Cara Membuat Slide Presentasi yang Menarik

Saat ini, Kita sangat membutuhkan kemampuan menampilkan presentasi yang membuat orang mudah memahami pesan yang kita sampaikan dengan mudah dan cepat, misalnya untuk tugas kuliah, skripsi, presentasi proposal bisnis, dan lain-lain. Salah satu program yang sering digunakan adalah Microsoft Powerpoint.

Sayangnya seringkali agan melihat presentasi yang membingungkan dan tidak menarik, bahkan membosankan, atau jangan-jangan agan sendiri juga melakukan itu ?

Menurut Guy Kawasaki, seorang pakar komunikasi, penulis dan investor, 95% presentasi di dunia ini membosankan !
5 Cara ini membuat slide presentasi Agan memukau!

Ads by Kiosked

Nah untuk menyiapkan presentasi yang memukau sekaligus berdampak, agan perlu mengetahui dan menguasai 5 hal berikut :

1. Gambar / Foto
5 Cara ini membuat slide presentasi Agan memukau!
Survey yang dilakukan oleh Garr Reynolds, Professor Desain dan Komunikasi di Jepang dan penulis buku “PresentationZen” membuktikan bahwa 83% manusia di dunia itu VISUAL, artinya hampir semua orang di dunia ini menilai sesuatu dari apa yang mereka lihat, termasuk melihat presentasi tentunya. Maka agan perlu memenuhi kebutuhan ini, yaitu memberikan visual yang mereka suka dan pahami. Untuk menggunakan gambar atau foto, pastikan hal-hal berikut terpenuhi :
A. Resolusi tinggi.
Idealnya menggunakan resolusi High Definition (HD) yaitu 1920 x 1200 pixels atau minimal 1024 x 800 pixels untuk mendapatkan foto yang tajam dan tidak pecah

B. Tidak ada watermark
Seringkali agan mendapatkan foto di Google memiliki watermark atau logo dari pemiliknya, misalnya shutterstock, 123RF dll, yang artinya memiliki hak milik dan agan harus membeli foto tersebut jika ingin menghilangkan watermarknya

C. Sesuai pesan
Gunakan foto / gambar yang membantu memudahkan penyampaian pesan agan

2. Bullet Point
5 Cara ini membuat slide presentasi Agan memukau!
Bullet point digunakan untuk menampilkan point-point penting dalam slide agan, namun seringkali agan menggunakan terlalu banyak bullet point sehingga malah membingungkan audiens. Maksimal bullet points dalam 1 slide adalah 6 points, atau bisa juga agan gantikan dengan menggunakan icon atau shape.

3. Data yang Sederhana
5 Cara ini membuat slide presentasi Agan memukau!
Data adalah hal penting yang perlu agan sampaikan dalam slide, namun jika penyampaiannya tidak sesuai maka akibatnya justru data tersebut tidak dapat dipahami atau dicerna oleh audiens agan.

Maka sederhanakan data agan agar mudah dipahami dan menarik bagi audiens

4. Komposisi Warna
5 Cara ini membuat slide presentasi Agan memukau!

Kombinasi warna background, font dan foto yang tepat juga sangat berpengaruh pada tampilan slide agan. Ada beberapa panduan yang bisa agan gunakan dalam pemilihan warna. Kurangi penggunaan warna-warna tajam dan kontras agar tidak menyakitkan mata.

5. One Slide One Message
5 Cara ini membuat slide presentasi Agan memukau!

Jika agan melihat slide presentasi Steve Jobs, maka agan akan melihat slide yang simpel namun bermakna dan mudah dipahami. Salah satu pesan dari Steve Jobs adalah untuk menampilkan One Slide One Message – bisa lebih dari satu kata atau satu kalimat, namun tetap dalam satu pesan yang sama.

Powerpoint akan menjadi alat presentasi yang powerful jika agan dapat mengoptimalkan fitur-fitur di dalamnya, dan menghasilkan slide presentasi yang memukau, mudah dipahami dan berdampak bagi audiens agan dengan mempraktekan 5 cara tersebut, bahkan sama sekali tidak perlu menggunakan software editor foto lain seperti Photoshop, Corel Draw atau InDesign untuk mengedit foto atau gambarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s