Rizman, Orang Indonesia Pertama yang Akan Terbang Ke Luar Angkasa

“Neil Armstrong mendarat di bulan dengan Slamet”. Kamu pasti sering banget dengerin jokes ini kan. Jokes lama yang menyebut orang Indonesia (baca: slamet -Red) ‘pernah’ mendarat di bulan. Nah, sebentar lagi jokes itu bakal jadi kenyataan alias beneran. Ya, Indonesia bakal punya astronot pertama yang bakal terbang ke luar angkasa. Dia adalah Rizman A. Nugraha.

Rizman jadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berhasil lolos seleksi setelah mengalahkan 83 ribu pendaftar dari seluruh Indonesia dalam kompetisi AXE Apollo Space Academy. Rizman bakal menjalankan misi ini bersama 22 peserta terpilih lainnya dari seluruh dunia.

Rizman udah mengikuti serangkaian pelatihan bersama master astronot dunia, Buzz Aldrin, orang kedua yang pernah menginjakkan kakinya di bulan, setelah Neil Armstrong pada 21 Juli 1969 lalu. Selama rangkaian misi pelatihan di Florida, Amerika Serikat, tersebut, Rizman berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani layaknya seorang astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center.

Rencananya Rizman bakal terbang ke luar angkasa bersama satu orang pilot dengan pesawat luar angkasa XCOR Lynx Mark II. Pesawat ini akan terbang setinggi 103km dari Planet Bumi menembus batas luar angkasa dengan durasi perjalanan 60 menit pada bulan Desember tahun ini, atau paling lambat bulan Januari 2016. Rizman bakal berada di sana selama 6 menit aja.

Sebenernya Indonesia juga sempat punya calon astronot yang bakal mendarat ke bulan pertama kali. Dia adalah Pratiwi Sudarmono yang awalnya direncanakan berangkat tahun 1986, tapi karena sebuah insiden, akhirnya misi itu dibatalkan.

Sebaiknya selama 6 menit di sana, Rizman suruh ngapain aja ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s