Membersihkan Cache di iOS

Kalau kamu mempunyai kapasitas yang sangat terbatas, misalnya cuma 16 GB, pada iPhone dan iPad, maka pengalokasian file akan menjadi perhatianmu setiap saat. Sebuah bar kuning dengan label “Other” selalu memicu pertanyaan pemilik iPhone dan iPad. Apa sebenarnya yang ada di dalam bar ini? Mengapa ia menyita ruang penyimpanan yang begitu besar?

Sederhananya, file other adalah semua file yang tidak termasuk ke dalam kategori Apps, Music, Movies, TV Shows, Books, atau Photos. Ia bisa merupakan pengaturan, caches, dan data-data yang disimpan dalam aplikasi. Data seperti kontak juga termasuk ke dalam kategori other.

Karena file other tidak menjelaskan aplikasi mana saja yang menyimpan data, maka kamu harus membuka aplikasi satu per satu dan berharap pengembang menyediakan tombol clear caches. Apa yang bisa kamu lakukan seandainya aplikasi-aplikasi tidak menyediakan tombol tersebut? Kamu bisa menggunakan PhoneClean.

PhoneClean adalah sebuah aplikasi yang dapat membersihkan caches, junk files, dan script files pada iPhone dan iPad. Kamu tinggal memastikan iPhone atau iPad terhubung ke Mac, kemudian jalankan PhoneClean. Ia akan secara otomatis mendeteksi berapa banyak file yang dibutuhkan pada perangkat yang terhubung. Selanjutnya tinggal pilih Clean Up untuk mengembalikan kapasitas yang tersita.

Hasil Pencarian PhoneClean

Hasil Pencarian PhoneClean

Bila kamu perhatikan screenshot di atas, maka akan terlihat Cache dan Off-line files menyita ±250MB. Sebagian besar adalah gambar-gambar yang saya buka dari Tumblr. Kalau kamu seperti saya, sering menggunakan Tumblr, kemungkinan besar caches yang ditemukan oleh PhoneClean juga akan banyak.

PhoneClean dikembangkan dan disediakan oleh iMobie secara gratis. Kamu dapat mengunduhnya secara langsung dari halaman ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s