Apa Saja yang Baru di iOS 9?

iOS 9

Apple akhirnya mengumumkan sistem operasi mobile iOS 9 terbarunya dengan empat sektor peningkatan, yaitu aplikasi baru, Multitasking, Intelligence, dan Foundation dalam keynote di ajang WWDC yang digelar tengah malam tadi.

iOS 9 is full of enhancements you’ll appreciate every day. Your apps become more essential. New multitasking features on iPad make you even more productive. Siri can do more than ever, and new proactive suggestions help you get things done before you ask. And improvements at the foundation of the operating system enhance performance, battery life, and security. The more you do with iOS 9, the more you’ll wonder how you ever did without it.

Aplikasi

Sesuai dengan janjinya untuk fokus pada perbaikan, stabilitas, peningkatan performa, dan keamanan, Apple tak menghadirkan perombakan desain besar-besaran dalam iOS 9, namun mereka menghadirkan satu aplikasi baru dan aplikasi lama dengan fitur dan wajah baru. Adapun aplikasi-aplikasi yang dimaksud mencakup News, Notes, Maps, Wallet, dan CarPlay.

News

News adalah aplikasi baru pengganti Newsstand yang Apple hadirkan di iOS 9. Dari namanya, News merupakan aplikasi agregasi pembaca berita dengan tampilan desain yang sangat menarik dan interaktif. Dengan News, kamu bisa menghimpun sumber berita favorit dalam satu aplikasi berdasarkan topik yang kamu sukai. Sayangnya untuk peluncuran perdananya, aplikasi News ini akan tersedia di 3 negara saja, yaitu AS, Australia, dan Inggris.

Notes

Selanjutnya aplikasi yang mendapatkan pembaruan tampilan desain dan fitur adalah aplikasi Notes. Notes di iOS 9 kini hadir dengan fitur yang sangat lengkap, seperti checklist, sketch, dan dukungan sinkronisasi antar perangkat iOS via iCloud. Dengan aplikasi Notes baru, kamu tidak hanya bisa mencatat saja, tapi juga mengambil dan menambahkan foto, peta, alamat situs, dan melakukan coretan gambar atau ide.

Notes

Maps di iOS 9 juga hadir dengan fitur baru bernama Transit di mana ia akan menuntun kamu untuk menggunakan transportasi umum dengan menunjukkan jalur atau rute perjalan di beberapa kota tertentu di dunia. Selain itu, Maps baru ini juga dilengkapi dengan fitur Nearby di mana kamu bisa melihat tempat yang ada di sekitar, seperti restoran, toko, dan lainnya.

Wallet

Ingat dengan aplikasi Passbook buat menyimpan informasi kartu kredit? Nah di iOS 9, Apple sudah mengganti namanya dengan nama baru, yaitu Wallet. Tidak hanya nama saja, ikon aplikasinya juga tampil baru. Fungsi dan fiturnya masih tetap sama seperti Passbook untuk bisa kamu gunakan membayar barang via Apple Pay.

CarPlay

Terakhir aplikasi yang mendapatkan pemutakhiran adalah sistem CarPlay. Di iOS 9, kamu kini bisa menggunakan CarPlay tanpa mengkoneksikan iPhone milikmu dengan kabel Lightning, tapi secara nirkabel jika mobil kamu mendukungnya. Fitur-fitur lain dalam CarPlay adalah memutar pesan audio, bisa dengan knop mobil, mendukung aplikasi bawaan pabrikan mobil.

Fitur Multitasking

Multitasking

Untuk pertama kalinya di iOS 9, Apple memperkenalkan fitur multitasking khusus buat perangkat iPad. Dengan fitur ini, kamu bisa menggunakan dua aplikasi aktif sekaligus di satu layar dengan mudah tanpa meninggalkan aplikasi yang telah kamu buka sebelumnya. Menariknya, fitur Multitasking ini mendukung Split View khusus iPad Air 2 dan fitur Picture in Picture di mana kamu menonton video sambil membalas email.

Siri

Siri

Siri di iOS 9 hadir dengan desain baru ala Apple Watch dan fitur pencarian yang lebih pintar. Ketika kamu mencari sesuatu dengannya, Siri akan langsung menampilkan informasi terkait di layar dengan cepat. Siri bahkan mengerti kebiasaan kamu dalam mendengarkan musik. Ketika kamu memasukkan earpod, Siri akan langsung menampilkan lagu untuk diputar.

