Yang Harus Ada di CV

Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae atau singkatnya CV sangat diperlukan buat kamu kalo mau ngelamar kerja. Buat ngelamar anak orang juga bisa sih. Gak enak banget dong kalo CV kamu gak lengkap? Nanti kamu dikira gak qualified gitu. Makannya kali ini MBDC mau kasih kamu panduan mengenai apa aja yang perlu kamu cantumin di CV kamu

1. Data Diri

{source name="Data diri" url="rocaxipe22.blogspot.com"}

Data diri via rocaxipe22.blogspot.com

Jelas banget kamu harus kasih tau data diri kamu ke calon perusahaan yang mau menerima kamu. Data diri isinya kurang lebih nama, alamat, tempat-tanggal lahir, status, dan mungkin bisa cantumkan juga agama. Kasih yang kira-kira orang perlu tau aja ya! Makanan favorit, warna kesukaan, zodiak dan nama pacar sih gak perlu. Apalagi kalo atasan kamu jomblo, bisa sakit nanti matanya.

2. Riwayat Pendidikan

{source name="Pendidikan" url="rwww.slideshare.net"}

Pendidikan via rslideshare.net

Penting juga buat tau di mana dulu kamu pernah dididik, dan sampai jenjang apa kamu dididik. Kalo syarat kerja di posisi yang kamu mau lamar itu S3 dan kamu lulusan S1 jelas dong kamu gak memenuhi kriteria.

3. Riwayat Pekerjaan

{source name="Pengalaman kerja" url="rwww.slideshare.net"}

Pengalaman kerja via rslideshare.net

Kamu perlu cantumin kalo memang kamu pernah bekerja sebelumnya. Kalo sekiranya kamu belum pernah bekerja ya gak perlu cantumin.

4. Pengalaman Berorganisasi

{source name="karang taruna" url="majalahbatavianews.wordpress.com"}

karang taruna via majalahbatavianews.wordpress.com

Beberapa perusahaan mementingkan pengalaman berorganisasi sebagai syarat berada diposisi tertentu. Tentunya dengan pertimbangan masing-masing perusahaan. Pastinya pengalaman berorganisasi ini sangat penting untuk dicantumkan, jadi kalo kamu ada pengalaman berorganisasi kamu harus bilang supaya bisa jadi nilai plus buat kamu.

5. Prestasi

{source name="prestasi" url="www.theguardian.com"}

prestasi via theguardian.com

Kamu pernah menang lomba? Pernah dapet juara kelas? Atau prestasi memukau lainnya mungkin? Semua prestasi yang kamu pernah lain bisa banget jadi nilai tambah buat pertimbangan perusahaan untuk masukin kamu di perusahaan itu. Jangan lupa sertakan bukti sertifikat yang pernah kamu terima ya.

6. Kemampuan

{source name="Bisa main komputer" url="optimizedforsuccess.wordpress.com"}

Bisa main komputer via optimizedforsuccess.wordpress.com

Kamu kasih tau kemampuan yang kamu punya, tentunya yang kira-kira diperlukan untuk melamar diperusahaan itu loh ya. Contohnya kamu bisa mengoperasikan komputer. Kamu bisa kasih tau. Jangan kemampuan mencontek kamu waktu masih SD dulu yang kamu ceritain.

7. Nilai Plus

{source name="Plus" url="networkinterstateco.com"}

Plus via networkinterstateco.com

Kamu harus tau apa aja kelebihan yang kamu punya. Misalnya MBDC merasa MBDC ini humoris, ya MBDC kasih tau kalo nilai plusnya MBDC ini humoris. Atau mungkin kamu merasa kamu anak yang kreatif? Kamu kasih tau juga kalo kamu anak yang kreatif. Keliatan kepedean sih, tapi ya tulis aja buat promosiin diri kamu.

8. Kontak Kamu

{source name="kasih kontek" url="www.wikihow.com"}

kasih kontek via wikihow.com

Kamu mau melamar kerja, perusahaan harus bisa hubungi kamu balik dong. Kamu perlu cantumkan email, nomer telepon, atau mungkin media sosial supaya bisa gampang kontek kamunya.

Selain itu kamu bisa juga kasih foto kamu di CV itu. Tapi optional sih, ada yang terpisah dari CV ada juga yang ditaruh di CV. Satu lagi usul MBDC, kamu bisa tambah nilai plus kamu dengan bikin CV yang kreatif, untuk contohnya kamu bisa liat di google ya.

Sekarang kamu jadi tau kan gimana caranya bikin CV yang lengkap? Apa ada yang kurang ya dari yang MBDC sampein? Boleh loh tambahin di komen!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s