Memberi Tekanan Pada Diri Sendiri

Cara-Memberi-Tekanan-Pada-Diri-Sendiri

Namanya manusia kan emang beda-beda ya sifatnya. Demikian juga dengan cara seseorang bekerja. Ada orang yang akan efisien kerjanya kalau diberi kebebasan, ada orang yang efisien kerjanya kalau dikontrol terus sama atasannya, ada juga orang yang emang harus dikasih tekanan baru bisa kerja.

Ngomong-ngomong, yang MBDC maksud dengan ‘kerja’ di artikel ini bisa berarti apa aja ya. Bisa berarti kerja kantoran, bisa berarti ngerjain tugas sekolah atau kuliah, bisa juga maksudnya nulis artikel ginian.

Nah artikel ini ditujukan untuk kamu yang baru bisa kerja kalau ada tekanan.

1. Bikin Deadline Sendiri

Ini emang ampuh banget sih. Jadi misalnya kamu ada tugas gitu, deadlinenya katakanlah akhir bulan depan, tapi kamu susah mulai ngerjain kalau kamu tau deadlinenya masih jauh.

Nah cara yang paling ampuh untuk mengusir rasa malas tersebut adalah dengan bikin deadline sendiri. Misalnya deadlinenya tanggal 30 bulan depan, kamu bikin deadline untuk kamu sendiri, tanggal 15, jadi biar tanggal sepuluhan  gitu kamu udah mulai ada urgensi untuk ngerjain tugas kamu.

Cara ini juga bisa bermanfaat buat kamu meskipun kamu nggak males-males banget. Siapa tau nanti satu minggu sebelum deadline kamu diajak sama Kate Upton liburan ke Bali gitu, nyesel kan kalau musti nolak gara-gara diuber deadline? Ya agak nggak mungkin sih sebenernya diajak liburan sama Kate Upton, tapi gak papa deh.

2. Kasih Sanksi

Poin nomor dua ini semacam follow up dari poin nomor satu. Setelah kamu bikin deadline untuk kamu sendiri, kamu bisa mulai memilih-milih sanksi yang akan kamu kasih ke kamu sendiri kalau kamu nggak berhasil ngelarin kerjaan kamu di deadline yang udah kamu bikin sebelumnya.

Sanksinya bisa apa aja sih, terserah kamu, yang penting cukup untuk memotivasi kamu ngejar deadline. Misalnya kalau kamu nggak bisa nepatin deadline yang kamu bikin sendiri, kamu akan mentraktir makan semua orang di kantor MBDC gitu. Win-win kan? Kamu jadi termotivasi, MBDC jadi ngarep kamu gagal.

3. Kasih Reward

Kalau kamu bukan orang yang suka menghukum dan kurang setuju dengan metode di poin kedua, kamu bisa juga ngasih reward untuk diri kamu sendiri, bukan sanksi.

Secara garis besar sih sama kayak poin kedua, setelah kamu bikin deadline, kamu pilih reward yang akan kamu kasih untuk kamu sendiri. Misalnya kalau udah berhasil nepatin deadline, kamu boleh jajan. Jajan apa? Terserah kamu.

4. Stress Pressure

Kalau cuma sekedar deadline doang nggak bisa bikin kamu termotivasi dan kamu butuh dosis stress yang ekstra, kamu bisa juga coba bikin anak. Dijamin dapet stress pressure selama minimal delapan belas tahun kedepan.

Copyright Mbdc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s