Blog Legendaris yang dulu pernah berjaya

5 Hal Nostalgia yang Paling Berkesan dari Warnet. Kamu yang Mana? | Dunia  Games

Ada begitu banyak lompatan yang terjadi di dunia internet, tak terkecuali dunia blog.

Jauh sebelum orang-orang sibuk membagikan informasi di Instagram, Facebook, dan Youtube, dulu orang-orang banyak membagikan informasi melalui blog.

Mengenang masa jaya dunia blog masa silam tentu saja merupakan hal yang menarik dan sangat sentimentil karena hampir dari kita pernah ikut terlibat di dalamnya, entah sebagai penulis, atau sebagai pembaca.

Nah, berikut ini adalah blog-blog legendaris di tahun 2000-an yang kemungkinan besar Anda pernah mengunjunginya setidaknya sekali selama Anda hidup.

Primbon.com

Internet membuat batas antara misteri dan fakta menjadi terasa sangat tipis. Dan Primbon.com menjadi salah satu hal yang menjembataninya. Primbon.com adalah blog yang menjadi salah satu daya tarik orang Indonesia untuk berkenalan dengan internet.

Primbon menyediakan konten-konten penampakan hantu baik yang jelas maupun yang tidak.

Hantu tentu saja adalah hal yang biasa. Namun di masa ketika belum banyak orang punya kamera, foto hantu menjadi hal yang sangat luar biasa. Dan Primbon mampu menyediakannya.

AnneAhira.com

Anne Ahira adalah salah satu sosok yang tampangnya sering sekali saya saksikan di internet. Blog miliknya, Anneahira.com hampir selalu menjadi peringkat nomor satu untuk berbagai kata kunci yang kita ketikkan di Google utamanya kata kunci “Bisnis Online”, kata kunci yang saat itu banyak dicari oleh orang-orang yang punya banyak waktu di depan layar komputer dan tersambung dengan internet seperti saya.

Mau cari informasi tentang bisnis, ketemunya Anne Ahira. Mau cari informasi tentang pelajaran sekolah, ketemunya Anne Ahira. Mau cari informasi tips dan trik sederhana, ketemunya Anne Ahira lagi. Bahkan mau cari Anne yang bukan Ahira pun, pasti ketemunya Anne Ahira.

Lalat-X.com

Kurang sempurna kalau membahas dunia blog jaman dulu tanpa melibatkan bokep. Di masa lalu, jauh sebelum Semprot menguasai liga bokep lokal dan Pornhub di liga bokep manca, Lalat-X sudah lebih dulu menginvasi banyak pasang mata lelaki-lelaki cabul Indonesia.

Lalat-X menyediakan banyak konten seronok utamanya dalam format gambar. Saat itu, bisa membuka Lalat-X di warnet serasa menjadi semacam legitimasi bagi seorang lelaki untuk keluar dari bilik dalam keadaan sudah dewasa sepenuhnya.

Bagas31.blogspot.com

Saya tak tahu bagaimana tampang Bagas ini, bahkan saya juga tak tahu ia masih hidup apa tidak. Yang jelas, admin yang mengelola blog Bagas31 ini tentu saja punya sumbangsih yang sangat besar bagi banyak pemuda-pemuda miskin Indonesia. Tak terhitung berapa banyak orang yang kemudian bisa mendapatkan software-software bajakan tanpa harus membelinya dengan harga yang tentu saja bikin dompet meronta-ronta.

Corel, Photoshop, Sony Vegas, dan sederet software untuk mengolah materi digital bisa didapatkan dengan gratis di Bagas31 melalui link yang tentu saja sudah di-adfly-kan.

Enigmablogger.com

Enigmablogger, indocropcircle, dan beberapa blog misteri dan konspirasi lainnya adalah blog-blog yang cukup berpengaruh dalam perkembangan dunia othak-athik gathuk di Indonesia.

Mereka menyediakan banyak sekali informasi konspirasi yang dikemas dalam tulisan dengan gaya bahasa yang ringan, runtut, dan informatif, sehingga membikin para pembacanya terhipnotis dan bisa percaya begitu saja.

Terselubung.blogspot.com

Terselubung menjadi sebuah fenomena bukan hanya karena ia adalah blog dengan pengunjung yang sangat banyak, lebih dari itu, ia menjadi semacam portofolio bagi blog-blog lainnya sebab ia bisa menyumbangkan visitor buat blog apa pun yang informasinya dicopas oleh terselubung.

Ia menjadi blog yang disukai sekaligus dibenci. Banyak blogger-blogger lain yang membencinya, namun tak sedikit pula yang berharap agar tulisan di blognya dicopas oleh terselubung.

Di masa jayanya, Terselubung menyediakan banyak informasi-informasi tentang fakta-fakta unik dari seluruh penjuru dunia. Lewat terselubung-lah orang-orang Indonesia jadi paham bahwa penemu telepon sebenarnya bukanlah Alexander Graham Bell melainkan Antonio Meucci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s