5 Teknologi yang ternyata HOAX yang Pernah Bikin Heboh Indonesia

1. Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH)

plth

Seorang tukang servis dinamo asal Malang bernama Slamet Haryanto atau yang lebih dikenal dengan Mbah Embing sempat bikin heboh berkat penemuannya. Terang saja, Mbah Embing ‘sukses’ menemukan sebuah generator yang dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH).

Sesuai dengan namanya, pembangkit listrik tersebut tidak memerlukan sumber energi apapun alias hanya butuh kehampaan. Gilanya, banyak orang termasuk seorang Menteri BUMN Dahlan Iskan, sampai memesan generator buatan Mbah Embing tersebut. PLTH itu akhirnya diketahui merupakan kebohongan semata karena Mbah Embing ternyata melakukan trik yaitu menyambungkan aliran listrik ke generator lewat bawah tanah.

2. Nutrisi Saputra

nutrisi-saputra

Kalau penemuan sebelumnya sukses menarik perhatian menteri, kali ini giliran presiden yang sukses dijebak. Pemuda bernama Umar Hasan Saputra pada 2006 lalu diyakini menemukan sebuah pupuk ajaib yang mampu meningkatkan produksi padi secara signifikan. Hal itu dikarenakan nutrisi tinggi yang ada pada pupuk temuannya tersebut.

Sayangnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu masih menjabat sebagai presiden akhirnya harus menanggung malu. Sempat yakin pada temuan Saputra dan menyuruh para menteri membiayai pengembangan pupuk tersebut, akhirnya terungkap jika pupuk itu tak semanjur yang dikabarkan.

3. Padi Super Toy HL-2

padi-super-toy

Yang satu ini tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Lagi-lagi Pak SBY tertarik dengan penemuan hebat yang berbau dengan pertanian. Padi super toy ini diyakini sanggup menghasilkan hasil panen sebanyak tiga kali lipat dari padi normal.

Iming-iming tersebut jelas kembali menggerakkan SBY dan menteri-menterinya untuk membantu proyek padi super toy tersebut. Sayangnya setelah akan memasuki masa panen, padi-padi tersebut ditemukan banyak yang bertumbangan akibat ukurannya yang terlalu tinggi. Jadi bukan lagi padi super toy, melainkan berubah jadi padi letoy.

4. Blue Energy

blue-energy

Indonesia pernah santer diberitakan bisa menghasilkan bahan bakar yang diproduksi dari air. Kedengarannya mustahil, namun Pak SBY juga pernah memamerkan penemuan ini bahkan sampai di sebuah event besar yaitu Konferensi Perubahan Iklim di Bali.

Bahan bakar blue energy ini digadang-gadang bisa menjadi bahan bakar semua kendaraan, termasuk pesawat terbang. Namun lagi dan lagi temuan seorang bernama Joko Suprapto itu diketahui merupakan penipuan semata. Pada akhirnya, Joko sendiri ditangkap pihak berwajib dan dihukum penjara selama 3,5 tahun.

5. Iron Man Bali

iron-man-bali

Penemuan teknologi yang satu ini terbilang unik. Seorang yang berprofesi sebagai tukang las bernama I Wayan Sutawan alias Tawan itu sukses menarik perhatian seluruh tanah air. Pria asal Bali itu menciptakan lengan robot ala superhero Iron Man.

Tawan mengaku bahwa lengan tersebut bekerja berdasarkan perintah langsung dari otaknya dengan alat pemicu yang ada di kelapanya. Namun hal itu kemudian dibantah oleh sejumlah peneliti yang melihat langsung wujud lengan tersebut. Mereka menyatakan mustahil mewujudkan kendali lengan robot oleh otak karena lengan robot tersebut dibuat tanpa proses komputerisasi.

Akhir Kata

Itulah lima teknologi yang sempat menghebohkan Indonesia namun berujung hoax. Meski demikian, kita harus tetap support karya-karya anak bangsa termasuk dalam bidang teknologi ya. Asalkan, jangan hoax atau bohong semata.

Leave a comment