Tips MCU (Medical Check Up)

Medical check up atau dikenal dengan tes kesehatan. Dalam proses penerimaan pegawai biasanya medical checkup dilaksanakan sebelum wawancara user atau dengan dewan direksi perusahaan dimana kita melamar kerja, apakah itu di Pertamina, Bank, BPJS, PLN, Astra, Polri, TNI maupun perusahaan atau lembaga lainnya.

 

Fungsi dan Tujuan Medical Check Up

Sebelum membahas lebih lanjut tentang medical check up (tes kesehatan), perlu Kita ketahui fungsi, pengertian, serta tujuan mengapa banyak perusahaan mengadakan medical check up dalam proses penerimaan pegawai. secara umum medical check up (MCU) merupakan langkah pencegahan yang dilakukan perusahaan dalam proses penerimaan pegawai atau karyawan baru untuk mendapat karyawan yang sehat secara fisik dengan cara melakukan tes kesehatan secara menyeluruh terhadap para calon karyawan.
Baca Juga: Perbedaan Visi dan Misi (dengan Contoh)
Menurut berbagai sumber banyak orang atau calon karyawan yang kecewa menerima hasil tes kesehatan kerja (medical check up) ini, karena setelah pengumuman tes kesehatan ia dinyatakan tidak lulus karena memiliki penyakit yang tidak bisa ditolerir. Sehingga perjuangannya untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan berhenti ditahap medical check up ini.
Tips Lolos Medical Check Up (Tes Kesehatan)
Tips Lolos Medical Check Up (Tes Kesehatan)
Agar Kita lulus tes kesehatan atau medical check up, ada beberapa hal yang perlu Kita perhatikan. Berikut Tips adn Trik supaya bisa lolos tes kesehatan.

Tips Sebelum Medical Check Up (MCU)

Berikut tips dan persiapan yang dapat kita lakukan sebelum tes kesehatan (medical check up) dimulai agar kita dapat lulus dalam menghadapinya, diantaranya adalah:
Perbanyak minum air mineral
Para dokter sepakat bahwa Air dapat membantu mengeluarkan limbah dan racun berbahaya lainnya dari sistem limfatik, usus serta ginjal, sehingga terhindar dari rasa tidak nyaman atau gangguan masalah kesehatan lain. Manfaat lain membantu hati dan ginjal bekerja lebbih optimal karena mendapatkan cairan yang cukup.

Jangan lupa olah raga / sekedar lari pagi
Menurut berbagai sumber Lari pagi dapat membuat Kita terhindar dari kerusakan pada mata. Hal tersebut dapat terjadi seandainya kita melakukan lari pagi minimal 56 KM dalam 1 minggu atau 8 KM dalam sehari. Rutinitas ini akan dirasakan manfaatnya ketika umur kita menginjak usia 50 Tahun. Manfaat lainnya dari lari pagi adalah dapat membuat daya konsentrasi Kita semakin baik. Hal tersebut dikarenakan distribusi oksigen menuju otak menjadi semakin lancar.
Berhenti minum beralkohol dan merokok

Saya yakin Kita sudah tau banyak mengenai bahaya minum beralkohol dan merokok, namun bagi yang sudah terlanjur, saya sarankan untk segera berhenti dan rajin berolah raga serta minum susu fresh milk sebelum tidur atau setiap pagi hari dan rajinlah mengkonsumsi madu untuk menetralisir kandungan nikotin yang ada di paru paru kita.

Istirahat dan makan yang teratur
Ahli kesehatan berpendapat bahwa begadang bisa menghancurkan / merusak sel antibodi. Dengan begitu tubuh Kita akan kekurangan penangkal virus, yang berakibat akan sangat mudah terkena penyakit apapun. Selain istirahat yang teratur, kita juga diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang bergisi dan dengan pola makan  teratur. Konsumsilah sayuran dan buah yang memiliki kandungan gizi tinggi sehhingga dapat menguatkan darah kita.

