Tips Cara Menghemat Kuota Internet waktu Tethering

Cara-Menghemat-Kuota-Internet-Saat-Tethering

Pada saat Anda harus terhubung dengan #internet, tethering internet menggunakan handphone Anda terkadang menjadi satu-satunya pilihan. Ini bisa terjadi saat ada badai yang mematikan koneksi internet selama beberapa jam.

Tapi bahkan dengan kuota multi-gigabyte yang kita punya, kita tetap tidak suka bila PC kita menguras terlalu banyak kuota bulanan yang ada pada smartphone yang kita miliki.

1. Membatasi Jumlah Kuota

Windows 8.1 membuat Anda bisa membatasi penggunaan kuota internet saat tethering. Untuk berhemat, klik icon network pada bagian pojok kanan bawah taskbar. Sebuah kotak bar akan muncul yang menunjukan catatan yang berisi semua jenis connection Anda. Klik kanan tethering connection dan pilih Set as metered connection.

Anda juga dapat sedikit mengubah beberapa hal lain supaya bisa lebih bermanfaat melalui metered setting. Buka setting app yang ada pada modern UI dengan cara klik logo windows + “C”. Kemudian pilih Settings > Change PC settings > OneDrive > Metered connections.

Untuk mendapatkan penghematan kuota secara maksimal, Anda harus memastikan bahwa semua pilihan diatur menjadi Off.

Selanjutnya, kembali ke main menu pada setting app dan pilih PC and devices > Devices. Scroll ke bawah dan pastikan Download over metered connections diatur menjadi Off. Kemudian pilih Search and apps > Search dan pastikan semua pilihan pada Metered connectionsjuga diubah menjadi off.

2. Gunakan Browser Hemat Kuota

Selain itu, ada dua browser yang dapat Anda pilih untuk mengurangi penggunaan kuota saat tethering, yaitu Google Chrome dan Opera. Browser Google Chrome dapat menghemat kuota dengan tidak mendownload gambar yang ada pada halaman web dan mengatur semua plugin menjadi click-to-run only. Opera menyediakan fitur gratis yang disebut Turbo, yang secara otomatis mengompres data melalui server opera sebelum dikirimkan ke PC anda, untuk mengurangi penggunaan kuota.

Inilah cara menggunakan fitur nya:

2.1. Google Chrome

Instruksi ini dapat dimulai dengan mengklik icon menu chrome di bagian pojok sudut kanan atas dan pilih Settings.

Menghilangkan gambar: pilih Show advanced settings > Privacy > Content settings… > Images > Do not show any images

Click-to-run plugins:pilih Show advanced settings > Privacy > Content settings… > Plug-ins > Click to play

2.2. Opera

Aktifkan fitur turbo di opera, klik tombol main menu di bagian pojok sudut kiri atas dan pilih Opera Turbo dari menu drop down.

3. Nonaktifkan Cloud Anda

Saatnya mematikan semua layanan cloud yang mungkin sedang anda gunakan seperti Dropbox atau Google Drive.

Dropbox memberikan pilihan “pause syncing”, saat dibutuhkan. Untuk Dropbox, klik icon service pada bagian pojok sudut kanan bawah taskbar anda. Jika tidak ada di sana, klik tanda panah yang menghadap ke atas dan biasanya bisa dilihat pada jendela pop-up kecil yang muncul.

Ketika anda klik icon Dropbox, jendela pop-up kecil akan muncul. Klik icon setting pada bagian pojok sudut kanan atas dan pilih Pause syncing.

Untuk Google Drive, temukan lagi icon nya dengan mengklik tanda panah yang mengarah ke atas pada taskbar, kemudian klik kanan icon Drive dan pilih Pause. Anda juga bisa pause Microsoft’s OneDrive menggunakan cara ini, dan untungnya syncing akan langsung berhenti berkat pilihan yang kita turn off sebelumnya pada bagian setting app. User BitTorrent juga bisa melakukan pause syncing dengan klik kanan icon nya dan pilih Pause BitTorrent Sync.

Kesimpulan

Tetap saja ini semua masih tergantung pada seberapa banyak website yang anda buka, tiga tips ini terhitung dapat menghemat banyak kuota di saat setiap megabayte sangatlah berarti. Pastikan anda menghindari streaming music dan video atau file download yang berukuran besar, dan juga—hal-hal yang dapat menguras kuota.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s