Cara Membuat Video 360 Derajat

Perkembangan teknologi smartphone semakin hari semakin canggih, buktinya sekarang ini kamera smartphone tak hanya untuk menjepret dan mendokumentasikan moment spesial dalam bentuk foto aja, tapi juga bisa merekam kejadian unik dalam bentuk video. Seperti sekarang yang lagi hangat-hangatnya neh gan, dunia persilatan jagad raya Internet dihebohkan dengan Video 360 derajat atau sering disebut Virtual Reality Video 360. Bagi agan yang belum pernah ngerasain ini, sebelum agan mencoba membuatnya, ada baiknya simak terlebih dahulu tips-nya di mari, karena melalui kesempatan kali ini ane bakal memberikan panduan gimana sih cara bikin video 360 agar hasilnya maksimal dan nggak malu-maluin ketika di share ke jejaring sosial.

Video 360 itu apa sih, Gan?

Bila agan yang selalu eksis di Youtube, biasanya agan cuma bisa melihat jangkauan video yang direkam oleh kamera. Nah, berkat sentuhan video 360 derajat youtube ini, bakal memungkinkan agan untuk menikmati dengan bagian samping kanan kiri atau atas dari video yang agan lihat. Pengalaman menonton video 360 derajat akan menyajikan sebuah pengalaman yang terasa lebih nyata dan berasa kayak aslinya, Gan! Kalau nggak percaya cobain aja deh gan!

Sebelum agan melangkah bikin VR 360 Youtube, ada baiknya siapkan terlebih dahulu senjata pendukung demi kesuksesan proses pembuatan video, seperti :

. Tripod
· Smartphone yang memiliki kamera
· Tambahan aksesoris tripod agar bisa berputar (seperti Cam Lapse)
· Pengikat smartphone (misalnya Gilf)
Setelah perlengkapan sudah tersedia semua, kini saatnya agan untuk melangkah membuat Video 360 Derajat. Ada beberapa hal yang wajib agan perhatikan, nah ini dia tips yang bisa ane suguhkan untuk seluruh agan dan aganwati Kaskus, Cekidot Gan! :

1. Tentukan Object Video


Pastinya agan udah terpikirkan untuk membuat video time-lapse, tetapi time-lapse 360 derajat berbeda banget dan bakal ngebuat agan lebih kagum. Apa yang terlihat bagus oleh agan di time-lapse biasa, akan lebih keren ketika agan menggunakan metode 360 derajat ini gan. Sebelum agan memulai membuat video, ada baiknya agan tentukan object video terlebih dahulu yang menurut agan bakal menjadi object yang menarik, mungkin seperti pemandangan ataupun aktivity saat agan berolahraga di pantai.

2. Gunakan Aplikasi Yang Tepat


Karena ini proses pembuatannya memanfaatkan kamera yang ada pada smatphone, agan bisa gunakan aplikasi yang bisa agan download di Play Store atau dengan aplikasi bawaan smartphone agan, Agan bisa membuat time-lapse dengan menggunakan aplikasi bawaan smartphone.
 Buat smartphone agan dalam mode Video.
 Letakan smartphone agan di alat tambahan time-lapse yang bisa berputar, tapi kalau agan pake Camelapse, putar Camelapse dan tap record.
 Kemudian Ekspor /render hasil rekaman agan ke program editing seperti iMovie atau Quicktime. Naikkan kecepatan video biar nggak terlalu ngabisin waktu.

Bagi pengguna android seperti ane, ane cenderung untuk menggunakan Lapse It untuk memberikan agan bisa mengatur seperti jumlah frame, video play back frame rate dan panjang video agan. Tapi kalau agan ingin pengaturan yang lebih cepat, Lapse It bakal mengurangi fitur tersebut. Hanya butuh memilih interval, resolusi dan pengaturan exposure serta white balance aja.

3. Menentukan Interval


Jangan pernah anggap remeh dengan Interval, Interval ini harus agan tentukan adalah berapa lama selang waktu antara satu capture dengan capture yang lain. Agan wajib menentukan berdasarkan objek yang ingin agan abadikan. Meskipun Kebanyakan video berjalan pada frame 20 hingga 30 fps, dan semakin banyak jumlah framenya maka akan semakin mulus videonya gan! Untuk membuat hasil video yang mulus, agan pelu menghitung interval videonya dengan membagi panjang event (dalam detik) dengan berapa banyak frame yang kita butuhkan untuk membuat video 30 detik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s