Kelebihan dan Kekurangan iOS 7 (Bagian 2)

iOS 7 Kelebihan Dan Kekurangan Fitur Baru

1. Desain Modern
Kali ini Ive menghadirkan desain yang lebih flat dan minimalis, tapi kaya efek. Misalnya saja efek transparan di layar dan pergerakan ikon saat Anda menggerakkan perangkat iOS. Gambar background pun akan terlihat, sehingga tak lagi terlihat bersembunyi di balik ikon-ikon.

2. Kehadiran Tombol ‘Back’
Kali ini iOS dilengkapi dengan tombol serupa tombol “back” yang kita kenal di Android. Tapi ini bukan merupakan tombol sungguhan, melainkan sebuah gestur. Anda bisa swipe dari arah kiri (dari bezel ke tengah layar) untuk hadirkan fitur ini. Fitur ini akan muncul di sejumlah aplikasi yang membutuhkan tombol “back”. Misalnya saja browser Safari dan Mail.

3. Pembaruan Aplikasi Bawaan
Kalender juga akan lebih bersih dalam warna putih. Perubahan hari bisa dilakukan dengan swipe, dan jika perangkat dihadirkan dalam bentuk landscape, maka akan terlihat jadwal mingguan.

Untuk kamera, Apple memperbarui dengan menghadirkan filter-filter layaknya aplikasi Instagram. Ada juga kemampuan mengubah berbagai mode kamera, dari “panoramic” hingga fitur baru yang disebut “square”.

4. Share Foto dan iCloud
Hadir juga fitur Air Drop untuk berbagi foto dengan sesama pengguna iPhone. Caranya lebih mudah, yaitu berbagi dengan mengandalkan koneksi Wifi yang sama. Selain melihat, pengguna iPhone lain juga bisa share ke Facebook, Twitter, email, dan iCloud. Dengan kemudahan ini, Apple pun menyindir Android yang masih mengandalkan fitur NFC hanya untuk transfer foto dan penerima tak bisa share ke media sosial.

5. iTunes Radio
Sebelumnya, banyak yang menduga fitur ini akan bernama iRadio. Nyatanya Apple tetap memperkaya iTunes dengan menghadirkannya fitur Radio. Pengalaman penggunaan sama seperti layanan streaming musik Pandora. Anda bisa memainkan secara pre-loaded berdasarkan genre, atau membuat berdasarkan artis tersendiri.

6. Siri Lebih Pintar
Asistensi berbasis suara Siri kini menguasai sejumlah bahasa baru, seperti Perancis dan Jerman, dan bahasa lain menyusul. Siri juga bisa memutar voicemail, mematikan/menyalakan Bluetooth, hingga mengatur kecerahan layar.

Selain itu aplikasi Siri juga akan terintegrasi dengan Twitter, Wikipedia, dan mesin pencari Bing. Jadi Siri dapat membacakan Anda hasil pencarian yang ada di Wikipedia, misalnya.

7. Fitur Anti-Maling
iPhone memang dikenal sebagai ponsel yang paling sering dicuri. Fitur seperti “Find My iPhone” sepertinya dianggap kurang, Apple pun memberikan keamanan baru.

8. Notification Center yang Lebih Baik
Kali ini notifikasi akan hadir lebih pintar dengan adanya kategori baru, seperti “All”, “Missed”, dan “Today”. Tentu ini akan membantu Anda dalam beraktivitas. Sejumlah aplikasi seperti kalender, cuaca dan jadwal besok juga dimunculkan di bagian bawah.

9. Multi Tasking
Kali ini Apple menyebut multi tasking akan mudah dilakukan tanpa boros baterai. Interface untuk multi tasking bisa dilakukan dengan double tap di tombol “home” seperti iOS sebelumnya. Tapi jika di iOS lama hanya muncul rak kecil di bagian bawah, kali ini akan hadir lebih besar.

Kekurangan iOS7

1. Dikatakan beberapa fitur mengadopsi Android 4.2
2. Memiliki interface UI mirip dengan Windows Phone
3. Tidak mendukung semua handset produksi Apple, iPhone dan iPad lawas tidak bisa mencicipi OS baru iOS7 ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s