Hal Yang Sebaiknya Media Gak Lakukan Pada Saat Bencana

Semua di blow up demi kepentingan rating. Ini sumpah bikin speechless dan males sih. Entah kenapa, media kayak gak pernah belajar dan terus-terusan aja mengeksploitasi kesedihan. ini dia hal-hal yang harusnya media gak lakukan pada saat bencana:

Ngerubungin Rumah Korban

media butuh sesuatu buat diberitain. Tapi, ya caranya bukan ngerubungin rumah korban jugaaaa. Namanya orang berduka yang dibutuhkan adalah ketenangan. Bukannya lampu sorot berlebihan. Media malah make kesedihan mereka sebagai sesuatu yang bisa dijual. Gak banget

Bikin Teori Konspirasi

hqdefault (1) Ketika media sudah hilang ide apa lagi yang mau diberitakan, maka mereka pun mulai membuat teori-teori konspirasi yang ‘yailah bang begini amat’. Hal ini kentara banget ketika hilangnya Malaysia Airlines beberapa bulan lalu. Dari penculikan alien lah, black hole lah, kena meteor lah, banyak juga. Hal-hal kayak gini harus segera dihentikan.

Bahas Hal-Hal Yang Gak Penting dan Gak Berhubungan

Cara paling gampang eksploitasi kesedihan adalah mencari cerita yang enak buat didramain. Kayak video ini nih:

Ya gimana ya, berita di atas bukannya gak penting sih, tapi lebih penting lagi buat keluarga yang ditinggalin info keberadaan pesawat yang hilang, bukannya mereka terus ditodong ditanyain tentang kehidupannya. Gak membantu sama sekali.

Ngehubungi Contact Center

Yaa contact center disediain oleh pihak pesawat karena mereka merasa bertanggung jawab, tapi contact center ini diadain untuk keluarga korban yang membutuhkan kejelasan. Eh malah contact center dipake juga untuk media yang nyari informasi. Ya kaliii. Ngeganggu keluarga korban yang lebih membutuhkan aja.

Mempertemukan Keluarga Korban Dengan Pihak Bertanggung Jawab

Tentunya, keluarga korban perlu bertemu dengan pihak bertanggung jawab. Tapi, bukan dijadiin head-to-head di media juga. Kejadian kayak gini sering terjadi ketika bencana udah terjadi lebih dari satu minggu. Biasanya acara pertemuan ini gak ada gunanya, karena pihak bertanggung jawab gak punya jawaban lain selain bekerja keras untuk mencari, sedangkan keluarga korban cuma bisa nangis. Kan kesian. Huhuhu. Mending kalo ada kejelasan, kalo gak ada, ya gak perlu dijadiin talk show juga lah.

Bukan Buat Dijadiin Iklan

kapanlagi Ya gak gini juga kaleee.. Semoga ke depannya media yang meliput bisa lebih sensitif dalam memberitakan ya. Keluarga korban tentu mengharapkan berita terbaik yang bisa mereka dapat, bukannya mereka jadi objek buat naikin rating. Miris. Tapi, keadaannya masih kayak gini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s