Jurusan Kuliah yang Katanya Sulit Lulus

Saat kamu masuk kuliah untuk pertama kalinya, kamu mungkin ngeliat ada wajah yang sepertinya tidak lagi sesuai dengan anak-anak seusia kamu. Kamu teliti lagi, kayaknya orang-orang tersebut nampak udah sangat makan asam garam di tempat kuliah kamu. Ternyata mereka adalah angkatan tua yang masih memperjuangkan kelulusannya. Mengetahui fakta tersebut akhirnya kamu pun mikir kalau jurusan yang kamu ambil sulit untuk lulusnya. Nah kalau tujuan kamu kuliah cuma mau mencari sebuah kelulusan, maka gak disarankan untuk ambil jurusan kuliah berikut ini.

Teknik Informatika

Cuma karena kamu seneng mainan komputer, lantas kamu berfikir kalau kamu bisa banget masuk jurusan Teknik Informatika, dan bakal dengan mudah melahap segala mata kuliah yang dikasih. Kamu harus tau, Teknik Informatika itu merupakan salah satu jurusan yang sangat sulit untuk ditembus. Apalagi kalau kamu ngincernya kuliah negeri. Nah karena sulit buat lulus ujian masuknya, udah barang tentu untuk lulus mendapat gelar sarjananya pun gak mudah.

Selama mengarungi jurusan ini mungkin kamu gak begitu mengalami kendala yang cukup berarti, sampai akhirnya di semester akhir kamu harus membuat skripsi yang mana hasil skirpsi tersebut harus direalisasikan biasanya dalam bentuk perangkat lunak. Ini dia nih yang bikin jungkir balik kebanyakan anak Teknik Informatika. Mau kamu udah memahami segimanapun ilmunya, yang namanya proses bikin sebuah perangkat lunak itu pasti makan waktu. Harus neliti ini itu lah, harus bikin coding ini itulah, harus ngobrol sama ini itu lah. Pokoknya susah deh. Ini belum lagi ditambah sama dosen pembimbing yang kemungkinan bikin kamu ngulang prosesnya balik ke awal.

Sastra

Mungkin banyak orang berpendapat jurusan sastra itu mah gampang banget. Apa sih yang dipelajarin, paling cuma baca-baca buku sama nganalisis karya tulis doang, lulusnya pasti gampang. Wah kamu salah besar, jurusan sastra itu justru sulit banget buat lulusnya. Biasanya kan orang yang masuk sastra itu udah benar-benar mencintai sastra. Beda gitu sama jurusan lain yang kemungkinan dapet intervensi dari orangtua. Kalau ngambil sastra biasanya malah dihadang gitu sama orangtua. Makanya sekali lagi, orang yang ngambil jurusan sastra itu emang sangat mencintai sastra. Nah karena saking cintanya sama sastra inilah yang bikin anak-anak sastra sulit menerima kenyataan kalau mereka harus segera lulus biar gak menuhin kampus. Ya, mereka sangat membutuhkan lingkungan kampus untuk tetap melestarikan kesastraannya. Gak heran makanya kalau udah lulus kuliah sekalipun mereka bakal sering ngumpul.

dps_thumb

sumber foto: ariasparrow.wordpress.com

Kedokteran

Jurusan primadona buat anak yang baru lulus SMA, orangtua yang anaknya lulus SMA, dan calon mertua. Karena primadona udah tentu buat masuk ke dalamnya pun sulit, terutama kalau kamu mau yang negeri. Nah kalau ambil kedokteran yang swasta mah tinggal siapin aja duit yang banyak. Jumlah ini bisa banget bertambah kalau ternyata kamu gak mampu buat ngikutin mata kuliahnya. Makanya kalau udah tau gak suka Fisika, Kimia, dan Biologi jangan maksain masuk kedokteran, yang ada kamu bakal lama lulusnya. Ya, walaupun kamu gemar Fisika, Kimia, dan Biologi gak ngejamin kamu bisa lulus tepat waktu sih dari kedokteran. Eh, kalau dipaksain lulus aja sih mungkin bisa, tapi buat dapetin gelar kedokterannya itu yang rada sulit. Kamu harus koas dulu atau jadi ko asisten gitu deh. Nah koas ini kadang harus di wilayah yang terpencil, yang mungkin banget bikin kamu gak betah, apalagi kalau kamu orangnya udah kebiasa kehidupan urban.

Mahasiswi-kedokteran

sumber foto: sumutpos.co

Jurnalistik

Baru lulus SMA, dan bingung mau ngambil jurusan kuliah apa? Yaudah masuk Jurnalistik aja. Keren tau Jurnalistik, nanti kerjanya di tv gitu, pasti kuliahnya menyenangkan deh, banyak praktek gitu bikin acara tv. Tapi kenyataannya, kuliah Jurnalistik itu gak semudah dan menyenangkan yang kamu kira. Gak semua kampus yang ada jurusan Jurnalistiknya mengedepankan praktek. Nah kalau ternyata kamu kedapetan kuliah jurnalistik di kampus yang sering cekokin kamu teori, maka selamat, kamu bakal kalah bersaing di dunia pekerjaan nantinya. Nah hal inilah yang akhirnya bikin anak-anak Jurnalistik mikir untuk mencari pengalaman Jurnalistik sesungguhnya dengan bekerja atau magang. Ya, ada lumayan perusahaan dibidang media massa yang cukup mempercayai anak kuliahan untuk bekerja di tempatnya. Nah karena udah kerja atau magang, akhirnya jadwal kuliah pun terbengkalai. Apalagi setelah sebulan kerja, dan mendapatkan gaji. Wah kalau udah tau gimana rasanya nyari duit, biasanya anak kuliahan sih bakal lupa sama kampus.

Sebenernya sih mau kuliah jurusan apa aja bakal susah lulusnya kalau kamu masuk karena desakan orangtua, kamu ternyata bukan passion kamu, dan kamu males-malesan. Satu hal yang harus kamu ingat, kamu kuliah itu dibiayai sama orangtua kamu, jadi kamu punya tanggung jawab buat lulus, ya minimal tepat waktulah. Beda kalau kamu kuliah biaya sendiri. Itu sih terserah kamu. Tapi biasanya kalau kuliah biaya sendiri bakal lulus tepat waktu sih, karena tau kuliah itu mahal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s