Hindari konsumsi obat-obatan
Usahakan tidak mengkonsumsi obat-obatan satu hari sebelum medical check up. Karena hal ini dapat mengakibatkan kita dianggap memakai zat adektif. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? karena banyak obat obatan yang memiliki kandungan zat adektif sehingga ketika larut dalam tubuh dan dilakukan tes kesehatan (tes urine) maka zat ini akan diketahui oleh petugas dan mengira Kita adalah pemakai narkoba.
Tips Lolos Pemeriksaan Medical Check Up (Tes Kesehatan)
Tips Lolos Pemeriksaan Medical Check Up (Tes Kesehatan)

Tips Pemeriksaan Saat Medical Check Up

Tes darah
Selain untuk mengetahui jenis atau golongan darah yang kita miliki, pemeriksaan darah juga memiliki tujuan lain, yaitu untuk memastikan penyakit yang sedang kita derita. Selain itu tensi darah kita juga akan diperiksa. jika kita menginginkan lulus di tes ini, maka tekanan darah kita harus normal yaitu antara 80-120. Dan untuk mensiasatinya kita harus tidur tepat waktu, hindari begadang, serta perbanyaklah minum susu serta air mineral. Dan satu hal yang harus Kita ingat, jangan memakan daging kambing jika tekanan darah ingin normal. Karena daging kambing dapat menghasilkan tekanan darah tinggi.

Pengukuran tinggi badan
Pada umumnya tinggi badan di ukur ketika Kita tes kesehatan untuk masuk TNI atau POLRI dan instansi pemerintah atau perusahaan lainnya, untuk standar tinggi badan Pria (Laki-Laki) adalah 165 cm sedangkan standar tinggi badan wanita (perempuan) adalah 160 cm, jadi berbahagialah kita yang telah memiliki tinggai badan diatas standar tersebut.

Baca Juga: 10 Langkah Sederhana untuk Membuat Harimu Lebih Produktif !

Tes mata, pendengaran, dan penciuman
Pada saat medical check up beberapa indra kita juga akan diperiksa kesehatannya. Untuk tes mata, yang diperiksa adalah apakah kita buta warna / tidak dan apakah kita memiliki gangguan pada penglihatan, seperti mata minus atau pun mata plus. Untuk tes indra pendengaran yang diperiksa adalah pendengaran Kita. Saat tes pendengaran, Kita akan diberi oleh dokter sebuah earphone dan sebuah tombol yang berbentuk microphone untuk kita tekan. Tombol tersebut digunakan sebagai tanda bahwa kita mendengar sebuah suara yang keluar dari earphone atau tidak. Sedangkan Untuk indra penciuman yang dites adalah seberapa peka penciuman Kita. Saat tes indra penciuman, mata akan ditutup, kemudian kita diminta untuk mencium beberapa benda lalu menyebutkan benda tersebut.

Tes urine
Tujuan test urine adalah untuk mengetahui fungsi ginjal kita apakah masih baik atau tidak, serta untuk mengetahui adanya penyakit-penyakit lain seperti diabetes, hepatitis dll. Cara yang dapat kita gunakan agar berhasil di tes ini yaitu dengan cukup meminum air mineral sebanyak mungkin sebelum tes berlangsung, serta hindari terlebih dahulu meminum obat-obatan apa pun jenisnya. Dikarenakan air urin yang sehat serta baik yaitu urin yang memiliki warna bening dan tidak keruh.

Tes Paru-paru
Sebelum melakukan tes kesehatan (Medical Check Up) untuk masuk di perusahaan, adalah hal yang bijak untuk tidak merokok (berhentilah merokok) seperti yang saya sebutkan diatas. setidaknya seminggu sebelum medical check up dilakukan. Untuk yang tidak merokok, Usahakan tidak berdekatan dengan perokok aktif karena asap yang kita hirup akan turut mempengaruhi kondisi paru paru kita.

Tes rontgen
Tes ini digunakan untuk melihat kesehatan tubuh bagian dalam. Saat test ini tubuh bagian dalam kita akan dilihat menggunakan sinar rontgen. untuk tips nya sendiri adalah sebagai berikut: pastikan anda tidak merokok minimal 1 minggu sebelum tes, luangkan waktu untuk menghirup udara segar pada pagi hari.

Tes umum
Menurut berbagai sumber pada saat tes umum dilkukan dokter akan menyuruh Kita berbaring di tempat tidur yang disediakan. Kemudian mata, mulut, telinga dan hidung kita akan dicek. Kemudian dokter akan megecek bagian perut Sambil menekan-nekan perut kita, Kemudian ada kemungkinan Dokter juga akan mengecek anus kita. hal tersebut ddilakuakan untuk mengetes apakah kita punta penakit ambeien atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s