Kamu juga bisa meminta Siri untuk mencarikan foto atau video berdasarkan tanggal, lokasi, dan nama album. Selain itu ketika membaca email, pesan, atau catatan namun ingin membacanya nanti, kamu bisa meminta Siri membuat pengingatnya.

Proactive

Siri di iOS 9 juga dilengkapi fitur Proactive yaitu fitur pencarian Spotlight yang lebih pintar pesaing Google Now yang akan menampilkan informasi berdasarkan kebiasaan kamu. Fitur pencarian baru ini terletak di bagian kiri layar tak lagi berada di bagian atas ketika kamu menarik layar di tengah. Apple melengkapinya dengan beragam widget seperti kontak, kalendar, dan lainnya.

Quicktype

Quicktype

Keyboard di perangkat iPad dengan iOS 9 kini hadir dengan fitur Quicktype yang lebih lengkap, seperti tombol cut, paste, copy, bold, italic, underline, dan attachment yang terletak di sebalah kiri dan kanan. Menariknya, tombol tersebut nantinya bisa dikustomisasi untuk mendukung aplikasi pihak ketiga.

Foundation

Performance

Fokus utama iOS 9 yang terakhir adalah Foundation yaitu perbaikan dan peningkatan performa sistem agar berjalan lebih cepat, responsif, mudah diupdate, penggunaan baterai yang lebih baik, dan keamanan yang lebih ketat.

Apple mengatakan bahwa performa iOS 9 akan lebih cepat, dan responsif dari iOS 8 berkat penggunaan Metal. Metal akan menggunakan prosesor dan grafis secara efisien sehingga pengoperasaian menjadi lebih halus dan responsif.

Daya tahan baterai di iOS 9 juga kini lebih baik. Apple telah mengefisienkannya dengan mengurangi penggunaan baterai untuk digunakan sistem operasi berkat adanya ambient light dan sensor proximity yang akan secara otomatis mematikan layar ketika perangkat iOS diletakan terbalik.

Ukuran file update iOS 9 juga kini telah dipangkas menjadi hanya 1,3GB saja dari 4,8GB yang ada iOS 8. Sehingga membuat proses update berjalan dengan cepat, mudah, dan efisien.

Terakhir adalah peningkatan di sisi keamanan perangkat iOS 9. Apple menghadirkan fitur kemanaan berlapis di iOS 9 yang akan membuat perangkat milikmu tak dapat diakses oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Ketersediaan dan Kompatibilitas

iOS 9 Devices

iOS 9 rencananya bakal tersedia buat para pengembang terdaftar mulai hari ini. Namun bagi pengguna biasa, kamu bisa mendapatkan iOS 9 versi beta pada bulan Juli mendatang. Sementara Apple bakal merilis iOS 9 secara resmi pada musim gugur yang tentunya berbarengan dengan peluncuran iPhone generasi mendatang.

Adapun perangkat yang dapat menikmati iOS 9 adalah iPhone 4s, iPhone 5/5c/5s, iPhone 6/6s, iPad 2, iPad mini/mini 2/mini 3, iPad Air/iPad Air 2, serta yang terakhir adalah iPod touch 5th.

Akhir Kata

Walau tak hadir dengan perombakan desain besar-besaran seperti pendahulunya, iOS 9 membawa serangkaian fitur baru yang sangat menarik yang saya dan kamu tentunya sangat harapkan. Fitur-fitur tersebut tak salah lagi membuat iOS 9 tampil menarik di beberapa sisi penting seperti aplikasi, performa, daya tahan baterai, keamanan berlapis.

Tulisan ini masih akan berlanjut dengan artikel aplikasi Apple Music yang merevolusi bagaimana musik dikembangkan Apple menjadi sangat interaktif. Nantikan saja kehadirannya.

Saya cukup takjub dengan fitur-fitur yang ada dalam iOS 9, terutama fitur Siri dan multitasking yang tampaknya akan lebih memudahkan saya dalam bekerja dengan menggunakan iPad. Saya jelas menyukai iOS 9 yang baru ini. Bagaimana dengan kamu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s