Lagu Pembuka Anime yang Pernah Menemani Masa Kecil Anak 90an

Pernah gak sih kamu ngerasa jadi orang dewasa itu banyak banget tanggung jawabnya. Padahal dulu waktu masih kecil kamu pengen banget jadi dewasa. Eh tapi giliran udah dewasa justru pengen balik jadi anak kecil lagi. Nah daripada kamu ngelamunin hal yang gak bakal kejadian, mending kita nostalgia bentar deh. Masih inget kan dulu masa kecil kamu banyak diisi dengan acara nontonin kartun-kartun dari Jepang. Kartun Jepang yang lebih populer disebut anime ini biasanya bakalan nampilin lagu-lagu pembuka yang beberapa masih nempel di ingatan kamu. Supaya kamu bisa mengenang lagi masa kecil kamu, langsung aja yuk kita mulai dengan…

1. Sailor Moon

Anime yang nyeritain 5 gadis muda dengan kekuatan super ini sih mestinya jadi tontonan buat cewek ya. Cuma gara-gara proses transformasinya yang cukup fenomenal bagi cowok belum sunat di kala itu, bikin Sailor Moon jadi tontonan lintas gender. Apalagi dalam namain tokoh-tokoh di dalam anime ini dipakailah unsur-unsur alam dan elemen-elemen dalam tata surya dalam balutan rok mini. Jadi tambah semangat aja ngikutin ceritanya.

Lirik yang paling memorablenya:

Maaf ku tak pernah berterus-terang

Bukan ku tak mempercayaimu

Namun sebelum ku berganti rupa

Ingin aku menemuimu

Ku kan bermandi cahaya bulan

Nan cemerlang di malam yang cerah

Memang telah lama kurasakan

Ingin menolong yang lemah

2. Doraemon

Siapa sih yang gak kenal sama Doraemon. Tokoh kartun yang paling terkenal dari Jepang ini nggak cuma dikenal sama generasi 90an aja. Tapi generasi-generasi sekarang yang kekurangan hiburan pun juga tau sama Doraemon. Cuman taunya paling ya Doraemon doang. Kasian ya dedek-dedek jaman sekarang. Btw selain serial kartunnya yang gak lekang sama waktu, filmnya yang Doraemon Stand By Me juga menginspirasi Christian Bong untuk bikin translasi lagunya Himawari no Yakusoku ke bahasa Indonesia jadi Janji Bunga Matahari. Tapi yang mau MBDC bahas di sini bukan lagu Himawari no Yakusoku sih, tapi lagu pembukanya serial Doraemon yang pasti udah nempel banget di pikiran kamu semua.

Lirik yang paling memorablenya:

Aku ingin begini, aku ingin begitu

Ingin ini ingin itu banyak sekali

Semua semua semua, dapat dikabulkan

Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib

Aku ingin terbang bebas di angkasa

(Hey! Baling-baling bambu!)

La la la aku sayang sekali…Doraemon

3. P-Man

Buat anak kecil tahun segitu mah ngedenger judul anime P-Man juga biasa aja. Cuman kok ya kebetulan gitu ya, karena awalnya itu P-Man adalah deputi dari Bird-Man untuk menjaga kedamaian di muka bumi. Nah Bird-Man tadi ngasih topeng dan jubah ke Mitsuo yang kalo dipake bisa ngasih kekuatan super. Dan jadilah Mitsuo sebagai P-Man yang sering dibantu tugasnya sama P-Girl, Booby (kera), sama Fat-Man. Meskipun di komiknya lumayan banyak adegan pervert, tapi MBDC cuma mau fokus bahas lagunya aja kok.

Lirik yang paling memorablenya:

P-Man P-Man P-Man

Ku panggil dia P-Man

Suaranya riang

 

Datanglah oh, P-man

Datanglah ke rumahku

 

Datanglah oh, P-man

Ke dalam hatiku

 

Dengan kata cinta

Memberi semangat

4. Hamtaro

Anime ini berpusat pada kisah Hamtaro si hamster jantan yang penuh dengan petualangan seru. Ceritanya Hamtaro ini adalah hamster peliharaannya Laura Haruna. Tapi karena Hamtaro penasaran dengan keseruan alam di luar kandangnya, tiap hari dia berusaha menyelinap keluar dan janjian hang out sama teman-temannya. Aneka rupa hamster yang lucu itu ngasih nama geng mereka The Ham-Hams. Tapi yang paling berkesan itu adalah lagu pembukanya yang cute abis ketika dibawain dalam versi bahasa Indonesia.

Lirik yang paling memorablenya:

Tuk ku tuk lewat lorong sempit

Tuk ku tuk Hamtaro berlari

Apa yang paling dia senangi

Biji bunga matahari

Tuk ku tuk Hamtaro berlari

Hamtaro berputar di atas roda putarnya

Apa yang paling dia senangi

Biji bunga matahari

Yaa Hamtaro senang berputar

5. Dr. Slump

Anime yang diadaptasi dari manga ini ternyata pernah ditayangkan di Indonesia dalam dua season yang berbeda. Yang pertama ditayangkan dari sekitar tahun 1981-1986 dengan 243 episode. Terus yang kedua disiarkan dari 1997-1999 dengan 74 episode aja. Ceritanya sih seputar kehidupan Senbei Norimaki (Dr. Slump) seorang penemu jenius yang hidup di Desa Penguin. Di desa itu Senbei nyiptain sebuah robot perempuan yang dikasih nama Arale. Terus ya gitu, si Arale selalu aja bikin ulah karena dia terlalu naif terhadap dunia manusia. Yang paling diinget sampe sekarang itu adalah ketika si Arale mainin tokai. Bener-bener dah.

