Kelebihan dan Kekurangan iOS 7 (Bagian 1)

KELEBIHAN IOS 7
 .
 
.
Apa itu Find My iPhone ?
Ketika kangbro/nengsis telah mengaktifkan fitur Find My iPhone pada iPhone, iPad, atau iPod touch yang menjalankan iOS 7, Apple ID dan password yang kangbro/nengsis gunakan untuk iCloud tersimpan dengan aman di server aktivasi Apple dan dihubungkan langsung ke perangkat kangbro/nengsis. Pada saat ingin menghidupkan iPhone, maka password akan diminta sebelum menggunakan perangkat tersebut ataupun ingin mematikan fitur Find My iPhone pada perangkat tersebut akan tetap meminta password dan ID.
.
Pada iOS 7 kunci Find My iPhone di hidupkan secara otomatis, jadi jika ingin membeli iPhone, iPad, atau iPod touchtanya dulu ke penjual nya, apakah ia mengaktifkan fitur Find My iPhone apa tidak? Jika fitur ini telah diaktifkan, maka kangbro/nengsis tidak akan dapat menggunakan perangkat tersebut, Hanya akan tampil seperti gambar ini:
.
.
Perangkat yang mengaktifkan fitur Find My iPhone tidak akan dapat mengaktifkan perangkat nya dengan cara apapun, kecuali dengan ID dan pasword sang pemilik asli perangkat tersebut. Jadi harap berhati-hati ya jika ingin membeli perangkat bekas Apple, entah itu iPhone, iPad, atau iPod touch. Dan bagi sang penjual sebaik nya noonaktifkan dulu fitur Find My iPhone jika ingin menjual perangkat nya. 
.
Ada dua cara untuk mematikan fitur Find My iPhone:
1. Buka Pengaturan app lalu pergi ke bagian iCloud. Gulir ke bawah sampai kangbro/nengsis melihat fitur Find My iPhone. 
.
2. Pergi ke iCloud.com dan masuk menggunakan akun yang bersangkutan dengan Find My iPhone (tidak menutup kemungkinan setiap pengguna memiliki lebih dari satu akun, jadi pastikan kangbro/nengsis ingat ya). Buka “Find my iPhone”, dan klik pada tombol “Device” untuk mendapatkan semua daftar perangkat yang terkait dengan Apple ID kangbro/nengsis. ( Perhatikan bahwa mungkin ini diperlukan beberapa waktu untuk iCloud untuk memverifikasi perangkat.). Jika sudah klik tombol silang pada bagian sebelah nya untuk membuang tanda kepemilikan perangkat dari Apple ID bahwa itu milik kangbro/nengsis. Sekarang kangbro/nengsis akan melihat peringatan konfirmasi. Klik ” Remove ” untuk konfirmasi.
 .
KEKURANGAN IOS 7
 
Bersama update iOS 7, Apple memperkenalkan sejumlah fitur baru yang menyegarkan sistem operasi mobile itu, termasuk Control Center, yang sangat berguna untuk mengakses sejumlah fungsi pengaturan tanpa membuka menu Setting.
 
Akan tetapi, implementasi fitur tersebut ternyata masih kurang sempurna karena Control Center belakangan ditemukan mengandung sebuah bug berbahaya yang memungkinkan  orang tak bertanggung jawab mengakses data-data pengguna.
 
Sebagaimana dilansir oleh Business Insider, Control Center bisa dipakai untuk menembus iPhone yang dikunci. Sejatinya untuk membuka iPhone yang dikunci harus memasukkanpasscode, tetapi gara-gara bug di Control Center, kata sandi empat angka tersebut tak perlu lagi.
 
Caranya pun relatif mudah, cukup dengan memanggil fitur tersebut dari Lock Screen dengan menyapu jari dari bawah layar, menjalankan aplikasi Clock, membuka bagian alarm, menekan dan menahan tombol power.
 
Kemudian, klik icon “Cancel” yang muncul, lalu menekan tombol “home” sebanyak dua kali. Tombol “Home” perlu ditahan agak lama saat ditekan untuk yang kedua kalinya.
 
Setelah itu, perangkat iOS7 pun akan menampilkan menu multitasking. Dari sini, semua aplikasi yang berjalan bisa diakses, mulai dari Twitter, e-mail, bahkan foto-foto apabila aplikasi kamera kebetulan sedang aktif. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak video di bawah mulai detik ke-50 (00:50).
 
Ars Technica melaporkan bahwa trik ini bisa dilakukan di iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch generasi ke-5, dan iPad Mini. Boleh jadi semua perangkat mobile Apple yang telah di-update ke iOS7 memiliki kelemahan yang sama.
 
Celah lain
 
Akses Control Center dari Lock Screen juga bisa dipakai untuk mematikan fitur “Find my iPhone/ iPad” dari perangkat yang sebenarnya terkunci passcode. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur “Airplane Mode” dari panel kendali yang bisa dipanggil dari layar pengunci tanpa perlu memasukkan password itu.
 
Segala macam koneksi pun dimatikan dan perangkat iOS7 tidak bisa dilacak. Ini tentu berpotensi merugikan pengguna yang kehilangan dan ingin melacak perangkatnya. Siri juga bisa dipakai untuk mengaktifkan Airplane Mode lewat perintah suara.
 
Sebenarnya, pelacakan bisa dihentikan dengan mematikan perangkat yang bersangkutan. Akan tetapi, trik di atas bisa menguntungkan pencuri yang ingin tetap menghidupkan iPhone/ iPad (misalnya saat akan membobol kode PIN) tanpa berisiko terlacak.
 
Apple telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai persoalan ini dan mengatakan bakal segera menyalurkan update iOS7 untuk mengatasi masalah tersebut.
 
Sebelum itu, ada cara mudah yang bisa dilakukan sebagai solusi sementara, yaitu cukup dengan mematikan akses Control Center di Lock Screen lewat menu “Settings>Control Center>Access on Lock Screen”.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s