Tahap Menawar Yang Umum Dilakukan Orang Waktu Belanja

Tahap Menawar Yang Umum Dilakukan Orang Pas Belanja

Siapa coba yang gak pernah nawar. Hampir semua orang kalo lagi belanja pasti pernah nawar, dan tau gimana caranya nawar. Ada yang jago, dengan sekali nawar langsung dapet, ada juga yang udah nawar tapi gak dapet sesuai yang diinginkan. Ini sebenernya tergantung seberapa gigihnya kamu nawar dan seberapa taunya kamu dengan teknik menawar. Gak, kamu gak perlu ngeluarin duit buat les biar bisa jadi jagoan nawar, yang perlu kamu lakuin cuma baca artikel ini sampe selesai. karena MBDC bakal kasih step by step proses menawar yang paling umum dilakukan orang, dan biasanya berhasil. Mari kita belajar bersama. Oiya, lupa. Kamu nawar bukan berarti kamu gak punya duit, melainkan sebuah kebanggaan tersendiri bisa memenangkan perperangan tawar-menawar dengan sang penjual.

1. Nawar

Tentunya kamu harus nawar dong. Kalo kamu liat barang terus dikasih tau harganya berapa dan kamu langsung bayar itu mah namanya case closed, dan kamu boleh walk out dari artikel ini. Tapi kalo kamu pecinta tawar penawar kamu bisa terus duduk manis dan nerusin baca. Nah, biasanya kalimat utama yang bisa kamu keluarin untuk membuka proses tawar menawar Aladdin

“Mahal Banget?”–> Ini adalah pembuka jalan, dan biasanya penjual bakal jawab “Bisa kurang kok” atau “Emang segitu harganya”–> jangan mudah percaya, karena biasanya penjual itu suka boong, dan kamu boleh lanjutin dengan

2. Bikin Perbandingan

Bilang ke penjualnya dengan membandingkan harga yang udah kamu research terlebih dahulu atau nggak kamu bluffing aja lah dikit, pura-pura tau harga padahal sih nggak. Boong dikit gapapa. Tapi inget, kamu juga harus sertakan kata-kata “Tapi barangnya lagi abis di toko itu” karena dengan demikian kamu gak terlihat bodoh atau sedang membodoh-bodohi penjual yang mungkin bisa bilang “Ya mas/mba beli aja di toko itu”. Kalo sampe tahap ini kamu belum sukses, kamu bisa terusin ke tahap berikutnya

3. Yakinkan Kalau Kamu Pelanggan Potensial

Orang jualan itu kan pengen barangnya laku kan ya? Nah, dengan menunjukan kalau kamu adalah salah satu pelanggan yang bisa memberikan kemakmuran buat si penjual udah tentu kamu bakal dikasih hak istimewa. Yang bisa kamu lakuin adalah bilang kalo kamu nanti bakal beli lagi di toko ini atau kamu bisa bilang “Nanti saya promosiin deh tokonya biar banyak yang belanja ke sini”. Kalo perlu tunjukin jumlah follower twiiter kamu yang jutaan itu. Teknik ini belum berhasil meluluhkan hati penjual? Kalau gitu kamu boleh lakukan hal berikut

4. Masukan Unsur Kedaerahan

Kayaknya udah ada peraturan gak tertulis gitu soal saling bantu sama orang yang berasal dari daerah yang sama. Hal ini pun berlaku dalam situasi tawar menawar. Teknik ini jarang sekali gagal, dan yang sering menggunakannya itu biasanya ibu-ibu. Jadi yang harus kamu lakuin adalah mengetahui dari mana asal si penjual. Kalo kamu ternyata juga berasal dari daerah yang sama dengan penjual, kamu bisa bilang “Wah, kampung kita sama mas”–> Kalo bisa digunain pake bahasa daerah yang bersangkutan. Tapi, kalo ternyata asal daerah kamu dan penjual berbeda, kamu bisa belaga bego dengan ngomong,“Kita kan saudara juga mas, sama-sama cucu Adam” atau langsung menuju tahap berikut

5. Sentuh Sisi Kemanusiannya

Masa sih orang gak mau bantu orang yang lagi kesusahan. Nah, kalo kamu udah kewalahan dengan pertahanan sang penjual, kamu bisa sedikit menurunkan ego dan derajat kamu dengan ngomong,“Ayo dong mas. Temen-temen saya udah pake iPhone 5s semua, masa saya doang yang gak pake, bantu lah mas, 3 juta ya yang 64GB bonus kesing?” Kalau teknik ini berhasil, berarti ada yang salah dengan otak penjualnya. Tapi kalo gagal, kamu bisa lakuin tahap pamungkas

6. Tinggalin Toko Tersebut 

Sambil bilang, “Udah saya maunya harganya segitu, kalo gak mau ya udah,” pasang muka yang biasa aja, biar ada efek kalau sang penjual udah menyia-nyiakan rejeki yang di kasih tuhan via kamu. Nah, biasanya sih kamu bakal dipanggil lagi sama si panjual dan bilang,“Yaudah deh, sekian deh ya?,”–> tapi ini biasanya iseng aja si penjual, karena pada dasarnya kamu udah memenangkan pertempuran tawar menawar, dan mendapatkan barang yang kamu suka dengan harga yang kamu mau. prok prok pork

Copyright Mbdc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s