Menjadi Pemimpin yang Rendah Hati

Seorang pemimpin memang selalu dituntut untuk selalu mencerminkan sikap dan perilaku yang baik, bukan hanya kepada para staff dan bawahannya saja namun juga kepada semua orang yang berada dekat dengan dirinya.

Namun tidak bisa kita pungkiri ujian terberat sebagai seorang manusia yang tengah dalam masa jayanya ialah kerendahan hati. Ketika sedang dalam masa keberhasilan dalam usaha terkadang manusia lupa dan terlena, sehingga meninggikan dirinya dan menganggap rendah orang lain yang status ekonomi serta jabatannya berada di bawahnya.

Itu semua tentu mencerminkan suatu sikap seorang pemimpin yang tidak baik dan akan mengubah anda menjadi pemimpin yang tidak disukai bawahan serta orang lain. Nah bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara seorang pemimpin bijak untuk selalu menjaga sikap rendah diri, kali ini kami akan memberikan beberapa tipsnya bagi anda. Simaklah ulasannya berikut ini.

  1. Berbicara sedikit mungkin tentang diri sendiri
    Siapa yang tidak suka menjadi pusat perhatian? Binatang peliharaan sekalipun sering mencuri perhatian majikannya ketika ia sedang bersikap manja. Dan manusia justru sering mencari perhatian dengan berujar kata-kata yang kurang penting serta berlebihan agar bisa di hargai orang lain. Banyak orang membuat sensasi agar dijadikan bahan pembicaraan khalayak ramai tentang kelebihan yang ada di diri mereka. Sesungguhnya, tidak ada manfaat sama sekali dari semua tindakan tersebut. Biarkan orang lain mengetahui segala kehebatan dan keunggulan diri kita dari orang lain. Entah itu teman, saudara, atau orang lain, yang penting tidak dari diri kita. Jika Anda ingin merasa di hargai oleh orang lain, maka hal tersebut harus bermula pada diri sendiri dengan cara menghargai orang lain terlebih dahulu.
  2.  Jangan mencampuri urusan orang lain
    Hindari rasa ingin tahu yang berlebihan dan jangan sekali-kali mencampuri urusan orang lain jika hal tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan kita.  Seperti contohnya, tetangga Anda kehabisan cabai ketika sedang memasak, dan ketika Anda mengetahui hal tersebut dari pembantunya Anda pun langsung berujar, “Beli cabai aja gak bisa!” Lalu Anda langsung menilai bahwa masakannya nanti tidak akan enak karena tidak memakai bahan masakan tersebut. Jika hal ini terdengar hingga ke telinga tetangga Anda, pastilah ia akan marah dan justru menimbulkan suatu perpecahan.
  3.  Toleransi
    Terimalah setiap pertentangan dengan kegembiraan. Jika dalam suatu rapat ada dua puluh orang, maka akan ada dua puluh pendapat juga dalam rapat tersebut. Tapi jangan sekali-kali menjadikan sebuah perbedaan pendapat sebagai cikal bakal lahirnya konflik. Untuk belajar menerapkan rasa rendah hati, di perlukan rasa toleransi yang tinggi. Hargai dan terima setiap perbedaan yang ada. Tanamkan sikap siap mengalah dalam perbedaan pendapat walaupun Anda yang benar.
  4.  Jangan pusatkan perhatian pada kesalahan orang lain
    Setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Tapi jangan pernah menyimpan kesalahan orang lain lalu mengungkitnya di kemudian hari. Jika kita suka menyimpan kesalahan orang lain, itu berarti kita mengganggap diri kita lebih baik dari orang tersebut. Padahal, setiap manusia tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, bersikaplah rendah hati. Karena, kita pasti senang jika orang lain memaafkan kesalahan kita. Bersikaplah sopan dan peka sekalipun orang lain memancing amarah Anda.
  5. Jangan mencoba agar dikagumi atau dicintai
    Rendah hati berarti tidak sombong, menyamaratakan dirinya setara dengan orang lain. Tidak timpang tindih dalam menilai suatu keberadaan seseorang. Siapa yang tidak suka karakteristik manusia seperti itu? Jangankan manusia, Tuhan pun senang jika umatNya bersikap seperti itu. Jadi jika Anda ingin disenangi banyak orang dan sang Pencipta, belajarlah untuk selalu rendah hati. Tidak usah berkecil hati sekalipun Anda merasa di pandah rendah dan merasa tidak di perhatikan oleh orang-orang di sekitar Anda.

Berikut telah kami berikan beberapa tips agar anda menjadi seorang pemimpin yang selalu rendah hati dan disukai oleh banyak orang. Semoga informasi yang telah kami berikan tersebut bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s