Akhirnya Terjawab: Kenapa TV di Tengah Sawah Dalam Iklan RCTI Jaman Dulu Bisa Nyala

Masih inget iklan RCTI jaman dulu kan? Itu loh yang ada sekeluarga nonton televisi di tengah sawah. Kalo masih lupa, nih kita ingetin.

Setelah ngeliat iklan tersebut pasti kamu selalu bertanya.

“Kenapa tv bisa nyala di tengah sawah, ya?”

Nah, belum lama ini 5 mahasiswa Brawijaya fakultas Pertanian melakukan sebuah penelitian yang akhirnya bisa ngejawab, dari mana asalnya listrik di tengah sawah yang dipake buat nonton tv dalam iklan RCTI jadul itu. Nih penjelasannya.

  • Tanaman padi yang menyerap sinar matahari dalam proses fotosintesis menghasilkan glukosa (C6H1206) dan oksigen (O2). O2 yang dihasilkan terlempar bebas ke udara, sedangkan glukosa diserap tanaman sebesar 30 persen. Selebihnya, 70 persen, dikonsumsi mikroorganisme dan terurai menjadi CO2, H2O, dan elektron.
  • Katoda dan anoda ditempatkan di sekitar tanaman padi. Anoda yang ditanam dalam tanah akan menangkap elektron yang akan mengalir menuju katoda. Antara katoda dan anoda dihubungkan dengan kabel sebagai media untuk mengalirkan elektron.
  • Pergerakan elektron inilah yang akan menghasilkan listrik. Semakin banyak proses fotosintesis, elektron yang dihasilkan akan makin besar. Jadi, semakin banyak tanaman disiram dan diberi kompos untuk menghasilkan elektron yang banyak, tegangan listrik yang dihasilkan semakin tinggi.
Akhirnya rasa penasaran kita yang udah dipendam bertahun-tahun terjawab sudah. Oh iya, Masih ada lagi iklan RCTI Oke yang harus dipecahin nih: https://www.youtube.com/watch?v=-gUzQSQ_9Xw
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s