Istilah Dalam Idol Jepang

https://alfredoeblog.files.wordpress.com/2013/08/92e80-theater1.jpg

Dalam dunia idoling, khusunya di jepang, banyak terdapat istilah-istilah yang memiliki makna tersendiri. Sebagai fans JKT48 yang merupakan bagian dari sister group salah satu idol group jepang, AKB48, tidak ada salahnya kita pelajari istilah-istilah tersebut!. Langsung keTKP

1. Idol Group

Makna dari Idol group sebenarnya adalah sebuah kelompok idol (idola) yang bisa dibilang multi talent, mereka bisa melakukan banyak hal yang bersifat menghibur seperti bernyanyi, menari, berakting dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri idol group yang pertama adalah JKT48 yang merupakan sister group dari Idol Group Jepang, AKB48.

2. Kenkyuusei

Kenkyuusei dalam dunia idoling Jepang adalah siswa magang atau training, jadi kenkyuusei ini adalah member-member baru dalam sebuah idol group yang sifatnya masih “cadangan” mereka dipersiapkan untuk menggantikan atau mem-back up kakak-kakak kelas mereka jika suatu saat tidak bisa tampil.


3. Jikoshoukai

Jikoshoukai adalah penyebutan dalam bahasa Jepang untuk memperkenalkan diri (Inggris : Introduction). Dalam dunia idol Jepang, semua member idol group biasanya mempunya Jikoshoukai (sering disebut Jiko) masing-masing, biasanya terdiri dari sepatah kata yang menggambarkan bagaimana si member tersebut.

4. Wota

Banyak yang menganggap wota adalah sebutan bagi para fans JKT48 dan 48 family lainnya, anggapan ini adalah salah besar. Wota sendiri diambil dari bahasa Jepang yaitu Wotaku yang artinya seseorang yang punya dedikasi tinggi terhadap hobinya dan istilah wotaku ini bersifat umum atau general, jadi bukan hanya digunakan pada 48 family.

5. Wotagei

Wotagei adalah sebuah gerakan atau tarian yang biasa dilakukan para fans idol group untuk mendukung idolnya yang sedang perform.


6. Chant

Chant adalah teriakan-teriakan atau yel-yel yang diteriakan oleh para fans idol group ditengah-tengah lagu untuk menyemangati idolnya dan memeriahkan suasana, dalam chant ada juga yang disebut member call.

7. Oshimen / Oshi

Oshimen atau sering disebut oshi adalah member idol group yang sangat diidolakan oleh seseorang. Misalnya Jono sangat mengidolakan Nabilah di JKT48, maka Nabilah adalah oshimen dari Jono.

8. Oshihen

Oshihen adalah saat dimana seseorang mengganti oshi nya karena suatu alasan.

9. Oshimashi

Oshimashi adalah menambahkan satu member menjadi oshinya, jadi seseorang bisa memiliki lebih dari satu oshi dalam sebuah idol group.

10. Tanoshi

Tanoshi adalah istilah yang berarti seseorang hanya mendukung oshinya tanpa mendukung groupnya. Misalnya Jono, dia hanya mendukung Nabilah tapi tidak JKT48 nya, maka Jono disebut Tanoshi.

11. Kami-oshi

Kamioshi adalah saat dimana seseorang sangat mengidolakan oshinya bahkan sampai memujanya, terkadang Kamioshi bahkan menyetarakan idolnya dengan tuhannya.

12. Daredemo Daisuki

Daredemo Daisuki berarti menyukai semua member dalam suatu idol group dan tidak memiliki oshi.


13. Minna Daisuki

Minna Daisuki pengertiannya mirip dengan Daredemo Daisuki yaitu menyukai semua member dalam sebuah idol group, tapi Minna Daisuki masih memiliki oshimen

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s