Lirik yang paling memorablenya:

Bergaya apapun juga

Wajah Besar Wajah Besar

Takkan bisa dirubah

Wajah Besar Wajah Besar Wajah Besar

6. Candy Candy

Wah untuk yang ini MBDC juga bingung mau nyeritain apaan. Soalnya dulu begitu Candy Candy tayang itu pasti digunain buat mandi pagi. Karena selain ceritanya yang gak paham tentang apaan gitu, serial animenya Candy Candy juga panjang bener. Mungkin cocok kali ya kalau Candy Candy disebut sebagai Tersanjung versi Jepang gitu. Yang jelas ceritanya sedih deh. Udah kelihatan kok dari lagu pembukanya.

Lirik yang paling memorablenya:

Biar saja, biar, wajahku begini

Tak peduli, tak oh, tak perlu kutangisi

 

Akulah anak nakal, anak nakal

Berlari-lari sana sini

Kar’na aku, sebab aku

Memang aku Candy

7. Chibi Maruko Chan

Anime ini berkisah tentang Momoko Sakura yang lebih akrab dipanggil Maruko. Maruko ini sebenarnya adalah anak kelas 3 SD yang besar di keluarga yang ekonominya pas-pasan. Pembawaanya Maruko hampir mirip sih sama Nobita, pemalas, suka berantakan, sering terlambat ke sekolah, sering dapet nilai jelek, gitu-gitu deh. Tapi bedanya cerita Maruko lebih ke permasalahan kehidupan sehari-hari yang cukup realistis, gak imajinatif kayak Doraemon gitu.

Lirik yang paling memorablenya:

Hal yang menyenangkan hati

Banyak sekali

Bahkan kalau kita bermimpi

 

Sekarang ganti baju

Agar menarik hati

Ayo kita mencari teman

8. Saint Seiya

Kalau Candy Candy tadi merupakan anime yang cewek banget, Saint Seiya sebaliknya merupakan anime yang cowok abis. Menceritakan tentang reinkarnasi Dewi Athena dan para saint penjaganya yaitu Seiya, Siryu, Hyoga, Shun, dan Ikki, Saint Seiya banyak banget nampilin adegan berantem. Buat anak cowok adegan berantem itu keren banget. Tapi karena itu juga lah serial Saint Seiya kena banned gak boleh tayang lagi di televisi Indonesia. Padahal jurus-jurusnya oke punya lho, seperti tinju Meteor Pegasus, tinju Naga Mendaki Gunung, debu-debu Intan, sampai tinju Sayap-sayap Phoenix. Keren kan.

Lirik yang paling memorablenya:

Saint Seiya! Pemuda semuanya

Saint Seiya! Songsonglah dirimu Hu u yee…

Saint Seiya! Seperti Pegasus

Sekaranglah saatnya

Rentangkan tangan

9. Inuyasha

Inuyasha ini merupakan anime yang nampilin cerita petualangan romantis yang dibalut dalam bumbu horor dan komedi. Gak heran sih, soalnya pengarang manganya Inuyasha adalah Rumiko Takahashi yang bikin Ranma 1/2. Inuyasha sendiri merupakan karakter utama yang terlahir dari seorang ibu manusia biasa yang fusion dengan ayahnya yang merupakan siluman anjing. Inuyasha kemudian ngejalanin misi buat mencari Shikon no Tama atau Permata Empat Jiwa karena ingin menjadi siluman sejati.

Lirik yang paling memorablenya:

I Want to Change The World, berjalan melawan angin

Jangan takut jika kau benar karna senyumanmu menjadi semangat baruku

Change the Mind, jangan ragukan impian

Kau akan mendapatkan cinta

Yang dapat kau jangkau jika kau kejar impian bersamaku

10. Kobo Chan

Kobo Chan merupakan anime yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari Kobo Tabata yang penuh dengan masalah random. Kobo sendiri sebenarnya adalah anak berusia 5 tahun yang sangat takut pergi ke dokter gigi. Dengan sifatnya yang jahil dan selalu ingin tau bikin kehidupan sehari-hari Kobo jadi interesting banget deh untuk disimak. Eh ada adegannya Kobo Chan yang masih kamu inget gak?

Lirik yang paling memorablenya:

Nippong nippong cha cha cha cha cha

Kobo duduk di atas batu

Nippong nippong cha cha cha cha cha

Tralalala Galileo

 

Tiap hari ha ha ha ha ha

Tawa canda dimana-mana

Setiap hari ha ha ha ha ha

Aku benci makan pisang

11. Ikkyu San

Pada setiap episodenya kamu bakalan terpesona dengan kecerdikan Ikkyu San dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapinnya. Apalagi di biara Angoku-ji, Ikkyu masih merupakan biksu junior. Terus kamu masih inget gak kalau Ikkyu itu sering banget curhat sama Omamori atau jimat penangkal hujan kalau dia sedang kangen sama Ibunya. Yang jelas dulu itu katanya yang suka nonton Ikkyu San bisa ketularan pinter.

Lirik yang paling memorablenya:

Suka suka suka suka suka… suka

Aku suka

Suka suka suka suka suka… suka

Si Ikkyu

 

Akalnya banyak

Dan selalu pintar

Bila Ikkyu berkelahi

Selalu kalah

Ah… Ah… Kenapa sih… Ah…

Hayo dari yang udah MBDC sebutin mana yang kamu beneran masih inget. Jangan-jangan yang kamu inget dari kartun di tahun segitu cuma rok mininya Usagi sama adegan Nobita nyelonong ke kamar mandinya Shizuka doang. Tapi kalau kamu emang beneran masih inget sama lagu-lagu tersebut, coba kamu tulis full liriknya di kolom komentar gih.

credit mbdc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s