6 Alasan Kenapa Jakarta Lebih Baik Daripada Kota Lain

Di hari ulang tahun Jakarta yang ke-488, kayaknya kurang afdol kalo kita gak puja-puji kota sejuta umat (yang emang penduduknya ada sejuta lebih) ini. Di Jakarta itu semuanya ada. Komplit! Banyak deh hal menyenangkan di Jakarta yang bikin Jakarta lebih baik daripada kota-kota lain.

1. Makanannya enak-enak

{source name="Hmm enyaaak" url="en.wikipedia.org"}

Hmm enyaaak via en.wikipedia.org

Kalo kamu makan di Jakarta, kamu pasti menemukan versi enaknya makanan tersebut dibanding versi yang lain yang udah pernah kamu makan di mana pun. Makanan di Jakarta itu entah kenapa enak-enak banget. Mau tempatnya bersih atau kotor, tetep aja enak. Kadang malah yang tempatnya kotor itu yang lebih enak. Kenapa yang kotor masih aja laku, ya karena dia enak. Penjual yang makanannya gak enak gak akan bisa bertahan. Jakarta keras bro.

2. Banyak Mall

{source name="Mall lagi mall lagi" url="www.snipview.com"}

Mall lagi mall lagi via snipview.com

Di mana lagi kamu bisa mendapatkan ada mall di tiap jarak 2 Km? Jakarta gitu loh. Bahkan dewasa ini, mall udah dijadiin tempat wisata. Kalo lagi sumpek sama kerjaan, kamu bisa ngaso-ngaso di kafe di mall yang banyak banget itu. Terus kalo mau belanja juga gampang karena tokonya banyak dan bervariasi banget. Bahkan yang dari luar Jakarta aja sengaja-sengajain ke Jakarta dan sekitarnya cuma buat nyicipin semua mall yang ada di Jakarta. Tiap minggu ke mall yang berbeda juga setahun gak akan abis tuh mallnya. Keren kan Jakarta?

3. Tempatnya Nonton Konser

{source name="Kyaaa Keti Peri!" url="www.youtube.com"}

Kyaaa Keti Peri! via youtube.com

Yah mau gimana lagi, selama ini kan kalo ada konser-konser besar gitu pasti yang dipake venue yang ada di Jakarta (dan sekitarnya). Kota lain kan jarang dapet kehormatan buat ketempatan konser gitu. Makanya Jakarta bisa dibilang lebih baik lah dibanding kota lain. Apalagi kalo kamu orangnya gak mau ketinggalan kalo ada yang lagi happening. Kudu banget deh ke Jakarta pas lagi musim konser.

4. Jakarta Kota yang Paling Macet Sedunia

{source name="Macet cet cet cet!" url="yogui.co"}

Macet cet cet cet! via yogui.co

Kena macet emang udah paling malesin sedunia. Waktu yang harusnya bisa dimanfaatin untuk hal lain jadi terbuang sia-sia gara-gara kamu abisin di jalan. Kamu udah merasa jadi yang paling menderita deh kalo udah kejebak macet. Gimana enggak, ternyata Jakarta sudah resmi dianugerahi menjadi kota termacet di dunia menurut versinya Castrol’s Magnatec Stop-Start index, dengan perkiraan 33,240 stop-starts tiap tahunnya. Data tersebut didapatkan dari TomTom navigation users yang digunakan untuk menghitung jumlah berapa sering kendaraan berhenti dan berjalan tiap kilometernya.

Terus kenapa hal ini harus disyukuri? Ya kalo gak macet kamu gak akan bisa mensyukuri hidup tau. Kalo lagi kena macet, kamu jadi tau betapa berharganya waktu, kamu juga jadi bisa dapet pelajaran kalo ngapa-ngapain itu harus tepat guna biar efektif dan efisien. Cuma bisa didapetin di mana coba? Ya di Jakarta!

5. Masih Ada yang Lebih Kotor

{source name="Uhuk uhuk" url="jakartakita.com"}

Uhuk uhuk via jakartakita.com

Ke mana-mana pake masker karena kamu ngerasa udara yang ada di Jakarta itu seseknya bukan main? Emang sih banyak banget polusi udara yang kasat mata, yang bakal berpengaruh buruk sama tubuh. Tapi polusi yang gak keliatannya gimana? Pasti lebih banyak lagi tuh. Jangan takut dulu sih, ternyata Jakarta bukan yang terkotor kok.

{source name="Sayangnya kabutnya bukan kabut kayak di Puncak" url="http://www.abc.net.au/"}

Sayangnya kabutnya bukan kabut kayak di Puncak via abc.net.au

Masih ada Delhi, India, yang polusinya gila-gilaan, mencapai rata-rata 153 ug/m3 untuk partikel polusi yang diameternya 2,5 micrometer atau kurang (PM2,5). Data ini didapatkan oleh WHO yang menguji konsentrasi dari partikel polusi tersebut.

Nah, sementara Jakarta, gak masuk tuh ke 10 besar juga. Jadi masih mending lah daripada kota lain yang polusi udaranya parah banget itu.

6. Masih Ada yang Lebih Berbahaya

{source name="Pencuriii!" url="www.illawarramercury.com.au"}

Pencuriii! via illawarramercury.com.au

Begal, rampok, jambret, semuanya ada di Jakarta. Ada juga tuh istilah “Kejamnya ibu tiri gak sekejam Ibukota.” Ya emang sih, soalnya kalo di Jakarta kudu waspada dan hati-hati banget. Salah-salah kamu jadi korban kejahatan. Tapi asal kamunya gak terlalu mencolok dan selalu mawas diri, kejahatan juga gak akan berani menyentuh kamu. Beda kalo kamu tinggal di San Pedro Sula, di utara Honduras. Dengan penduduk sebanyak 720.000 jiwa, San Pedro Sula didaulat jadi kota paling berbahaya di dunia dengan jumlah 187 pembunuhan di setiap 100.000 penduduk.

Gimana? Jadi bikin kamu bersyukur kan dengan Jakarta dan segala keadaannya? Apa pun tuh emang harus disyukurin aja lagi. Kalo ngeluh terus yang ada capek sendiri.By the way selamat ulang tahun ya Jakarta, hidup #JKT488!

Kalo kamu sendiri punya alasan lain gak kenapa Jakarta lebih baik dari kota lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s