Perbedaan Faking Good dan Faking Bad dalam Psikologi

c7aae-bayiketawa3

Apa itu? istilah ini adalah istilah di bidang psikologi tentang salah satu sifat asli manusia.
faking good adalah memberikan jawaban positif agar seseorang dinilai sebagai orang yang baik, karena ia tahu bahwa jawaban itulah yang diharapkan oleh penanya.

contoh:
“apa yang anda lakukan ketika melihat nenek tua atau ibu hamil naik bus yang sudah penuh sesak sementara anda sudah dapat tempat duduk yang nyaman?”
jika pertanyaan itu ditanyakan oleh seorang guru ke muridnya, atau seorang cewek ke cowoknya. maka yang ditanya akan dengan bangga menjawab “tentu saja saya akan mempersilahkan nenek/ibu itu menempati kursi saya, dan saya akan berdiri”.

Jawaban itu dipilih karena ia tahu itulah jawaban yang diharapkan oleh penanya. dan dengan menjawab seperti itu ia akan dinilai sebagai orang baik. tapi pada kenyataannya sangat sedikit orang yang bener-bener melakukannya di dunia nyata.

Sedangkan faking bad adalah memberikan jawaban negatif juga dalam rangka agar seseorang dinilai sebagai orang baik, karena ia tahu jawaban itulah yang diinginkan penanya. faking bad biasanya terjadi untuk menghindari perbedaan konformitas. menurut KBBI, konformitas n 1 persesuaian; kecocokan; 2 kesesuaian sikap dan perilaku dengan nilai dan kaidah yg berlaku.

Dengan kata lain faking bad dilakukan ketika prinsip kita tidak sama dengan kebanyakan orang di sekitar, dan kita terpaksa menurunkan standard norma yang kita yakini untuk menghindari perbedaan dan agar kita tetap bisa diterima di komunitas tersebut.

Contoh:
Oknum A: “besok UTS nyontek ya, kita dah spakat loh!”
sebenernya Oknum B ga mo nyontek, tapi daripada ganggu konformitas trus dia bilang
Oknum B: “ok, besok nyontek2an”
dalam hal ini Oknum B sedang berfaking bad.

Itulah salah satu sifat asli manusia, seseorang cenderung ingin orang lain menganggapnya sebagai orang yang baik. walaupun kadang dengan melalui kepalsuan…

Incar Snapchat, Google Siapkan Rp 46 Triliun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s