kan kaya ato enggaknya ga diliat dari cantiknya) OKE GAN!
1. dia punya BB
2. dia punya Kucing Anggora
3. dia punya SLR
4. berpenampilan modis
5. punya pembantu
6. berteman dengan teman sederajat (bawaannya mobil)

dari point 1-6 dia dapet UKT 1-2jt? *are u f*cking killing me?*

credit : KASKUS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s