Social Media yang Masih Ada Namun Sudah Ditinggal Pengguna

Jadi gitu emang mentang-mentang udah ada yang baru, eh yang lama mulai dilupain. Sama halnya dengan media sosial. Jauh sebelum aktif di Path dan Instagram, hari-hari kita dulu selalu dilewatkan dengan main di 8 media sosial berikut. Tapi sayang, kayaknya sekarang udah ditinggalin penggunanya. Sepi.

1. Last.fm

{source name="Las.fm" url="lastfmstudy.wordpress.com"} Pada ke mana nih orang-orang Last.fm?

Las.fm via lastfmstudy.wordpress.com

Pada ke mana nih orang-orang Last.fm?

Ini adalah jejaring sosial yang jadi tempat di mana para penggunanya digabungkan lewat musik. Di last.fm kamu bisa ngetrack selera musik kamu sendiri lewat lagu-lagu yang sering kamu dengerin. Gak cuma itu, konon yang bikin orang dulu pada seneng main last.fm, karena banyak cewek-cewek cakep di sini-yang sering dateng ke gigs-gigs gitu deh. Tapi paling favorit adalah fitur similiar artist, karena bikin wawasan musik kamu jadi bertambah. Cie gitu. Ya pokoknya, last.fm jadi media sosialnya anak-anak musik lah. Cuma sekarang, kamu sendiri masih main last.fm gak?

2. Plurk

{source name="Plurk" url="evolution48.blogspot.com"} Eh eh eh ada Melody.

Plurk via evolution48.blogspot.com

Eh eh eh ada Melody.

Media sosial lain yang juga sempet rame dimainin sama orang-orang adalah Plurk. Jadi sebelum pada migrasi ke Twitter, Plurk jadi mikroblogging favoritnya orang-orang. Nah yang khas dari plurk adalah tampilan kronologis aktivitas penggunanya dan Karma – semacam upvote gitu .Semakin tinggi poin karma seorang pengguna, maka semakin banyak pula fasilitas yang akan ia diperoleh. Karma ini yang bikin Pluker (sebutan pengguna Plurk) untuk terus aktif di Plurk. Tapi itu dulu, sekarang Plurk udah jarang dimainin.

3. Myspace

{source name="Myspace" url="www.tomclarks.net"} Bang Tom masih aktif gak myspace-nya?

Myspace via tomclarks.net

Populer di jamannya.

Buat kamu yang waktu itu udah remaja, pasti pada punya akun myspace kan? Selain Friendster (yang bener-bener udah gak ada), myspace juga jadi media sosial paling populer di jamannya. Apalagi anak-anak musik dulu sering manfaatin myspace untuk media promosi gratis karya mereka. Sekarang myspace-nya masih ada lho, tapi gak tau deh penggunanya? Kayaknya mulai hijrah ke media sosial lain.

4. Milis Yahoo

{source name="Milis" url="perdosrijatim.files.wordpress.com"} Dulu aktif banget ngobrol di sini.

Milis via perdosrijatim.files.wordpress.com

Dulu aktif banget ngobrol di sini.

Ini adalah salah satu tempat diskusi paling seru di jamannya. Eh gak tau deh kalo sekarang, masih pada aktif gak ya? Di sana kita bisa ngobrol dan bertukar informasi apa pun.

5. Yahoo Messenger

{source name="YM" url="news.softpedia.com"} OL mulu.

YM via news.softpedia.com

OL mulu.

Sebelum muncul BBM, Line, Whatsapp, Facebook chat, dan instant messenger lain, dulu kita sering banget chattingan di Yahoo Messenger. Alias YM-an gitu. Selain sama temen main, kuliah, sekolah, kantor, atau komunitas, kita juga sering chatting sama orang yang entah siapa itu di Public Chat Roomsnya. Oh ya yang juga gak bisa dilupain dari YM adalah status invisiblenya yang bikin kita bisa tetep online tanpa ketahuan orang (yang sengaja kita hindari). Tapi sekarang coba deh kamu log in lagi YM lagi, udah gak ada orang yang online. Hiks.

6. Foursquare

{source name="Foursquare" url="www.engadget.com"} Check in terusss.

Foursquare via engadget.com

Check in terusss.

Bisa dibilang sekarang Foursquare udah tergantikan sama Path. Padahal dulu dia sering kita andalin kalo mau kasih tau orang-orang kita lagi di mana. Terutama kasih tau ke para followers kamu di Twitter kayak gini.

7. Quora

{source name="quora" url="techcrunch.com"} Tanya quora.

quora via techcrunch.com

Tanya quora.

Mirip dengan Reddit dan Yahoo Answer, Quora pernah menjadi situs tanya jawab yang populer. Kamu bisa bertanya sekaligus  menjawab berbagai pertanyaan yang ada di sana dengan sesama pengguna lainnya. Bisa dibilang Quora ibarat bursa pengetahuan dunia. Ciegitu.

8. Facebook & Twitter

{source name="fb-twitter" url="theamericangenius.com"} Mulai jarang ditengok.

fb-twitter via theamericangenius.com

Mulai jarang ditengok.

Oke emang sih dua media sosial ini belum sepenuhnya kamu tinggalin. Tapi ngaku deh, sekarang kamu udah jarang banget kan bikin status di sana. Kamu lebih seneng ngeshare artikel atau lihat portal berita di Twitter dan Facebook. Oh ya sama cuma jadi tempat buangan postingan-postingan dari Instagram dan Path kamu doang. Bisa dibilang kamu hampir jadi silent member aja yang cuma mantau timeline. Ye gak? Tapi walau begitu sampe hari ini Facebook tetep jadi media sosial tanpa tanda jasa.

Nah, dari deretan media sosial di atas,  mana yang masih sering kamu buka? Terus media sosial apa nih yang jadi favorit kamu? Ayok cerita-cerita pengalaman kamu waktu masih main di sana? Misal, pernah dapet pacar mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s