Pengertian Gangguan Jiwa Oedipus Complex

Mungkin kita sering mendengar istilah Oedipus Complex, tetapi belum mengetahui secara lebih pasti mengenai pegertiannya lebih dalam lagi. Di dalam pemberitaan yang banyak terdapat di televisi, kita sering mendengar kisah seorang pria yang menyukai wanita yang lebih tua dengan perbedaaan umur sangat jauh diatasnya, namun kita belum dapat memastikannya apakah perilaku tersebut masuk ke dalam kategori penderita Oedipus Complex atau tidak, maka di sini saya akan mencoba untuk mengangkat topik Oedipus Complex sebagai tema utama, agar semua pertanyaan – pertanyaan yang ada dalam benak kita selama ini dapat menemukan jawabannya dan tidak ada lagi salah pengertian dari makna yang sebenarnya dalam istilah Oedipus Complex ini.

Definisi Oedipus Complex

Oedipus Complex adalah sebutan untuk seorang anak lelaki yang mempunyai hasrat seksual yang besar terhadap ibunya dan merasa cemburu terhadap ayahnya sendiri. Istilah Oedipus Complex diambil dari sebuah legenda di Yunani, legenda Oedipus, seorang anak yang jatuh cinta kepada ibunya, setelah ia membunuh ayahnya. Pertama kali istilah ini digunakan oleh Sigmund Freud, seorang psikiatris kawakan dari Austria pada akhir tahun 1800-an.

Oedipus Complex dalam aliran psikoanalisis Sigmund Freud merujuk pada suatu tahapan perkembangan psikoseksual di masa anak-anak saat anak dari jenis kelamin laki – laki menganggap ayah mereka sebagai musuh dan saingan dalam meraih cinta yang eksklusif dari ibunya.

Penderita Oedipus Complex pada saat masa kecilnya berusaha untuk menahan hasrat seksualnya terhadap sang ibu dan perasaan cemburu terhadap sang ayah. Akibatnya anak tersebut mempunyai perasaan bersalah yang berlebihan dan mengalami konflik emosional sampai ia dewasa.

Faktor Pemicu Timbulnya Gangguan Oedipus Complex

Oedipus kompleks terjadi karena faktor kejiwaan yang didapatkan sejak dari masa kecil, seperti contohnya terlalu dekat atau terlalu dilindungi oleh ibunya.

Ciri – ciri seorang lelaki penderita Sindrom Oedipus Complex :

Maksud dari Sindrom Oedipus Complex di sini adalah pengaruh lanjutan yang di timbulkan dari konflik emosional yang dialaminya pada masa kecil terhadap ibunya dan membawa pengaruh yang berkepanjangan dalam kehidupannya hingga dewasa.

Ciri – cirinya antara lain :

1. Selalu tertarik dengan wanita yang lebih tua dan seumuran ibunya.

2. Selalu bergantung pada orang lain ( termasuk dalam materi ).

3. Tidak bisa mengambil keputusan sendiri, senang dimanja, dan disayangi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s