4 Hal Yang Dipikirkan Ketika Resmi Lulus SMA

Hore. Hari ini adalah hari pengumuman kelulusan buat dedek dedek SMA. Asik. Capek banget pasti ya nunggu kepastian lulus atau nggaknya. Sebelum benar-benar dipastikan lulus, rasanya susah banget mau mikir apapun. Begitu semuanya sudah resmi, barulah mulai kepikiran bahwa kehidupan setelah lulus SMA itu berat banget.

Ini dia beberapa hal yang langsung harus dipikirkan ketika resmi lulus SMA:

1. Mikirin Masa Depan

Oke kamu udah lulus. Sekarang pertanyaannya, apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus SMA? Lulusnya susah banget tapi kehidupan nyata ternyata juga susah banget. Kuliah mahal tapi perlu, Kerja cepet tapi pilihannya terbatas buat lulus SMA.

Kenapa harus dipikirin buru-buru? Karena ya sayang aja kalo kamu harus mengulur waktu lagi. Kalo mau kuliah, kamu harus cepetan ikut les agar lulus SNMPTN. Kalo mau kerja, kamu harus bisa bertanggungjawab. Jaman sekarang orang kaga kuliah susah banget jadi orang beneran.

2. Langsung Mikirin Nasib Pacar

Nah ini sering terjadi. Nyatanya sedikit sekali pacar masa SMA yang akhirnya langgeng sampai pernikahan. Biasanya begitu lulus SMA, pikiran terfokus bagaimana diri sendiri di masa depan. Mending kalo pikiran pacar sama, kalo misalnya dia milih sekolah di luar negeri terus kamu hanya bisa kuliah di deket rumah, kan susaaah.

Pikirin deh tuh. Mau long distance 3 tahun lebih? Ya kalo emang cinta banget, siap-siap aja sama berbagai rintangannya.

3. Mikirin Gimana Manfaatin Waktu Luang

Di sela-sela masa transisi ini kamu akan punya waktu luang yang banyak banget. Waktu yang ada paling dihabisin untuk belajar atau nunggu keputusan dari si kampus. Mendingan waktu ini dihabiskan untuk ngelakuin kegiatan bermanfaat deh. Kayak baca MBDC, nonton DVD atau malah cari kerja sampingan bantu jaga warung. Setidaknya hidup kamu gak basi-basi banget.

4. Mikirin Persiapan Kuliah

Ketika lulus SMA, kamu masih berupa kanvas yang bisa jadi apa aja. Kamu bisa jadi siapa aja yang kamu mau. Sekarang permasalahannya, apakah kuliah yang kamu pilih mau nerima kamu? Banyak banget yang harus disiapin. Ikut kursus. Ikut berbagai ujian. Ikut try out. Kalo udah keterima, banyak lagi pertimbangannya. Kalau kamu gak mikirin hal-hal ini begitu resmi lulus kuliah dipastiin hidup kamu bakal ribet ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s