Cara Install BBM di Android dan iOS

https://i1.wp.com/www.nyunyu.com/medias/2013/05/20/images/Masih-Mau-Pake-BlackBerry-.jpg

BBM bisa di-download tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Namun sayangnya, hanya pengguna ponsel tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Bagi pengguna yang belum pernah menggunakan BBM sebelumnya, tentu perlu “berkenalan” lebih dulu. Untuk secara detail tentang bagaimana mendapatkan aplikasi tersebut, hingga mengoperasikannya nanti. Pengguna Android maupun iPhone dengan spesifikasi minimal yang tadi disebut, bisa mengunjungi situs http://www.bbm.com.

“Ini super Web, bukan website biasa. Pengguna bisa mengaksesnya langsung dari perangkat mereka. Cukup memilih installer di Play Store atau App Store. Lalu, unduh,” terang Krishnadeep Baruah, Senior Director Marketing APAC for BlackBerry Messenger, di Jakarta, Kamis (19/09/2013).

Setelah diunduh, pengguna akan diminta untuk registrasi BlackBery ID. Pendaftaran ini hanya dilakukan sekali untuk mendapatkan nomor pin, seperti yang ada di perangkat BlackBerry. Nomor ini yang nantinya jadi ID BBM Anda.

Dari situ, Anda akan ditawarkan untuk mengundang teman, kerabat, kolega, hingga saudara dari berbagai akun media sosial yang Anda punya. Misalnya, mengundang teman-teman di Facebook agar memakai BBM lintas platform juga. Ada pula pilihan Twitter, LinkedIn, Foursquare, dan sebagainya.

Pengguna juga bisa menghubungkan BBM ke beberapa akun media sosial jika mau. Dengan begitu, update apa yang terjadi pada BBM juga akan terjadi di Facebook, Twitter, dan seterusnya.

Setelah itu, Anda akan masuk ke tampilan muka BlackBerry Messenger. Proses instalasi selesai. Anda bisa menambah teman dari Options (logo BB). Bagi yang sebelumnya pernah menggunakan BlackBerry, tentu ini bukan hal yang sulit.

Tampilan depan BlackBerry Messenger.

Ke depan, yang membuat BBM lintas platform ini menarik adalah fitur BBM Video, yang memungkinkan pengguna melakukan video chatting, seperti halnya Skype, Yahoo Messenger, atau FaceTime di Apple.

Selain itu, ada juga BBM Voice jika Anda ingin mengobrol dengan lawan bicara tanpa harus memotong pulsa telepon. Karena layanan ini berjalan dengan layanan data alias Internet.

CARA INSTALL

Seperti ditegaskan oleh Yolanda Nainggolan, PR Manager BlackBerry Indonesia, BBM bisa di-download tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Namun sayangnya, hanya pengguna ponsel tertentu saja yang bisa menikmatinya.

“Kami tegaskan, BBM di iOS dan Android itu gratis. Tak perlu beli atau bayar. Namun, yang bisa download cuma pengguna smartphone Android versi 4.0 ke atas, juga iPhone dengan iOS 6 atau 7 saja. Tablet maupun Windows Phone belum bisa,” jelasnya kepada detikINET di the Foundry, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Yolanda pun menjelaskan secara detail tentang bagaimana mendapatkan aplikasi tersebut, hingga mengoperasikannya nanti. Pengguna Android maupun iPhone dengan spesifikasi minimal yang tadi disebut, bisa mengunjungi situs http://www.bbm.com.

“Dari situ, bbm.com akan mendeteksi apakah perangkat yang digunakan sudah terinstalasi atau belum, mendukung atau tidak. Nah, kalau belum, nanti akan diarahkan ke Google Play atau ke App Store untuk download aplikasinya. Kami sarankan downloadnya menggunakan Wifi,” urainya.

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2013/09/19/317/185310_bbmandroidbbos460.jpg

Setelah berhasil didownload, pengguna diharuskan untuk registrasi atau sign up terlebih dulu untuk membuat akun BlackBerry ID dengan cara memasukkan akun email. Yolanda juga menjelaskan, satu akun BlackBerry ID ini hanya untuk satu handset saja.

“Sebab, jika akun BlackBerry ID ini masih digunakan di handset lain, misalnya di ponsel BlackBerry, otomatis data kontak yang ada di handset BlackBerry akan berpindah ke handset yang terdaftar baru ini, ya ke Android atau iPhone,” kata Yolanda.

Setelah sign up BlackBerry ID, pengguna iPhone maupun Android akan mendapatkan PIN unik layaknya PIN BlackBerry. “Karena pengguna BBM akan menggunakan PIN, bukan nomor telepon seluler atau alamat email. Jadi lebih private dan kita selalu bisa mengontrol orang yang ada di kontak list kita,” jelasnya lebih lanjut.

Setelah BBM aktif, maka pengguna aplikasi ini sudah bisa melakukan segala aktivitas layaknya pengguna BlackBerry OS pada umumnya. Untuk invite kontak pengguna BBM lainnya, caranya juga sama,

“Untuk invite teman, caranya sama persis dengan pengguna BlackBerry biasa. Bisa dengan invite PIN, scanning barcode, invite pakai akun email, juga bisa lewat SMS,” katanya.

Pengguna BBM di iPhone dan Android juga bisa menikmati fitur-fitur yang ada, semisal BBM chat, BBM group, BBM broadcast message. Ke depannya, fitur BBM Channel juga akan merambah masuk untuk memonetisasi layanan ini.

“Sekarang masih belum ada (monetisasi), masih chat dan group saja, persis seperti yang di BB OS. Semua masih free dan belum ada yang berbayar. Nanti untuk monetisasinya, akan ada pengumuman lagi setelah ada perkembangan lebih lanjut,” pungkas Yolanda.

Setelah anda sukses mengunduhnya, sejatinya anda telah memiliki aplikasi BBM di Android maupun di iOS device yang anda miliki. Namun anda belum bisa menggunakan aplikasi BBM tersebut, karena belum dilakukan aktifasi pengguna. Aplikasi BBM memang memiliki sistem yang unik dan berbeda dengan messenger cross platform lainnya.

Untuk bisa mengaktifkan BBM for Android atau BBM for iOS yang telah terinstall di smartphone anda, langkah penting pertama kali yang harus anda lakukan adalah melakukan registrasi Blackberry ID di sini. Pendaftaran Blackberry ID hanya bisa dilakukan satu kali untuk sebuah handset Android, guna mendapatkan nomor PIN. Nomor ini nantinya akan menjadi ID BBm anda.

Saat setelah registrasi Blackberry ID maka aplikasi secara otomatis akan memberikan penawaran undangan pertemanan, pada menu ini anda bisa mengundang sahabat dan teman anda untuk bergabung menggunakan aplikasi BBM di Android. Pada fitur ini anda bisa mengundang sahabat anda dengan menggunakan akun sosial media yang anda miliki.

Pada langkah selanjutnya anda akan dihadapkan pada seua jendela dimana anda bisa menambahkan nomor PIN sahabat anda agar tetap bisa terkoneksi dengan akun anda. Kedepan beberapa fitur BBM untuk Android dan iOS akan mulai ditambah, untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satunya adalah fitur BBM Video yang memungkinkan pengguna melakukan video chatting, yang layaknya Skype, YM dan FaceTime yang menjadi andalan Apple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s