Film yang Bikin Kamu Akan Lebih Menghargai Hidup

Hidup ini udah cukup susah. Dengan segala permasalahannya, mungkin kamu sering mengeluh akan hidupmu, bertanya-tanya semesta sedang ada maksud apa ya. Tapi kadang justru beratnya beban yang bikin kamu tertantang untuk menaklukkannya dan menjadikannya motivasi. Kamu pun mungkin pernah mikir kalo hidupmu udah cukup beruntung ketimbang banyak orang di sekitar atau di luar sana. Masih ada yang kesulitan mengisi perutnya, masih ada pula yang gak punya atap untuk berteduh. Hidup emang harus dihargai dan  dengan senang hati merekomendasikan sejumlah film guna kamu jadikan pembelajaran.

1. Life of Pi


Sangat gak mudah bertahan hidup kala terombang-ambing di laut luas, hanya bermodalkan sampan dan ditemani seekor harimau Bengal. Pi pun baru kehilangan seluruh anggota keluarganya. Tapi berbagai kejadian unik yang dialaminya emang manjur banget bagi Pi dalam memahami hidup. Life of Pi turut menyuguhkan tema religius dan logika, di mana pada akhirnya keyakinanmu bakal diuji, percaya mukjizat atau cukup realita biasa?

2. Click


Hidup adalah soal memanfaatkan waktu. Kadang kamu ngerasa 24 jam masih terlalu dikit atau kamu gak pernah suka menjalani sebuah proses, selalu ngelihat dengan hasil akhir doang. Itulah yang terjadi pada Adam Sandler yang berperan sebagai arsitek gila kerja. Keluarganya ditelantarkan dan doi lebih milih remote (pengen punya sih yang kayak begini) untuk mempercepat proses hidup yang harus dijalani layaknya televisi. Pada akhirnya penyesalan selalu datang terlambat, tapi untungnya selalu ada kesempatan kedua. Gimana tuh?

3. The Descendants


Matt King (George Clooney) memasuki fase berat. Istrinya koma setelah mengalami kecelakaan sewaktu berlayar. Padahal kepalanya lagi pusing mikirin tanah mahal yang adalah warisan keluarganya di Hawaii, apakah harus dijual atau kagak? Di saat seperti itu, bersama putri badungnya (yang diperankan oleh Shailene Woodley) King nemuin fakta bahwa istrinya berselingkuh darinya. Tapi gak bisa protes atau marah, kan istrinya masih gak sadarkan diri. Apa yang bakal kamu lakukan jika menghadapi situasi teramat berat tersebut? Tema kekeluargaan, kekecewaan, dan kehidupan profesional-tapi-santai-khas-Hawaii dieksekusi dengan baik oleh sutradara Alexander Payne.

4. The Truman Show


Sebelum reality show populer pada era 2000an, Peter Weir udah menyelipkan tema tersebut dalam film yang memahat bahwa Jim Carrey gak cuma jago main komedi. Seumur hidupnya Truman Burbank adalah pegawai kantoran kelas menengah yang hidup tenang bersama istrinya. Tapi di suatu hari doi nemuin fakta bahwa hidupnya selama ini udah diatur sedemikian rupa. Dirinya adalah tontonan semua orang. Lingkungannya sehari-hari adalah set televisi. Kamu bakal mikir banyak abis nonton film ini.

5. Groundhog Day


Setiap bangun tidur, selalu terbangun di hari yang sama. Waktu seperti gak berjalan. Hari ini adalah hari yang kemarin, begitupun seterusnya. Terjebak dan menjalani hari yang sama ternyata manjur untuk bikin Phil Connors (Bill Murray) ngaca, bahwa banyak pandangannya selama ini salah. Di lubang waktu itulah doi belajar untuk menjadi manusia yang lebih positif, belajar menghargai orang lain, menghargai hidup. Film yang tetap menarik walaupun udah ditonton berkali-kali.

6. The Bucket List


Jika kamu ngerasa hidup kok kayaknya biasa-biasa aja, kurang seru, buruan gih bikin daftar hal-hal yang harus kamu lakukan di sisa hidup. Kedua orang tua yang diperankan Jack Nicholson dan Morgan Freeman ini aja bisa menggapai sejumlah keinginannya, yang ternyata gak ribet-ribet amat. Susun, perjuangkan, laksanakan. Cita-cita sebaiknya jangan cuma jadi wacana.

Ada lagi yang mau nambahin daftar ini? Pasti dong kamu punya film favorit pribadi yang jadi pembelajaran bagi diri sendiri. Langsung aja meluncur ke kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s